Senin, 02 Januari 2012

Nyi Roro Kidul , Jin Ataukah Bidadari?! (1)

Minggu Wage, 1 Januari 2012, saya hanya di rumah. Isteri saya bersama keponakan yang masih berusia 4, 11 dan 14 tahun sedang menikmati santai di kolam renang Jwalita, Stadion Menak Sopal, Trenggalek, Jawa Timur. Biasa, saya lebih suka di rumah pada hari-hari "meriah" seperti tahun baru. Sementara isteri saya tercinta yang punya hobby renang, gemar sekali menyaksikan festival rakyat dan pasar murah.

Di rumah, saya browsing mencari inspirasi untuk menulis. Karena tadi malam saya posting tentang Nyi Roro Kidul, maka dengan serius saya mencari-cari topik tersebut. Banyak yang saya dapat, tapi saya lebih tertarik untuk membaca artikel (khusus dan utama sekali membaca komentar-komentar) di dua blog, yakni blog http://www.mbah-marijan.org/,  postingan "Kesaksian ‘RAJA JIN’ Soal Marahnya Nyi Roro Kidul", dan blog http://pemegangpetir.blogspot.com/, dengan posting berjudul "SEJATINYA KANJENG RATU KIDUL & RATU LOR".

Satu topik yang sama dibahas dalam kedua blog tersebut, yakni mengenai "Nyi Roro Kidul", artikelnya kurang seru dibanding dengan komentar para pembacanya. Ada 203 komentar pada blog mbah-marijan,org, sedang artikel blog pendekar petir ada 30 komentar. Sungguh komentar pembaca pada dua blog tersebut menyentuh pada topik artikel, sehingga mirip sebuah diskusi. Sayangnya, terkadang ada indikasi saling menyerang dan melecehkan!  Kendati demikian, saya salut pada semua komentator, mereka hadir di blog-blog itu dengan komentar yang layak diapresiasi, bukan sekedar basa-basi absen kehadiran.

Dari semua komentar di dua blog itu, perhatian saya mengerucut pada komentar blog mbah-maridjan; saya sangat tertarik dan sangat setuju dengan komentar yang di tulis oleh Ary Sby pawang blog "Open Your Mind". Komentarnya cukup panjang, bisa dijadikan artikel tersendiri. Ary Sby berkomentar dengan gaya santai, namun disertai sumber yang jelas sehingga mampu menjadikan suasana "panas" mereda sekaligus berakhirlah "sesi comment" di blog http://www.mbah-marijan.org/, dengan penutup comment Ary, Sby on 14 May 2011 at 9:50 pm, yang berbunyi: 
  • "pahami dulu yang tersurat karena itu adalah firman Allah,. jangan mempelajari yang tersirat sebelum tahu apa yang tersurat, karena nanti bisa jadi salah paham",.
  • "syariatnya dulu dibenarkan baru mempelajari hakikat,. karena hakikat tanpa syariat adalah sesat,. begitu pula syariat tanpa hakikat adalah terlalu kaku".
Tertarik untuk mengikuti artikel yang diposting http://www.mbah-marijan.org/ pada 16 June 2006, langsung saja ke sana. Namun, saya  kini hendak sharing komentar Ary Sby, sebab bagi saya pribadi komentar tersebut sangat tepat mengenai sasaran, ilmiah (sumbernya jelas) dan bermanfaat. Karena panjang sekali, maka saya posting dalam dua bagian. Untuk episode pertama dapat di klik langsung di bawah ini.

Dalam Islam, makhluk ciptaan Allah dapat dibedakan antara yang bernyawa dan tak bernyawa. Di antara yang bernyawa adalah jin. Kata jin menurut bahasa (Arab) berasal dari kata ijtinan, yang berarti istitar (tersembunyi).

Jadi :

* jin menurut bahasa berarti sesuatu yang tersembunyi dan halus, sedangkan
* syetan ialah setiap yang durhaka dari golongan jin, manusia atau hewan.

Dinamakan jin, karena ia tersembunyi wujudnya dari pandangan mata manusia. Itulah sebabnya jin dalam wujud aslinya tidak dapat dilihat mata manusia. Kalau ada manusia yang dapat melihat jin, maka jin yang dilihatnya itu adalah jin yang sedang menjelma dalam wujud makhluk yang dapat dilihat mata manusia biasa.

“Sesungguhnya ia (jin) dan pengikut-pengikutnya melihat kalian (hai manusia) dari suatu tempat yang kamu tidak bisa melihat mereka.” (QS Al-A’raf 7:27).

Tentang asal kejadian jin, Allah menjelaskan, kalau manusia pertama diciptakan dari tanah, maka jin diciptakan dari api yang sangat panas sesuai dengan ayat tersebut di atas.

Dalam ayat lain Allah mempertegas: “Dan Kami telah menciptakan jin dari nyala api.” (QS Ar-Rahman 55:15). Ibnu Abbas, Ikrimah, Mujahid dan Adhdhahak berkata, bahwa yang dimaksud dengan firman Allah: Dari nyala api, ialah dari api murni.

Dalam riwayat lain dari Ibnu Abbas: Dari bara api. (Ditemukan dalam Tafsir Ibnu Katsir). Dalilnya dari hadits riwayat Aisyah, bahwasanya Rasulullah SAW bersabda: “Malaikat diciptakan dari cahaya, jin diciptakan dari nyala api, dan Adam diciptakan dari apa yang disifatkan(diceritakan) kepada kalian.”
[yaitu dari air spermatozoa]
(HR Muslim di dalam kitab Az-Zuhd dan Ahmad di dalam Al-Musnad).

Bagaimana wujud api itu, Al-Qur’an tak menjelaskan secara rinci, dan Allah pun tidak mewajibkan kepada kita untuk menelitinya secara detail.

Dalam sebuah hadits, Nabi Muhammad SAW bersabda: “Syetan memperlihatkan wujud (diri)nya ketika aku shalat, namun atas pertolongan Allah, aku dapat mencekiknya hingga kurasakan dingin air liurnya di tanganku. Kalau bukan karena doa saudaraku Nabi Sulaiman, pasti kubunuh dia.” (HR Bukhari).

Mengubah Bentuk

Setiap makhluk diberi Allah kekhususan atau keistimewaan tersendiri, di mana salah satu kekhususan jin ialah dapat mengubah bentuk. Misalnya jin kafir (syetan) pernah menampakkan diri dalam wujud orang tua kepada kaum Quraisy sebanyak dua kali. Pertama, ketika suku Quraisy berkonspirasi untuk membunuh Nabi Muhammad SAW di Makkah.
Kedua, dalam perang Badr pada tahun kedua Hijriah. (QS Al-Anfaal 8:48).

Apakah Jin Juga Meninggal?

Jin beranak-pinak dan berkembang-biak (lihat surat Al-Kahfi, 18:50). Tentang apakah jin bisa meninggal atau tidak, ada pendapat bahwa jin hanya berkembang biak, tetapi tidak pernah meninggal. Benar atau tidak, wa Allahu a’lam. Namun menurut hadits yang diriwayatkan Bukhari dan Muslim, di mana Nabi Muhammad SAW berdo’a: “Ya Allah, Engkau tidak mati, sedang jin dan manusia mati…” (HR Bukhari 7383 – Muslim 717).

Tempat-tempat Jin

Walaupun banyak perbedaan antara manusia dengan jin, namun persamannya juga ada. Di antaranya sama-sama mendiami bumi. Bahkan jin telah mendiami bumi sebelum adanya manusia dan kemudian tinggal bersama manusia itu di rumah manusia, tidur di ranjang dan makan bersama manusia.

Tempat yang paling disenangi jin adalah WC. Oleh sebab itu hendaknya kita berdoa waktu masuk WC yang artinya: “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari (gangguan) setan (jin) laki-laki dan setan (jin) perempuan.” (HR At-Turmudzi).

Syetan suka berdiam di kubur dan di tempat sampah. Apa sebabnya, Al-Qur’an tidak menjelaskan secara rinci. Kuburan dijadikan sebagai tempat bermeditasi oleh tukang sihir (Paranormal).

Nabi Muhammad SAW melarang kita tidur menyerupai syetan. Syetan tidur di atas perutnya (tengkurap) dan bertelanjang. Manusia yang tidur dalam keadaan bertelanjang menarik perhatian syetan untuk mempermainkan auratnya dan menyebabkan timbulnya penyakit. Na’uzu billah min zaalik!

Qarin

Yang dimaksud dengan qarin dalam surat Qaaf 50:27 ialah yang menyertai. Setiap manusia disertai syetan yang selalu memperdayakannya. Allah berfirman, artinya: “Yang menyertai dia (qarin) berkata pula: ‘Ya Tuhan kami, aku tidak menyesatkan tetapi dialah (manusia) yang berada dalam kesesatan yang jauh’…” (QS Qaaf 50:27).

Manusia dan syetan qarinnya itu akan bersama-sama pada hari berhisab nanti. Dalam sebuah hadits (HR Ahmad) Aisyah ra mengatakan: Rasulullah SAW keluar dari rumah pada malam hari, aku cemburu karenanya. Tak lama ia kembali dan menyaksikan tingkahku, lalu ia berkata:
“Apakah kamu telah didatangi syetanmu?”
“Apakah syetan bersamaku?” Jawabku.
“Ya, bahkan setiap manusia.” Kata Nabi Muhammad SAW.
“Termasuk engkau juga?” Tanyaku lagi.
“Betul, tetapi Allah menolongku hingga aku selamat dari godaannya.” Jawab Nabi.
(HR Ahmad).

Berdasarkan hadits ini, Nabi Muhammad juga ternyata didampingi syetan. Hanya syetan itu tidak berkutik terhadapnya. Lalu bagaimana mendeteksi keberadaan jin (misalnya di rumah kita), apa tanda-tanda seseorang kemasukan jin? Tidak ada cara atau alat yang bisa mendeteksi keberadaan jin. Sebab jin dalam wujud aslinya merupakan makhluk ghaib yang tidak mungkin dilihat manusia (QS Al-A’raf 7:27).

Tidak ada manusia yang bisa melihat jin, dan jika ada manusia yang mengklaim mampu melihat jin, maka orang tersebut sedang bermasalah. Bisa jadi dia mempunyai jin warisan atau pun jin hasil dia belajar. Kemampuan ini sebetulnya dalam Islam dilarang untuk dimiliki, dan termasuk dalam kategori bekerja sama dengan jin yang menyesatkan (QS Al-Jin 72:6).

Sesungguhnya, tidak ada cara yang bisa digunakan untuk mendeteksi keberadaan jin. Jangan meminta bantuan orang yang mempunyai ilmu terawang. Sebab kalau kita meminta bantuannya, kita berarti telah meminta bantuan dukun musyrik yang dalam Islam merupakan dosa besar, bahkan bisa mengeluarkan seseorang dari Islam.

Jangan lupa untuk mengikuti lanjutannya pada episode kedua, Insyaallah besok sudah tayang... (padahal sudah ana buat dan jadwal terbitnya besok dini hari, Selasa, 3 Januari 2012, hmmm...). Postingan ini berjudul "Nyi Roro Kidul, Jin Ataukah Bidadari?!", bak anak panah lepas dari busurnya namun melenceng tidak mengenai sasaran utama. Barangkali komentar Ary Sby bisa dijadikan bahan acuan, sekaligus saya juga berharap ada Sahabat blogger atau Pembaca yang mulia mau memberikan pencerahan agar saya mampu membidikan "anak panah" dengan tepat sehingga artikel ini sesuai dengan judulnya.

Terima kasih, salam sahabat.

17 Komentar:

Insan Robbani mengatakan...

Assalamu'alaikum Mas...
wah makin hebat aja blognya, dangu mboten silaturahmi dumateng blog njenengan, mboten saged komentar masalah artikel meniko, malah takut salah je, nyimak kemawon, sekalian ngaturaken sugeng warsa enggal...

salam kagem konco2 trenggalek

angshare mengatakan...

Artikelnya sangat bagus kang, sangat mendidik...makasi atas infonya. Salam blogger

CahNdeso mengatakan...

@ Insan Robbani: Salam sahabat, semamnten ugi kulo sakulawarga ing Trenggalek, ngaturaken Sugeng tanggap warsa 2012, mugi Gusti Allah SWT nganugrahaken rahmat, hidayah, inayah twin ridho, dumateng panjenengan sakukuban. Matursuwun.., kulo inggih namung 'mengarsipkan' masalah niki, sebab kita sama-sama awam dalam hal 'lelembut"..

CahNdeso mengatakan...

@ angshare: Salam sahabat, terima kasih, saya sendiri hanya menjadi tukang arsip, bila suatu artikel saya anggap relevan bagi saya pribadi. Andai ada pembaca lain atau sahabat blogger yang juga "kesetrum" saya, mudah-mudahan artikel-artikel di blog ini bermanfaat.

Penghuni 60 mengatakan...

kok yg dibahas byk Nyi Roro kidulnya sob..?

oya, met tahun baru aja, ada award spesial utkmu sob, mohon diambil dan diterima ya..

iman@sampeweweh mengatakan...

Ary Sby bener sob komentarnya ngenak banget :D

"pahami dulu yang tersurat karena itu adalah firman Allah,. jangan mempelajari yang tersirat sebelum tahu apa yang tersurat, karena nanti bisa jadi salah paham",.
"syariatnya dulu dibenarkan baru mempelajari hakikat,. karena hakikat tanpa syariat adalah sesat,. begitu pula syariat tanpa hakikat adalah terlalu kaku...
kata-katanya itu keren hehe

CahNdeso mengatakan...

@ Penghuni 60: Iya Sob, soalnya Nyi Roro Kidul baru saja minta "tumbal" 103 Imigran Gelap di Pantai Prigi, Trenggalek...xixixi.. Tahnks, met tahun baru juga, Bro.. Ada award..wow... ocreeee...

CahNdeso mengatakan...

@ iman@sampeweweh: Salam sahabat... betul Sob... mudah-mudahan kita dapat menerapkan itu dalam aktivitas kita sehari-hari..Thanks sudah hadir

Ilmu Hukum dan Internet Gratis Terupdate mengatakan...

klo nyi roro kidul adl bdadri, akn ku cri hngga ujung dnia...he he
nh knjngan blik sya mas, & jg plus"nya

CahNdeso mengatakan...

@ Ilmu Hukum dan Internet Gratis Terupdate: Salam sahabat... Saya juga berharap Nyi Roro Kidul masuk golongan Bidadari. Okay..thanks, Guys...

Pecandu Wordpress Dan Blogger mengatakan...

Setahu ane, nyilorokidul yg asli sudah tidak ada,, jadi siapa sekarang yg di panti kidul? ada deeehh..
saya mengatakan demikian berdasarkan kisah dan sejarah yg saya terima di suatu pesantren,,

CahNdeso mengatakan...

@ Pecandu Wordpress Dan Blogger: Salam sahabat, saya sendiri pun belum pernah bertemu dengannya. Namun "issu" dan cerita tentang dia saya dengar santer di sekeliling saya, sejak saya kecil hingga kini dewasa.

ready21 mengatakan...

assalamualaikum wr. wb,.. teruslah berkarya dan menulis untuk berbagi ilmu dan pengalaman, salam sahabat

CahNdeso mengatakan...

@ ready21: Waalaikumsalam wr.wb Salam sahabat, terima kasih sudah sudi hadir disini. Saya mungkin harus lebih banyak belajar pada Anda... terima kasih sudi hadir di sini. Sekalian saya mohon diijinkan untuk Copas artikel-artikel Anda untuk saya arsipkan di blog ini.

koala sakti mengatakan...

nyi roro kidul benar benar ada ya bung...?

Lina CahNdeso mengatakan...

@ koala sakti: Kalau andika tanya hal ini, saya hanya bisa bilang "saya yakin bahwa makhluq halus sebangsa Jin itu ada. Sedang Nyi Roro Kidul, saya belum tahu, apakah dia Jin atau hanya issu". Makasih, Brur dah hadir di sini. Salam sahabat...

Prediksi Togel mengatakan...

Selamat Datang di Website OM AGUS
Izinkan kami membantu anda
semua dengan Angka ritual Kami..
Kami dengan bantuan Supranatural
Bisa menghasilkan Angka Ritual Yang Sangat
Mengagumkan…Bisa Menerawang
Angka Yang Bakal Keluar Untuk Toto Singapore
Maupun Hongkong…Kami bekerja tiada henti
Untuk Bisa menembus Angka yang bakal Keluar..
dengan Jaminan 100% gol / Tembus…!!!!,hb=085-399-278-797
Tapi Ingat Kami Hanya Memberikan Angka Ritual
Kami Hanya Kepada Anda Yang Benar-benar
dengan sangat Membutuhkan
Angka Ritual Kami .. Kunci Kami Anda Harus
OPTIMIS Angka Bakal Tembus…Hanya
dengan Sebuah Optimis Anda bisa Menang…!!!
Apakah anda Termasuk dalam Kategori Ini
1. Di Lilit Hutang
2. Selalu kalah Dalam Bermain Togel
3. Barang berharga Anda udah Habis Buat Judi Togel
4. Anda Udah ke mana-mana tapi tidak menghasilkan Solusi yang

Jangan Anda Putus Asa…Anda udah
berada Di blog yang sangat Tepat..
Kami akan membantu anda semua dengan
Angka Ritual Kami..Anda
Cukup Mengganti Biaya Ritual Angka Nya
Saja… Jika anda Membutuhkan Angka Ghoib
Hasil Ritual Dari=OM AGUS, 2D,3D,4D
di jamin Tembus 100% silahkan:
Hub : (OM AGUS)
(085-399-278-797)
Adapun Besar Pergantian
Biayanya tergantung Paket Yang kami berikan

Poskan Komentar

"Bila Anda berkenan, dengan segala kerendahan hati, saya mohon, sudilah menuliskan komentar di sini; Bagi Anda yang berniat Copas konten blog, saya persilahkan, dan tolong link balik diikutkan. Terima kasih, Love and Peace".

Please Read This For Peace
(Mohon Baca Ini, Demi Persahabatan)




Disclaimer

I don't and never claim ownership or rights over images published on my blog unless specified.
All images are copyright of their respected creators. If any images that appear on my blog are in violation of copyright law, please contact me on my Chat Box/Guest Book or via my e-mail (maksumhamid [at] trenggalekjelita [dot] web [dot] id) and I will remove the offending pics as soon as possible.

Thank You So Much All Guests and Blogger Friends

I greatly appreciate your kindness to visit my blog and,
in return, I promise I will pay my own visit to your blogs or your sites as soon as possible.; Insyaallah, through this sort of social amiability and solidarity, we could find out a great
deal of thing which will be useful for advancing our human values.
For the sake of friendship and togetherness, please leave a sign of your presence on myChat Box/Guest Book or on comment, so that I can know it precisely and instantly.


Yours sincerely and best regard.
[Lina CahNdeso]

Categories

Senandung Kawula Alit (280) PNS dan Birokrasi (256) Artikel (221) Info (213) Pendidikan (163) Lowongan Kerja (160) Sains-Teknologi Informasi (151) Sejarah Trenggalek (144) Pembangunan (90) Politik (85) Bagi Pahlawan Kemerdekaan (80) Islam (70) Pra-Anggapan (70) Agamaku (69) Kriminal (69) UU-Peraturan (62) Anti Korupsi (60) Catatan Budaya (58) Antik dan Klasik (57) Olahraga (56) Numpang Niwul (54) Cinta dan Kasih Sayang (42) BisnisOnline (37) Tanggung Jawab dan Profesionalisme (37) Software (36) Biografi Tokoh Seni/Sastra Indonesia (35) Sains-Teknologi (32) Biografi Tokoh Peraih Nobel (31) PTC (31) Legeslatif (30) Mesum (27) Palestina (27) Kesehatan (25) Info Beasiswa (24) Thiwul-Manco-Rengginang (22) Zionist (22) Flora/Fauna (21) Trik dan Tips Blogging (21) Bencana Alam (20) Langka (20) Selebritis/Tokoh (19) Pariwisata (18) Piala Dunia 2010 (18) Artikel-Copas (17) Kasus Korupsi (16) Sejarah Dunia (16) English Version (13) Antik dan Klasik. Dongeng (11) Fakta Unik (11) Fauna (8) Berita CPNS (7) Idul Fitri (7) Bencana (6) Bonsai (6) Film (6) Office (6) Poetry (6) Eksekutif (5) My Award (5) Antivirus (4) Biografi Tokoh Lokal (4) Kabinet (4) Puisiku (4) Guest Book (3) Lomba (3) Musibah (3) Polisi (3) Affiliasi Bisnis (2) Bank (2) Biografi Tokoh Seni/Sastra Indonesia (English) (2) Ekonomi/Keuangan (2) Iklan/Pariwara (2) KIB Jilid 2 (2) Mbah Surip (2) Merapi (2) Musik (2) Pelantikan Presiden (2) Taxi (2) Adipura (1) Alexa (1) Banner Sahabat (1) Biografi Tokoh Seni/Sastra Lokal (1) Catur (1) Cerpen (1) Daftar Posts (1) Dewa Ruci (1) Forex-JSS-JBP (1) GTT (1) Game (1) Google Sandbox (1) Hari Jadi (1) Irshad Manji (1) Jamu Tradisional (1) Jelajah Sepeda-Kompas (1) Jimat Trenggalek (1) Judi/Togel (1) Kuliner (1) Malaysia (1) Maria Verchenova: Russian golferMaria Verchenova: Russian golfer (1) Moammar Khadafi (1) Parcel (1) Perempuan (1) Pers (1) Pramuka (1) Psikologi (1) Resensi Buku (1) Sepak Bola (1) Sumpah Pemuda (1) TNI (1) Tradisional (1) lebaran (1)
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes

Back To Top