Sabtu, 20 Agustus 2011

Jenis-jenis Kayu Bertuah dan Khasiatnya (Part 2)

Catatan/Note: To friends bloggers who want to exchange links, I invite to put my link first on your blog, then confirm it to me. Insyaallah, surely I will respond immediately. Friendship and honesty, is a useful base of togetherness.

"Kepada teman blogger yang ingin bertukar link, saya persilahkan untuk memasang link saya lebih dahulu, lalu konfirmasikan ke saya. Insyaallah, pasti saya akan meresponnya dengan segera. Persahabatan dan kejujuran, adalah basis kebersamaan yang bermanfaat". (CahNdeso)

Kayu Secang
Kali ini sedikit banyak saya akan mengulas tentang kayu bertuah.Yang dimaksud dengan kayu bertuah adalah kayu yang secara kodrati mengandung daya kekuatan alamiah energi 'Prana' (Energi Bion) dalam potensi supranatural yang berpengaruh pada kehidupan dan bukan suatu rekayasa manusia. Energi ini semata-mata bersumber pada Allah Yang Maha Kuasa, yang menurunkan anugerah-NYA melalui hasil ciptaan-NYA supaya manusia sebagai mahluk yang berakal dapat mengakui atas kebesaran dan pertolongan-NYA. Pengetahuan tentang kayu bertuah ini sudah dikenal sejak zaman dahulu oleh nenek moyang kita.Yang dimanfaatkan sebagai salah satu sarana mencapai suatu cita-cita dalam kehidupan yang nyata. Kebetulan penulis juga menyediakan Kayu-kayu tersebut, jadi tidak ada salahnya bila beberapa gambar contoh kayu berupa wujud tasbih. Agar mudah dalam penggunaannya dan praktis. 

Inilah kelanjutan edisi pertama tentang kayu 'bertuah'

14. SANGGA WAJA, Kayu Sangga Waja memiliki khasiat seperti kayu stigi, yaitu sebagai “pemberat” sehingga tidak diperkenankan untuk alat pukul karena dapat berakibat fatal. Khasiat lain dari kayu ini untuk: Melancarkan rezeki, Menangkal santet, guna-guna, dll, Kesehatan fisik,Ketentraman batin,Keteguhan hati,Khasiat kayu Sangga Waja hampir sama dengan Sangga Langit. Nilai lebih kayu Sangga Waja punya karakter menentramkan.

15. SECANG BRAHMA (gambar 1 dan 2), Kayu Secang Brahma secara umum memiliki khasiat sama dengan jenis kayu yang lain, yaitu : Kewibawaan, keselamatan, melancarkan rezeki, penangkal santet.  Dan
Tasbih dari Kayu Secang
khasiat lain yang lebih unik untuk: Menolak hama,Awet muda – panjang usia, Menetralkan benda/lokasi (angker) dari pengaruh negatif.,Ibu-Ibu agar tetap awet muda sehingga suaminya betah di rumah.Kayu secang mempunyai berbagai macam khasiat antara lain :  sebagai pewarna pada bahan anyaman,  kue,  minuman atau sebagai tinta. Karena Kayu secang apabila direbus akan memberikan warna merah gading muda.  Selain khasiat tersebut di atas, kayu secang ternyata juga berkhasiat untuk  obat berbagai macam penyakit.  Beberapa penyakit yang dapat diobati adalah :   Diare,  disentri,  TBC, luka dalam,  sifilis, darah kotor,  berak darah,  memar berdarah,  malaria, tetanus,  tumor,  radang selaput lender mata.

16. SEMBOGA, Kayu  Semboga sering direndam pada air putih kemudian diminum menjelang tidur malam. Khasiatnya sama dengan Kayu Kebak. Khasiat yang lain untuk : Menolak santet,  guna-guna,  dll, melancarkan rezeki.

Kayu semboga banyak dijadikan ageman bagi mereka yang punya jabatan penting yang rawan diserang dengan kekuatan yang metafisis dari lawan politik-bisnisnya.

Cincin dari Kayu Setigi
17. SETIGI (gambar 3 dan 4 ), Kayu Setigi adalah kayu yang paling populer diantara kayu bertuah. Kayu ini tergolong langka dan hanya dapat ditemui di pulau-pulau kecil seperti kepulauan Karimunjawa, Jepara. Kayu Setigi yang asli, warnanya kehitam-hitaman, dan tenggelam jika dimasukkan pada air (walau hanya secuil). Kayu ini banyak dimanfaatkan para jawara sebagai sarana “tahan pukul” dan jika memukul lawan, menyebabkan pingsan dan jika ditempelkan pada bekas gigitan hewan berbisa dapat menempel dan menyedot bisanya keluar.

Khasiat lain dari Kayu setigi untuk : Meningkatkan kharisma, Penangkal santet, guna-guna, dll,Kekebalan (bagi yang cocok), Kewibawaan, Keselamatan jiwa, Penyembuhan tulang/Rhematik, Memudahkan rezeki.

Tasbih dari Kayu Setigi
Kayu setigi memiliki karakter hampir sama dengan kayu Naga Sari. Ditangan orang berahlak baik, kayu ini dapat menjadi “generator” bagi kekuatan spiritualnya, namun energi kayu Setigi menjadi kecil jika dipegang orang yang buruk prilakunya.

Kayu setigi pada umumnya tumbuh pada tanah yang tidak subur dan berbatu. Dan karena dihimpit benda keras menyebabkan teksturnya tidak merata (belang). Setigi yang berasal dari Madura warnanya hitam kemerah-merahan.

HATI-HATI!!! Banyak beredar tasbih Setigi palsu. Tanda dari yang palsu jika dibelah, warna bagian dalam kayu berbeda dengan bagian luarnya. Misalnya, sisi luar hitam namun bagian dalamnya lebih putih.

18. SULASTRI, Kayu Sulastri disebut “Kayu Kebahagiaan”. Kayu ini memiliki karakter meredam dan mendinginkan suasana.

Khasiat dari kayu ini untuk : Keharmonisan rumah tangga, Kebahagiaan lahir-batin,Kedamaian,Untuk menimbulkan “radius aman” lokasi pertemuan-pertemuan, kayu sulastri selain dapat dikamuflase dalam bentuk asesoris yang kenakan.

19. TASAK/SULAIMAN, Kayu Tasak/Sulaiman memiliki khasiat yang luar biasa, sampai-sampai orang yang mentalnya labil, disarankan sebaiknya tidak menyimpan atau membawa kayu ini. Khasiat lain dari kayu ini untuk : Meningkatkan karisma (daya tarik), Kewibawaan (mutlak), Keselamatan dari bahaya, Keteguhan hati dalam menghadapi masalah,Anti binatang buas,Menetralkan lokasi angker akibat guna-guna, jin,  setan, dll

Dalam catatan sejarah, kayu tasak/tesek digunakan oleh Ki Ageng Mangir dan Kiai Baru Klinting dalam legenda Rawa Pening, Ambarawa, Jawa Tengah.

20. TAWA, Kayu tawa memiliki banyak khasiat. Selain untuk rangka keris, kayu tawa ampuh untuk menetralkan tempat angker. Juga berkhasiat untuk: Penolak pageblug hewan (flu burung), dll.,Obat dari gigitan hewan berbisa, menentramkan roh yang gentayangan.

Menurut Ki Gondo Darman –dalang tertua- di Sala, belum dianggap dalang wayang kulit, sebelum memiliki pusaka bertangkai kayu Tawa atau Mentawa.
Kerangka Keris dari
Kayu Walikukun
21. WALIKUKUN (gambar 5), Kayu Walikukun disebut juga Kayu Laduni, dimana seseorang yang memanfaatkannya memiliki tingkat kecerdasan tinggi. Khasiat kayu ini untuk :Meningkatkan imajinasi dan kreativitas, Keselamatan jiwa, Kewibawaan Para pencipta, seniman, desainer “wajib” memiliki kayu ini.

22. WEGIG, Kayu Wegig berkhasiat hampir sama dengan Kayu Walikukun.

Wegig adalah kayu pegangan para pencipta dan para seniman. Khasiat utamanya untuk: Kecerdasan akal, Cermat dan teliti, Bijaksana dalam mengambil keputusan.

Selain yang tersebut diatas, kayu Wegig berkhasiat untuk keselamatan dan kewibawaan. Para pengambil keputusan sangat cocok memanfaatkan kayu ini.

Kayu Winong
23. WINONG (gambar 6), Kayu Winong sering digunakan para ahli metafisika yang meyakini bahwa manusia dapat berkomunikasi dengan ruh. Kayu ini disukai para makhluk ghaib dan para leluhur. Dan khasiat lainnya untuk : Menolak santet, guna-guna, dll, Kebijaksanaan, Keselamatan jiwa. Mereka yang nyalinya kecil, memiliki gejala jiwa dan lemah jantung tidak disarankan memanfaatkan kayu ini.

Tentang Kayu “Bertuah”

Kayu memiliki kekuatan pemancar. Misalnya, Anda punya niat selamat dari kejahatan maka kayu itu berperan sebagai pemancar yang frekuensinya tidak terukur dan ini sudah dibuktikan secara ilmiah.Kayu memancarkan energi, nur atau cahaya. Cahaya memiliki frekuensi sangat tinggi dan gelombang-gelombang molekul ion yang jika dipicu dengan doa dari jalur agama maupun “amalan” dari jalur ilmu, frekuensinya menjadi lebih kuat dan tinggi dan menimbulkan aura. Nur atau cahaya rumusnya 328 tahun cahaya atau R sehingga logika manusia tidak dapat menjangkau. Energi yang terdapat pada kayu “bertuah” itu terlalu halus dan relatif dan secara kimiawi terdeteksi. Ketika masih hidup, kayu “bertuah” mengandung zat-zat netrogenium yang sangat tinggi.

“Kayu Bertuah”

Pemancar Energi Metafisika: Hasil penelitian tahun 1987-1989 di Fak. MIPA UGM dengan Chronometer menunjukkan, energi yang terdapat pada “Kayu Bertuah”, besarnya dua kali lipat dibanding energi yang terdapat pada Tosan Aji/Pusaka.Artinya, media kayu lebih praktis dijadikan “pegangan” atau pemancar energi metafisika karena tidak ada pantangan tertentu saat membawanya. TUHAN tidak akan pernah menciptakan sesuatu dengan sia-sia.

Pohon Kina
Setiap ciptaan memiliki manfaat.Dalam “bekerja” Tuhan melalui ciptaan-Nya. Misalnya, Tuhan menawarkan racun melalui ciptaan-Nya bernama kayu Setigi, dan mengobati malaria melalui pohon Kina (gambar 7), dan sebagainya. Sebagian dari nikmat Tuhan adalah diciptakannya tumbuh-tumbuhan yang memiliki khasiat luar biasa. Seorang pemerhati kayu, Drs. Budi Hardono pada tahun 1987 – 1989 mengadakan penelitian terhadap kayu-kayu yang karena memiliki keistimewaan itu kemudian diyakini “bertuah”.Dari sisi energi dilakukan di Fakultas MIPA UGM.

Hasilnya? Dengan Chronometer –alat pengukur energi- buatan Amerika diketahui bahwa energi yang terkandung dalam kayu “bertuah” menunjukkan level energi dua kali lipat dibanding tosan aji. Jika tosan aji atau pusaka menunjukkan level 50, kayu-kayu “bertuah” menunjukkan level 100. Disisi lain Fakultas Kedokteran Hewan UGM juga telah meneliti kayu “bertuah” untuk kepentingan pengobatan.Hasil penelitian tersebut ditemukan banyak kandungan kayu ”bertuah” yang bermanfaat bagi kesehatan.

Sungguh ciptaan Allah SWT Yang Bermanfaat bagi makhlukNYA.Tentunya jika kita bisa memanfaatkannya dengan baik... Trenggalek sebagai Kabupaten yang mempunyai banyak hutan pastinya menyimpan kekayaan kayu-kayu yang bermanfaat bagi kita semua.Tinggal bagaimana kita menjaga dan melestarikannya..

Wallahualam



Niadesain.com

14 Komentar:

Dhana/戴安娜 mengatakan...

salam sahabat
baru tahu kalau jenis jenis kayu ini memiliki khasiat yang luar biasa mas

CahNdeso mengatakan...

@ Dhana/戴安娜 : Salam sahabat. Makasih, komentar yang begini ini, yang membuatkan semangat untuk updating blog. Xaxaxa.... God bless you, Beauty

Anonim mengatakan...

Apa nggk syirik tu gan namanya...?[menggantungkan sesuatu/nasib kpd selain tuhan]dan katnya sii syirik tu dosa besar yg gk bakal di ampuni sampae ia mau benar2 brtaubat dg sungguh2 sblm nyawa pd tenggorokan.dg kata laen kita uda ngeduain-Nya,(menurut islam).Apa nggk syirik tu gan namanya...?[menggantungkan sesuatu/nasib kpd selain tuhan]dan katnya sii syirik tu dosa besar yg gk bakal di ampuni sampae ia mau benar2 brtaubat dg sungguh2 sblm nyawa pd tenggorokan.dg kata laen kita uda ngeduain-Nya,(menurut islam).

CahNdeso mengatakan...

@ anonim : Seratus persen saya setuju!!! Apabila kita orang Islam bergantung kepada selain Allah jelas itu syirik hukumnya, dan ini adalah dosa besar. Namun, artikel ini hanya menyajikan fakta yang terjadi dalam lingkungan tradisional. Di penghujung artikel, penulisnya secara "lembut" mengajak pembaca untuk tetap teguh pada nilai-nilai Islam, utamanya yang menyangkut akidah ketauhidan. Mudah-mudahan artikel dalam blog ini, dapat memberikan manfaat, dan bisa mengurangi kasus sinkretisme dalam keyakinan beragama. Terima kasih, kritik dan saran Anda, sungguh tepat dan bermanfaat!

Prapatan Kertek mengatakan...

Betapa kayanya negriku....apa ada dan tumbuh kayu2 ini selain di Indonesia.?

CahNdeso mengatakan...

@ Prapatan Kertek : Meskipun di negeri lain ada kayu sejenis, namun 'tuah' atau khasiatnya tidak bisa membandingi yang ada di bumi Pertiwi, Kangmas.

Tips n Trick mengatakan...

nusantara memang kaya. :)

CahNdeso mengatakan...

@ Tips n Trick : Ibu Pertiwi juga cantik dan mempesona...!

Suwanto mengatakan...

saya suka pake gelang dari kayu..he..he...masuk tuh diartikel ini...

CahNdeso mengatakan...

@ : Gelang kayu jika dibuat sedemikian indah dan artistik, tentu sangat ekslusif dan menarik perhatian. Salam sahabat

Sharing SEO mengatakan...

untuk hal ini mungkin saya kurang paham, stidaknya artikel ini memberi pengetahuan lbih bagi saya sobat,,, Thnks for share ...

CahNdeso mengatakan...

@ Sharing SEO : Ini memang bukan untuk dipahami, tapi sekedar informasi. Salam sahabat, Guys. Thans sudah sudi mampir di sini.

Good Ole Hans mengatakan...

verry nice blog you hve

CahNdeso mengatakan...

@ Good Ole Hans : Thanks, Guys.. Now I am going to your Site.

Posting Komentar

"Bila Anda berkenan, dengan segala kerendahan hati, saya mohon, sudilah menuliskan komentar di sini; Bagi Anda yang berniat Copas konten blog, saya persilahkan, dan tolong link balik diikutkan. Terima kasih, Love and Peace".

Please Read This For Peace
(Mohon Baca Ini, Demi Persahabatan)




Disclaimer

I don't and never claim ownership or rights over images published on my blog unless specified.
All images are copyright of their respected creators. If any images that appear on my blog are in violation of copyright law, please contact me on my Chat Box/Guest Book or via my e-mail (maksumhamid [at] trenggalekjelita [dot] web [dot] id) and I will remove the offending pics as soon as possible.

Thank You So Much All Guests and Blogger Friends

I greatly appreciate your kindness to visit my blog and,
in return, I promise I will pay my own visit to your blogs or your sites as soon as possible.; Insyaallah, through this sort of social amiability and solidarity, we could find out a great
deal of thing which will be useful for advancing our human values.
For the sake of friendship and togetherness, please leave a sign of your presence on myChat Box/Guest Book or on comment, so that I can know it precisely and instantly.


Yours sincerely and best regard.
[Lina CahNdeso]

Categories

Senandung Kawula Alit (280) PNS dan Birokrasi (256) Artikel (223) Info (213) Pendidikan (163) Lowongan Kerja (162) Sains-Teknologi Informasi (151) Sejarah Trenggalek (145) Pembangunan (90) Politik (86) Bagi Pahlawan Kemerdekaan (83) Islam (70) Pra-Anggapan (70) Agamaku (69) Kriminal (69) UU-Peraturan (63) Anti Korupsi (60) Catatan Budaya (58) Antik dan Klasik (57) Olahraga (56) Numpang Niwul (54) Cinta dan Kasih Sayang (42) BisnisOnline (37) Tanggung Jawab dan Profesionalisme (37) Software (36) Biografi Tokoh Seni/Sastra Indonesia (35) Sains-Teknologi (32) Biografi Tokoh Peraih Nobel (31) PTC (31) Legeslatif (30) Mesum (27) Palestina (27) Kesehatan (25) Info Beasiswa (24) Thiwul-Manco-Rengginang (22) Zionist (22) Artikel-Copas (21) Flora/Fauna (21) Trik dan Tips Blogging (21) Bencana Alam (20) Langka (20) Selebritis/Tokoh (19) Pariwisata (18) Piala Dunia 2010 (18) Kasus Korupsi (16) Sejarah Dunia (16) English Version (13) Antik dan Klasik. Dongeng (11) Fakta Unik (11) Berita CPNS (9) Fauna (8) Idul Fitri (8) Bencana (6) Bonsai (6) Film (6) Office (6) Poetry (6) Eksekutif (5) My Award (5) Antivirus (4) Biografi Tokoh Lokal (4) Kabinet (4) Puisiku (4) Guest Book (3) Lomba (3) Musibah (3) Polisi (3) Affiliasi Bisnis (2) Bank (2) Biografi Tokoh Seni/Sastra Indonesia (English) (2) Ekonomi/Keuangan (2) Iklan/Pariwara (2) KIB Jilid 2 (2) Mbah Surip (2) Merapi (2) Musik (2) Pelantikan Presiden (2) Taxi (2) lebaran (2) Adipura (1) Alexa (1) Banner Sahabat (1) Biografi Tokoh Seni/Sastra Lokal (1) Catur (1) Cerpen (1) Daftar Posts (1) Dewa Ruci (1) Forex-JSS-JBP (1) GTT (1) Game (1) Google Sandbox (1) Hari Jadi (1) Irshad Manji (1) Jamu Tradisional (1) Jelajah Sepeda-Kompas (1) Jimat Trenggalek (1) Judi/Togel (1) Kuliner (1) Malaysia (1) Maria Verchenova: Russian golferMaria Verchenova: Russian golfer (1) Moammar Khadafi (1) Parcel (1) Perempuan (1) Pers (1) Pramuka (1) Psikologi (1) Resensi Buku (1) Sepak Bola (1) Sumpah Pemuda (1) TNI (1) Tradisional (1)
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes

Back To Top