Minggu, 31 Oktober 2010

The 2010 Joe Weider’s Olympia Weekend

Body Building adalah aktivitas yang memerlukan banyak waktu dan ketekunan, sekaligus dukungan dana yang lumayan banyak, agar seseorang yang menggemari olahraga ini mampu meraih keberhasilan menonjol. Di negeri kita yang kebanyakan rakyatnya hidup di bawah garis pas-pasan, terasa mustahil bisa menjadi profesional, kecuali bagi mereka penggemar body building yang terlahir dari kalangan yang cukup mapan ekonominya. Walaupun demikian, kita tidak perlu berputus asa! Bila Anda seorang olahragawan yang menggeluti dunia body building, banyak jalan menuju sukses. Namun, jangan pernah berpikir untuk menjadi "pengemis sukses"..wkwkwkwk... seperti bebek aja...!


The 2010 Joe Weider’s Olympia Weekend adalah kontes bodybuilding, yang lebih dikenal dengan Mr. Olympia, untuk ke-45 kalinya digelar pada 24-25 September 2010 lalu. Event ini diselenggarakan di Orleans Arena dan Las Vegas Convention Center, Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat. Simak liputan lengkapnya berikut ini, yang saya ambil dari Dunia Fitness Dot Com-nya Denny Santosa.

Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, ajang kompetisi bodybuilding internasional terbesar, Olympia Weekend, di mana Ultimate Nutrition menjadi sponsor utamanya ini, dibagi dalam beberapa kelas yang akan memperebutkan gelar bergengsi, antara lain Mr. Olympia dan Olympia 202 Showdown, serta untuk wanita antara lain Ms. Olympia, Olympia Fitness, Olympia Figure serta Olympia Bikini.

Bertempat di South Hall dari Las Vegas Convention Center, Olympia Expo berlangsung selama 2 hari. Dalam expo yang dibuka sejak jam 10 pagi ini, semua binaragawan dan fitnessmania yang datang dari seluruh dunia akan dimanjakan untuk melihat, mencoba sampel dan membeli produk baru, juga memiliki kesempatan untuk bertemu atlet, selebriti dan icon industri suplemen besar dunia, termasuk Ultimate Nutrition.

Pada hari pertama, 24 September 2010, diadakan berbagai kompetisi seperti Olympia Strongest Man, Sumo Challenge, Bikini Model Search dan sebagainya, serta berlangsung Women’s Judging untuk kategori Fitness, Figure, Bikini dan Ms. Olympia, yang kemudian dilanjutkan dengan final untuk Fitness Olympia, Bikini Olympia dan Ms. Olympia serta Mr. Olympia Judging.
Berlanjut pada hari kedua, 25 September 2010, berlangsung Olympia 202 Showdown Judging serta Individual Posing untuk kategori ini. Pada jam 7 malam waktu setempat, berlangsunglah final untuk 202 Showdown, Figure Olympia dan tentu saja Mr. Olympia. Berikut ini laporan hasil final dari Olympia Weekend 2010.


Setelah melalui proses seleksi yang sangat ketat, seluruh penonton di Orleans Arena pun menjadi saksi atas dinobatkannya Jay Cutler menjadi Mr. Olympia 2010, yang merupakan kemenangan keempatnya dalam event akbar ini. Berikut ini adalah daftar pemenang Mr. Olympia 2010:
  1. Jay Cutler
  2. Phil Heath
  3. Branch Warren
  4. Dexter Jackson
  5. Dennis Wolf
  6. Ronny Rockel
  7. Kai Greene
  8. Victor Martinez
  9. Toney Freeman
  10. Hidetada Yamagishi
Sedangkan untuk kategori 202 and Under, Kevin English keluar sebagai juara. Dan berikut ini adalah daftar pemenang untuk kategori ini:

  1. Kevin English
  2. David Henry
  3. Eduardo Correa Da Silva
  4. Jose Raymond
  5. Jason Arntz
  6. Jaroslav Horvath
Beralih ke kategori untuk wanita, tahun ini Iris Kyle juga kembali menyabet gelar sebagai Ms. Olympia 2010. Berikut ini daftar pemenang untuk kategori Ms. Olympia:

  1. Iris Kyle
  2. Yaxeni Oriquen-Garcia
  3. Debi Laszewski
  4. Sheila Bleck
  5. Heather Foster
Selanjutnya, untuk kategori Olympia Figure, berikut adalah daftar pemenangnya:
  1. Erin Stern
  2. Nicole Wilkins-Lee
  3. Heather Mae French
  4. Kristal Richardson
  5. Felicia Romero
  6. Alicia Harris
Untuk Olympia Fitness, berikut ini daftar pemenangnya:
  1. Adela Garcia
  2. Tanji Johnson
  3. Trish Warren
  4. Myriam Capes
  5. Oksana Grishina
  6. Bethany Wagner
Dan yang terakhir, Olympia Bikini 2010 dimenangkan oleh:
  1. Sonia Gonzales
  2. Nathalia Melo Moreira
  3. Nicole Nagrani
  4. Jaime Baird
  5. Amanda Latona
  6. Alison Rosen
Dan yang ditunggu-tunggu, para pemenang Mr. Olympia pun akhirnya berkumpul bersama di panggung dengan Joe Weider, yang telah menggagas event megah ini 45 tahun yang lalu. Bahkan, Arnold Schwarzenegger meluangkan waktunya dari jadwal super sibuk nya sebagai Gubernur California agar ia bisa berada satu panggung dengan semua binaragawan besar Mr. Olympia melalui video. Akhirnya, minggu pagi  26 September 2010 yang menandai berakhirnya Olympia Weekend tahun ini pun ditutup dengan Olympia Superstar Seminar.

Sekretaris Kabinet RI Terima CPNS 2010

Dalam rangka mengisi formasi Calon Pegawai Negeri SIpil (CPNS) Tahun Anggaran 2010, sebagaimana ditetapkan dengan Keputusan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 287 Tahun 2010, Sekretariat Kabinet RI membuka kesempatan bagi Warga Negara Republik Indonesia yang berminat menjadi CPNS, dengan ketentuan sebagai berikut:

Persyaratan pelamar:
1. Persyaratan umum:
1) Warga Negara Indonesia;
2) Berusia maksimum 35 (tiga puluh lima) tahun pada tanggal 1 Desember 2010;
3) Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa;
4) Memiliki integritas yang tinggi terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia;
5) Tidak berkedudukan sebagai Calon/PNS, Calon/Anggota TNI/Polri;
6) Tidak berkedudukan sebagai anggota atau pengurus partai politik;
7) Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS/TNI/Polri atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta;
8.) Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan;
9) Memenuhi persyaratan kualifikasi pendidikan (jenjang dan jurusan) yang sesuai dengan formasi jabatan;
10) Berkelakuan baik;
11) Sehat jasmani dan rohani.

2. Persyaratan Khusus:
1) Ijazah pelamar yang diakui yaitu ijazah yang diperoleh dari Perguruan Tinggi Negeri/Swasta yang telah mendapat akreditasi atau ijazah yang diperoleh dari Perguruan Tinggi Luar Negeri, yang telah mendapat penetapan penyetaraan dari Panitia Penilaian Ijazah Luar Negeri Departemen Pendidikan Nasional;
2) Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) bagi pelamar minimal 2,75 (dua koma tujuh lima);
3) Menguasai bahasa inggris baik lisan maupun tertulis.

3. Pendaftaran:


Penerimaaan lamaran dilaksanakan di Gedung Pusdiklat Sekretariat Negara Jl.Gaharu I No.1 Cilandak Barat Jakarta Selatan dari tanggal 1 s.d. 4 November 2010, pukul 09.00 – 14.00 WIB, dengan melengkapi:

a. Berkas lamaran terdiri dari:
1) Surat lamaran yang ditulis tangan dan ditandatangani sendiri oleh pelamar dengan menggunakan tinta hitam, ditujukan kepada Ketua Tim Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil Sekretariat Kabinet RI Tahun Anggaran 2010;
2) Foto copy ijazah dan transkrip nilai akademik atau surat keterangan lulus yang dilegalisasi oleh pejabat yang berwenang;
3) Pas photo berwarna terbaru, ukuran 3×4 sebanyak 2 (dua) lembar;
4) Foto copy bukti identitas diri (KTP/SIM);

b. Mengisi formulir pendaftaran yang disediakan oleh panitia;

c. Semua berkas dimasukkan ke dalam map yang telah dituliskan nama, kode jabatan, kode jurusan, dan IPK.

4. Seleksi Administrasi:
a. Panitia akan melakukan seleksi administrasi terhadap berkas lamaran berdasarkan persyaratan pelamar;
b. Pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi akan dipanggil untuk mengikuti ujian tertulis.

5. Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi dan Jadwal Ujian Tertulis akan diberitahukan melalui situs internet resmi Sekretariat Kabinet www.setkab.go.id pada hari Selasa, tanggal 9 November 2010.

6. Keputusan Tim Pengadaan CPNS Sekretariat Kabinet RI Tahun Anggaran 2010 tidak dapat diganggu gugat.
Bagi yang berminat, silakan :

Sabtu, 30 Oktober 2010

Medio Nopember BKD Trenggalek Buka Pendaftaran CPNS Tahun 2010

Soekono (Ketua Komisi I DPRD Trenggalek)

Situs berita lokal online prigibeach.com melansir berita bahwa pendaftaran calon pegawai negeri sipil di Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, akan diselenggarakan mulai tanggal 14 sampai dengan 25 Nopember 2010. Nah, kepada para sahabat, sanak saudara danhandai taulan yang berhasrat untuk mengabdi pada negara melalui profesi ini, segera secepatnya mempersiapkan semua persyaratan yang diperlukan. Berikut ini, copasan beritanya.


Trenggalek (prigibeach.com) - Akhirnya Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Trenggalek, Jawa Timur mengeluarkan pernyataan tentang rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Dalam hearing dengan Komisi I DPRD Trenggalek, BKD Trenggalek menyampaikan bahwa pengumuman dan pendaftaran rekrutmen CPNS akan dilaksanakan tanggal 14-25 november 2010, tes tulis 4 Desember 2010.

Kuota kebutuhan Calon Pegawai negeri Sipil (CPNS) 2010 di Kabupaten Trenggalek yang telah disetujui adalah sejumlah 310 orang. Dengan rincian 91 tenaga guru, 81 tenaga kesehatan dan 138 tenaga teknis. Rincian formasi kebutuhan tenaga pegawai akan disampaikan secara tertulis kepada DPRD. 

Menurut Sukono, Ketua Komisi I, mengenai akurasi kebutuhan CPNS bisa diterima, sedangkan teknis penyelenggaraan sepenuhnya menjadi kewenangan pihak BKD.

"Mereka sudah membentuk Panitia, sedangkan kuota yang disetujui oleh Kementerian PAN & RB,adalah sebesar 310 personil, terdiri dari 91 guru, 81 tenaga kesehatan dan138 tenaga teknis," ujarnya.

Ditambahkan Sukono, teknis penyelenggaraan tes sejak awal pendaftaran hingga pengumuman hasil tes dikomando langsung oleh Gubernur Jawa Timur.(Haz)
Niadesain.com

Gerbong Mutasi Meluncur Lebih Cepat Dari Prediksi

Semenjak dilantik pada 4 Oktober 2010, hingga kemarin tanggal 29 Oktober 2010, satu hari usai memperingati Hari Sumpah Pemuda, Bupati H. Mulyadi WR tanpa ragu-ragu langsung meluncurkan gerbong mutasi para pejabat yang dianggapnya layak dan profesional pada posisi barunya. Sebagai seorang birokrat yang memahami "perwatakan" dan keprofesionalan tokoh-tokoh pejabat di Trenggalek, Jawa Timur, H. Mulyadi WR, memang sangat ingin agar "team work" di bawah kepemimpinannya dalam lima tahun ke depan mampu memberikan yang terbaik bagi seluruh masyarakatnya. Gerbong mutasi meluncur lebih cepat dari prediksi banyak orang, yakni sekitar bulan Maret atau April tahun depan.

Terlepas dari pro dan kontra, penempatan para tokoh dalam jabatan baru mereka, menurut analisa beberapa pakar daerah dan pengamat perkembangan Trenggalek, rolling pejabat yang diumumkan di Pendopo Agung kemarin murni untuk mewujudkan janji-janji kampanye pasangan MK (Mulyadi-Kholiq), yakni antara lain memberikan pelayanan prima kepada seluruh masyarakat Trenggalek, mempercepat pengentasan kemiskinan, upaya memangkas alur birokrasi dan menekan berbagai pungutan administrasi sehubungan dengan tekad untuk mengundang investor, serta last but not least menjadikan sektor pendidikan, kesehatan dan pembinaan moral spiritual sebagai ujung tombak yang mengiringi pembangunan fisik.

Wacana mutasi besar-besaran ini sudah sejak lama direncanakan dan dibicarakan internal kubu MK sesaat sesudah ada kepastian hukum tentang kemenangannya dalam Pilkada 2 Juni 2010 yang lalu. Sebagai seorang birokrat di masa orde baru dan mantan bupati yang pernah memimpin Trenggalek pada masa transisi  mengawali otonomi daerah (2000-2005), H. Mulyadi WR, memang sudah memahami hampir seluruh seluk beluk birokrasi dan para pejabat daerah, serta sangat mahfum pada apa yang menjadi aspirasi rakyat Trenggalek. H. Mulyadi WR memang dikenal masyarakat sebagai pejabat yang "mau tahu dan mengerti" kebutuhan rakyat jelata. Desertasinya tentang masyarakat kecil yang peduli pada kelestarian hutan di daerah ini, menunjukkan bahwa dia sungguh-sungguh memberikan apresiasi terhadap kinerja masyarakat pedesaan. Ide-ide cemerlang yang dituangkan dalam kebijakan pemerintah provinsi tatkala duduk sebagai pejabat di samping Gubernur Jawa Timur, seperti paving-isasi dan pemberdayaan perekonomian pedesaan, nyata-nyata membuktikan bahwa dia mampu dan selalu memanage perkembangan masyarakat di daerah tertinggal seperti Trenggalek. Dan selama lima tahun memimpin Trenggalek pada periode 2000-2005, hampir seluruh pejabat dan para birokrat mengakui kepiawaiannya sebagai top manager. Kendati ada juga sisi kelemahannya, namun itu tidak sebanding dengan kepakaran dan profesionalisme yang melekat pada kehidupannya.

Mutasi 226 Pejabat

Pejabat eselon II, III, IV dan V yang dimutasi sebanyak 226 personil, dengan rincian 21 pejabat eselon II,  71 pejabat eselon III, 137 pejabat eselon IV dan 7 pejabat eselon V. Pejabat eselon II yang dirolling antara lain Ir. Ekanto Malipurbowo yang sebelumnya menjabat Kadis Pekimsih menjadi Kepala Badan Kesbanglimaspol, Drs. Puji Purwandi yang sebelumnya menjabat Kepala Dinas PU Bina Marga dan Pengairan menjadi Staff Ahli Bupati, sedang jabatan kepala PU Bina Marga dan Pengairan yang baru dijabat oleh Ir. Soleh sebelumnya menjabat KTU DPPKAD dan Kepala Dinas Perkimsih dijabat oleh Drs. Ali Mustofa sebelumnya menjabat kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana. Kepala Dinas Pendidikan Abu Mansur ditetapkan sebagai Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan, selanjutnya jabatan Kepala Diknas dijabat Drs. Kusprigianto, MM yang semula Kepala Disporaparibud.

Sedang tiga pejabat eselon II yang tidak terkena Rolling adalah Dinas Pertanian, Kehutanan dan Perkebunan, Dinas Peternakan, Ir. Joko Surono, Dinas Perhubungan dan Infokom, Ulang Setyadi SH serta Dinas Tenaga Kerja dan Sosial Ir. Surya Admaja.

Pelantikan dan mutasi jabatan itu sesuai PP No. 41/2007 tentang Pedoman Organisasi Perangkat Daerah. Kemudian, Surat Keputusan (SK) Bupati Trenggalek No. 821.2/216/406.073/2010 tentang Pengangkatan/Alih Tugas PNS dalam Jabatan Eselon II di Lingkungan Pemkab Trenggalek. Kemudian SK No. 821.2/217/406.073/2010 untuk pengangkatan pejabat eselon III. Lalu, SK No. 821.2/218/406.073/2010 tentang Pengangkaan Pejabat Eselon IVA dan IVB.Bupati mengatakan, dirinya mengharapkan agar pelantikan dan mutasi jabatan yang telah dilaksanakan jangan dianggap suatu yang luar biasa. Sebab, pelantikan dan mutasi ini telah sesuai dengan kebutuhan organisasi perangkat daerah. ''Pelantikan dan mutasi hal yang biasa di dalam instansi pemerintah. Karena, merupakan bagian dari kehidupan organisasi dan bagian pola pembinaan karir pegawai," katanya.

Kebijakan tersebut bagian dari upaya untuk memantapkan organisasi, sesuai dengan PP No. 41/2007 dimaksud agar setiap aparatur dapat menjalankan tugas pokok dan fungsinya secara prima serta terukur. Di samping itu, mutasi jabatan juga dimaksudkan guna menumbuhkan suasana baru dan meningkatkan prestasi kerja.Mulyadi menyatakan, tujuan utama mutasi jabatan adalah sebagai upaya untuk mendewasakan organisasi agar bisa beradaptasi dengan lingkungan strategis yang senantiasa berubah sedemikian cepat. Karena itu, pelantikan hendaknya dimaknai dari sudut kepentingan organisasi. Bukan sekadar penempatan figur-figur aparatur pada jenjang jabatan dan kepentingan tertentu. Terutama adalah dalam rangka pengembangan karir PNS.

"Sudah barang tentu, mutasi ini mempertimbangkan nilai-nilai kemampuan, kompetensi, integritas, moralitas, pangkat, pendidikan, pelatihan, dan pengalaman jabatan. Selain itu, juga dipertimbangkan loyalitas, nilai pengabdian dan komitmen terhadap tugas, serta tanggung jawab kepada negera dan bangsa," demikian H. Mulyadi WR dalam sambutannya. Serta berharap dengan ditetapkannya sebagai  pejabat baru di Pemkab Trenggalek, mereka dapat menunjukkan kinerja maksimal dengan berpedoman pada tupoksi. Sehingga, yang menjadi tujuan organisasi dapat tercapai dengan baik.

Kepada para pejabat baru, CahNdeso mengucapkan : Selamat menjalankan tugas! Semoga senantiasa dalam lindungan Allah SWT, sehingga terhindar dari pola-pola KKN. Masyarakat Trenggalek bukan saja mengharapkan pelayanan namun juga siap melayani jika diperlukan. Itulah etika tradisi yang diajarkan oleh orang-orang tua kami, saling kasih dan mengasihi.

Artikel yang mungkin perlu Anda simak: 

Jumat, 29 Oktober 2010

TNI-AL Kirim Pasukan Tanggulangi Bencana Alam

Tahun ini Ibu Pertiwi kembali harus berduka. Ratusan putera-puterinya tewas akibat bencana alam yang terjadi di beberapa daerah mulai dari Sabang hingga Merauke.  Peristiwa tragis paling mengenaskan terkait dengan bencana alam tahun ini, adalah Tusnami di Kepulauan Mentawai, banjir disertai tanah longsor di Wasior, dan meletusnya Gunung Merapi. Seluruh bangsa Indonesia dengan segenap totalitas jiwa menundukkan kepala, turut berbelasungkawa, seraya memanjatkan doa semoga arwah para korban tenang damai di sisi Allah Tuhan Yang Maha Pengasih, dan bagi mereka yang masih selamat segera mendapatkan kesejahteraan lahir bathin, sehingga bisa menikmati kehidupan sebagaimana semula. Amin.

Bencana apapun yang terjadi di bumi Nusantara ini, pasti akan dirasakan oleh segenap rakyat Indonesia. Bila para korban menangis, menjerit dan melolong-lolong akibat derita yang tiba-tiba menyambar mereka, maka kami rakyat Indonesia yang jauh dari bencana juga trenyuh dan tenggelam dalam kesedihan seakan langsung ikut merasakan deraan derita itu. Tidak terkecuali dengan para prajurit kita, Tentara Nasional Indonesia. Mereka juga ikut berbelasungkawa, bahkan dengan tegas menunjukkan sikap bahwa mereka memang layak menjadi penjaga Ibu Pertiwi.

Empat KRI Siaga di Mentawai

TNI menyiagakan empat Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) untuk membantu penanganan korban bencana tsunami di Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat. Kadispenum Puspen TNI Kolonel Cpl Minulyo di Jakarta, Jumat mengatakan, empat KRI yang sewaktu-waktu siap diberangkatkan ke lokasi bencana itu adalah KRI Imam Bonjol, KRI Gilimanuk, KRI Peleng dan KRI Sabang.

TNI telah memberangkatkan KRI Teluk Manado dan KRI Teluk Cirebon Rabu lalu ke lokasi bencana.
TNI juga telah menerbangkan satu Hercules A-1321 yang membawa dua ton bantuan sosial dari Presiden RI.
"TNI juga menyiagakan satu pesawat Hercules A-1328 untuk pengiriman bantuan ke lokasi bencana," kata Minulyo. Personel TNI yang ditugaskan ke Mentawai akan bergabung dengan Badan Penanggulangan Bencana Propinsi Sumatera Barat dan Basarnas untuk mencari dan mengevakuasi korban serta mengobati warga dengan mendirikan Rumah Sakit Lapangan.

Sedangkan untuk penanggulangan bencana letusan Gunung Merapi di DIY, TNI khususnya yang berlokasi di wilayah Kodam IV/Diponegoro telah menyiagakan 5.665 personel. TNI juga menyiapkan alat berat, truk angkut personel, mobil tangki air, tenda, dapur umum, genset dan berbagai peralatan lain serta kebutuhan logistik yang sewaktu-waktu digerakkan untuk menghadapi kemungkinan terburuk akibat letusan Gunung Merapi.

"Dari kekuatan yang disiagakan, 2.165 personel TNI telah diterjunkan ke lokasi bencana untuk membantu evakuasi masyarakat, pencarian korban dan pertolongan kepada para pengungsi di lokasi pengungsian," kata Minulyo.

400 Marinir Berangkat ke Wasior

Sebanyak 400 prajurit Korps Marinir TNI AL yang tergabung dalam Satuan Tugas Kemanusiaan berangkat ke Wasior, Papua Barat, dari Dermaga Ujung Koarmatim Surabaya, Kamis (28/10). Mereka berangkat dengan menggunakan KRI dr Soeharso-990. Foto : Detik.
Baca juga yang satu ini:

Hasil Seleksi Administrasi CPNS KY – Komisi Yudisial Tahun 2010

Sesuai dengan hasil rapat panitia seleksi administrasi pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Sekretariat Jenderal Komisi Yudisial Republik Indonesia Tahun Anggaran 2010, dengan ini diumumkan pelamar yang lulus seleksi administrasi dan berhak mengikuti ujian tertulis pada hari Minggu tanggal 31 Oktober 2010.

Bagi Pelamar yang lulus seleksi administrasi sebagaimana terlampir, dapat mengambil nomor peserta ujian tertulis dikantor Sekretariat Jenderal Komisi Yudisial Republik Indonesia, Jln. Kramat Raya No. 57, Jakarta Pusat pada tanggal 28 s/d 29 Oktober 2010 pukul 09.00 s/d 16.00 WIB dengan membawa Kartu Identitas (KTP), pengambilan nomor peserta ujian tertulis tidak bisa diwakilkan kecuali dengan menggunakan surat kuasa bermaterai dari yang bersangkutan. Panitia tidak menerima pengambilan kartu diluar dari tanggal yang telah ditentukan.

Kelulusan pelamar ditentukan oleh kemampuan / kompetensi pelamar, apabila ada pihak yang menawarkan jasa dengan menjanjikan untuk dapat diterima menjadi CPNS maka perbuatan tersebut adalah penipuan dan Komisi Yudisial tidak bertanggung jawab. Panitia tidak memungut bayaran/biaya dalam bentuk apapun dalam kegiatan seleksi CPNS Sekretariat Jenderal Komisi Yudisial RI Tahun Anggaran 2010

Keputusan Panitia Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil Sekretariat Jenderal Komisi Yudisial Republik Indonesia tidak dapat diganggu gugat.

Niadesain.com

Rabu, 27 Oktober 2010

Pameran Tosan Aji Untuk Pecahkan Rekor MURI

Memperingati Hari Pahlawan 10 Nopember 2010 sekaligus dikaitkan dengan momentum Sumpah Pemuda, Paguyuban Panji Patrem akan selenggarakan Pameran Tosan Aji, dengan thema Gebyar 1000 Pusaka. Acara akan digelar mulai tanggal 10 hingga 14 Nopember 2010 bertempat di Gedung Serba Guna Kelurahan Ngantru, Kecamatan Trenggalek, Jawa Timur. 

Panji Patrem adalah paguyuban para penggemar benda-benda pusaka (tosan aji), diprakarsai dan dimotori oleh tokoh-tokoh muda yang peduli pada eksistensi nilai-nilai budaya tradisional yang ada di daerah Trenggalek. Anggota paguyuban ini paling sedikit memiliki dan menyimpan 5 buah benda pusaka dari jenis besi (wesi-tosan) baik berupa keris, tombak maupun bentuk lain yang lebih spesifik dan jarang dikenal oleh masyarakat.

"Namun kami juga membuka diri dan menerima anggota yang secara pasif menggemari benda-benda pusaka peninggalan nenek moyang, sekalipun yang bersangkutan sama sekali tidak meiliki tosan aji", demikian Mukti Harsaya, Sekretaris Panitia Pameran Gebyar 1000 Pusaka. 

Pecahkan Rekor MURI 

Pemaran kali ini diselenggarakan dengan dana swadaya hasil urunan dari anggota. Bertujuan untuk memperkenalkan berbagai bentuk dan jenis tosan aji yang ada di Trenggalek dan seluruh Indonesia. Peserta pameran bukan hanya lokal, tetapi juga datang dari daerah seperti Tulungagung, Blitar, Kediri, Ponorogo, Pacitan, Magetan, bahkan dari Madiun, Solo dan Surakarta, juga paguyuban lain di luar Jawa, yakni Bali, Kalimantan, Sumatera, Sulawesi, Papua, Maluku dan Nusa Tenggara. Diperkirakan ada 25 Paguyuban penggemar Tosan Aji seluruh Indonesia sudah menyatakan siap untuk hadir. Serta tujuh kolektor benda pusaka terkenal di Indonesia, akan mengikuti pameran secara total dengan mengeluarkan semua koleksi benda pusaka mereka yang sudah terbilang sangat langka.

"Kami berharap pameran ini bisa menggugah rasa nasionalisme dan kebanggan terhadap nilai-nilai budaya bangsa sendiri. Sehingga masyarakat tidak begitu saja terpolusikan oleh kemajuan teknologi modern yang memang semakin canggih", kata Mukti Harsaya. Selanjutnya, dia dan seluruh anggota Paguyuban Tosan Aji Panji Patrem, sangat mengharapkan uluran kepedulian dari pihak Pemerintah Kabupaten Trenggalek. "Paling tidak dukungan moril berupa pemberian kemudahan administrasi, fasilitas dan sosialisasi tentang perlunya masyarakat kita untuk mempertahankan dan memelihara benda-benda pusaka. Dukungan nyata dari instansi pemerintah daerah melalui Dinasi Pariwisata, Pemuda, Olahraga dan Budaya (Disporaparibud). Sesuai dengan undang-undang dan peraturan kepurbakalaan yang diberlakukan oleh pemerintah kita", katanya.

"Kami sangat antusias, pameran ini akan memecahkan rekor MURI  (Museum Rekor Indonesia) sebagai pameran Tosan Aji terbesar, koleksi terlengkap dan terlangka, serta terpopuler. Selanjutnya, kami juga ingin pameran semacam ini akan menjadi agenda rutin dalam pameran budaya daerah yang setiap tahun diselenggarakan," ujarnya tegas.

Panji Patrem adalah satu-satunya paguyuban Tosan Aji di Trenggalek yang sudah terdaftar di Sekretariat Nasional Keris Indonesia (SNKI). Oleh sebab itu, pada upacara pembukaan pameran akan hadir dan memberikan sambutan Ketua Pengurus Pusat SNKI, Edy Khazim dan juga Muyoko Ketua Bidang Organisasi.

Mbah Marijan Damai Dalam Pelukan Merapi, Kekasihnya


Sosok yang tawaddahu' , bersahaja, lugu dan sangat bertanggungjawab. Itulah gambaran yang kuperoleh dari Mbah Marijan, sang Juru Kunci Gunung Merapi. Sejak mencuatnya berita tentang dia pada Mei 2006, tatkala Merapi "marah", aku sangat terkesan dengan sosok renta yang akrab dipanggil dengan Mbah Marijan ini. Kendati usianya sudah mencapai hampir 80 tahun kala itu, ia masih tampil gagah dengan senyum yang selalu menghiasi wajah keriputnya.

Musibah letusan Merapi pada 15 Mei - 7 Juni 2006, menjadi berkah tersendiri bagi Mbah Marijan. Karena usai peristiwa tersebut, salah satu produk minuman energi terbesar di Indonesia, telah menjadikan Mbah Marijan sebagai icon produk itu berdampingan dengan Chris Jhon. Ratusan juta bahkan milyaran rupiah barangkali sudah mengalir ke kocek Mbah Marijan. Namun, dia tidak tergiur untuk hidup menikmati harta sebesar itu, yang menurut ukuran masyarakat pedesaan, sangat-sangat-sangat banyak. 

Justru dari beberapa teman yang pernah berkunjung ke "markas" Mbah Marijan di Dukuh Kinahrejo, Desa Umbulharjo, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta, honorarium yang diperoleh Mbah Marijan dari berbagai promotor, maupun bantuan sukarela dari pihak lain, tidak dia gunakan sendiri. Melainkan dia bagi-bagikan kepada para kerabat yang membutuhkan, utamanya anak-anak yatim, dan rumah-rumah ibadah. 


Mbah Maridjan, juru kunci Merapi, berbincang dengan seorang relawan di rumahnya di Kinahrejo, Umbulharjo, Sleman, Yogyakarta, sehari sebelum meletusnya Gunung Merapi, (25/10). TEMPO/Arif Wibowo

 Saya sama sekali belum pernah bertemu dengan Mbah Marijan. Kendati demikian, Mbah Marijan seakan dekat di hati saya. Lelaki yang lahir di Dukuh Kinahrejo, Desa Umbulharjo, Cangkringan, Dukuh Kinahrejo, Desa Umbulharjo, Cangkringan, Sleman pada tahun 1927, ini adalah contoh seorang Panewu yang setia dan bertanggungjawab atas tugas-tugas yang telah dibebankan atasannya. 

Mbah Marijan mulai menjabat sebagai wakil juru kunci pada tahun 1970 hingga awal 1982. Selanjutnya ia menjabat sebagai juru kunci Merapi sejak tahun 1982, hingga akhir hayatnya.  Jabatan Juru Kunci ia dapatkan secara turun temurun, dari ayah dan kakeknya yang juga menerima Pangkat Kuncen Gunung Merapi dari Sultan Ngayogyakarta, sedangkan dia menerima tugas ini  Sri Sultan Hamengkubuwono IX. Amanah yang diemban adalah memberikan perlindungan dan petunjuk kepada warga lereng Merapi setiap Gunung Merapi akan meletus. Karenanya warga setempat lebih selalu menunggu komando dari Mbah Marijan bila mereka akan mengungsi, dari pada instruksi pejabat pemerintah lokal.


Mbah Marijan mempunyai beberapa anak:

    * Mbah Ajungan
    * Raden Ayu Surjuna
    * Raden Ayu Murjana
    * Raden Mas Kumambang

Mbah Ajungan menjadi penasihat presiden Sukarno tahun 1968-1969, kemudian menjadi wali Mangkunagara VIII tahun 1974-1987. (Wiki)

Mbah Marijan Damai Dalam Pelukan Merapi, Kekasihnya


Merapi di saat damai

Sahabat bloger sebaiknya tidak salah mengerti, di negeri kita ini ada dua gunung yang punya nama mirip yakni Gunung Marapi  yang juga gunung berapi terletak di Sumatera Barat, Indonesia. Gunung ini tergolong gunung yang paling aktif di Sumatera. Terletak dalam kawasan administrasi Kabupaten Agam. Sedang gunung Merapi adalah nama sebuah gunung berapi di provinsi Jawa Tengah dan Yogyakarta, Indonesia yang masih sangat aktif hingga kemarin 26 Oktober 2010 telah merenggut puluhan korban ketika dia meletus. Sejak tahun 1548, gunung ini sudah meletus sebanyak 68 kali. Letaknya cukup dekat dengan Kota Yogyakarta dan masih terdapat desa-desa di lerengnya sampai ketinggian 1700 m. Bagi masyarakat di tempat tersebut, Merapi membawa berkah material pasir, sedangkan bagi pemerintah daerah, Gunung Merapi menjadi obyek wisata bagi para wisatawan. Kini Merapi termasuk ke dalam kawasan Taman Nasional Gunung Merapi.

Merapi ketika meluapkan kerinduannya pada Mbah Marijan

Di lereng gunung Merapi inilah, Mbah Marijan lahir dan dewasa hingga bercucu-buyut. Mbah Marijan mencintai Gunung Merapi bukan saja karena dia asli putera Merapi; tetapi yang lebih utama kecintaannya terhadap Merapi karena ada beban amanah sebagai Juru Kunci Merapi. Saya sangat terharu dan sekaligus bangga pada Mbah Marijan. Sosok seperti inilah yang layak menjadi pemimpin negeri kita.Sosok petugas yang ditunjuk oleh pemerintah, dan dipercaya oleh masyarakat, seperti Mbah Marijan, kini sudah langka. 

Mbah Maridjan yang bergelar Mas Penewu Suraksohargo adalah profil seorang prajurit yang tegak pada prinsip-prinsip ksatria. Dia tetap tidak bersedia meninggalkan Merapi tatkala gunung itu akan meletus, bukan berarti dia ingin bunuh diri atau menentang perintah pejabat di Sleman.  Melainkan untuk meneguhi janjinya sebagai Mas Penewu Suraksohargo sang Juru kunci Merapi. Dia setia menantikan orang-orang lain yang dia ketahui masih ada di sekitar merapi. Rumah tinggalnya, adalah satu "markas" bagi para pendaki gunung Merapi. Di rumahnya perlengkapan dapur umum bagi para tamu Merapi, tersedia.  Karenanya, dia selalu baru akan turun meninggalkan Merapi bila bahaya sungguh-sungguh mengancam, itu pun dia akan turun sebagai the last Man

Ada sosok lain yang saya kagumi, kita mundur pada tahun 1962.  Laksamana Madya Yosaphat Soedarso (lahir di Salatiga, Jawa Tengah, 24 November 1925 – meninggal di Laut Aru, 13 Januari 1962 pada umur 36 tahun) adalah seorang pahlawan nasional Indonesia. Ia gugur di atas KRI Macan Tutul dalam pertempuran Laut Aru melawan armada Belanda pada masa kampanye Trikora. Hal yang kurang lazim adalah, sebagai seorang Kepala Staff Angkatan Laut tidak seharusnya ia ikut terjun langsung di dalam operasi tersebut. Dan ia gugur di sana, tenggelam bersama KRI Macan Tutul. 

Nama Laksamana Madya Yosaphat Soedarso  kini diabadikan pada sebuah KRI dan salah satu pulau juga diberi nama itu, dia juga ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional. Bagaimana dengan Mbah Marijan? Barangkali dia tidak selevel dengan para jenderal, Mbah Marijan hanya seorang Juru Kunci Gunung Merapi. Kendati demikian, ada nilai-nilai keteladanan seorang pahlawan, nilai-nilai kepahlawanan seorang jenderal yang tertanam dalam denyut nadi dan aliran darah Mbah Marijan. 


Gunung Merapi memang pantas dicintai, gagah dan permana

Barangkali, Gunung Merapi memang sangat mencintainya, sehingga gunung yang kokoh gagah ini tak rela jika Mbah Marijan meninggalkannya. Maka, dengan penuh kasih sayang, kemarin 26 Oktober 2010, sang gunung berekspresi mensugestif Mbah Marijan untuk saling memadu cinta kasih. Layaknya Laut Aru yang begitu mencintai Laksamana Madya Yosaphat Soedarso. Dengan demikian, kedua tokoh ini pun abadi berpelukan penuh kasih sayang. Bagi sahabat blogger yang tidak mengenal sosok Mbah Marijan, niscaya  akan menyepelekan lelaki ini. Semoga, tulisan ini bermanfaat .... wallahu'alam bisawab. 

Selamat jalan Mbah Marijan. Semoga Allah meridloi dan menerima dirimu di sisinya. Kepada seluruh korban bencana alam di Indonesia, bahkan di seluruh dunia, mudah-mudahan pula memperoleh perlakuan yang sama. Amin.

Selasa, 26 Oktober 2010

One Billion Hungry

Signing and expressing your anger about the fact that 1 billion people around the world still live in hunger.  Now you can help put even more pressure on politicians -- by asking your friends to sign the petition to http://www.1billionhungry.org. Hurry up, don't wasted the time to help others!

Daftarkan dan ekspresikan kemarahan Anda terhadap fakta ketidak-adilan di mana satu millyar orang di dunia hidup dalam kekurangan makan/kelaparan. Dengan berpartisipasi dalam penandatanganan aksi ini, aksi prihatin terhadap kondisi satu millyar manusia yang hidup dalam kelaparan, berarti Anda sudah turut serta memaksa para politisi untuk menentukan kebijakan dan mengambil keputusan. Selanjutnya, ajaklah teman, sahabat, saudara Anda, untuk mendaftarkan diri mendukung gerakan anti kelaparan ini. Hayo, jangan sia-siakan waktu Anda untuk menolong orang lain. Walau sekedar dengan cara bergabung dalam organisasi yang bernaung di bawah Food and Agriculture Organization of the United Nations (FAO), Perserikatan Bangsa-Bangsa. Klik http://www.1billionhungry.org, isi formulir dan .... setitik amal sudah kita lakukan!

 

Put pressure on politicians to end hunger.
Sign the petition, and push for action wherever you are.
http://www.1billionhungry.org.


(Source : myguidestar)

PNP2-TKI Buka Lowongan CPNS 2010

Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Lingkungan BADAN NASIONAL PENEMPATAN DAN PERLINDUNGAN TENAGA KERJA INDONESIA Tahun Anggaran 2010 : 


I. LATAR BELAKANG
Dalam rangka mengisi formasi pegawai Tahun Anggaran 2010, Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia membuka kesempatan bagi Warga Negara Indonesia untuk mengikuti seleksi pengadaan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia yang akan ditempatkan di seluruh Indonesia. 

II. KUALIFIKASI PENDIDIKANTINGKAT PENDIDIKAN    KODE PROGRAM STUDI    PROGRAM STUDI

Diploma (D3)  
    01    Akuntansi/Manajemen Keuangan
    02    Komputer
    03    Kearsipan
    04    Desain Grafis

Sarjana (S1)   
    05   Hukum
    06    Hubungan Internasional
    07    Akuntansi
    08    Komputer
    09    Manajemen
    10    Administrasi
    11    Kesehatan Masyarakat
    12    Sosiologi
    13    Komunikasi
    14    Sastra Inggris/Pendidikan Bahasa Inggris
    15    Psikologi
            Pasca Sarjana    
    16    Psikologi 

(Profesi) (S2)   
   17    Kedokteran Umum 

III. PERSYARATAN 
  1. Warga Negara Republik Indonesia, yang bertakwa kepada Tuhan YME, setia dan taat kepada Pancasila, UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  2. Tidak berkedudukan sebagai CPNS/PNS/TNI/POLRI. 
  3. Tidak berkedudukan sebagai anggota dan /atau pengurus Partai Politik. 
  4. Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan. 
  5. Tidak pernah diberhentikan dengan tidak hormat sebagai PNS atau instansi Swasta.  
  6. Tidak sedang terikat kontrak kerja. 
  7. Berusia maksimal 35 (tiga puluh lima) tahun pada tanggal 1 November 2010. 
  8. Mengisi formulir pendaftaran yang dapat diunduh pada lampiran pengumuman. 
  9. Menyertakan Surat Izin dari Orangtua dan atau Suami/Istri yang dapat diunduh pada lampiran pengumuman 
  10. Mengisi Surat Pernyataan Umum, Surat Pernyataan Tidak Akan Mengajukan Pengunduran Diri, Surat Pernyataan Tidak Akan Mengajukan Pindah/Mutasi yang dapat diunduh pada lampiran Pengumuman.  
  11. Sehat jasmani dan rohani dibuktikan dengan surat keterangan dari dokter pemerintah. 
  12. Mampu mengoperasikan komputer minimal program Office dan Internet.  
  13. Latar belakang pendidikan Diploma (D3), Sarjana (S1), dan Pasca Sarjana (S2). 
  14. Mempunyai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) sekurang-kurangnya 2,65 dalam skala 4 bagi lulusan Diploma (D3), Sarjana (S1) dan Pasca Sarjana (S2). 
  15. Untuk Perguruan Tinggi Swasta minimal Terakreditasi “B” dan apabila dalam ijazah tidak disebutkan Akreditasinya, maka perlu dilampirkan fotokopi sertifikat akreditasi atau Surat Keterangan dari perguruan tinggi yang bersangkutan. 
  16. Mampu berbahasa Inggris (TOEFL dilampirkan)  
  17. Mengikuti seluruh tahapan seleksi.
IV. TATA CARA PENDAFTARAN 
  1. Menulis lamaran dengan dengan tinta berwarna hitam, di atas kertas folio bergaris dan dibubuhi materai Rp 6.000,00;
  2. Mengisi Formulir Pendaftaran yang dapat diunduh pada website: www.bnp2tki.go.id (Formulir yang telah diisi jangan dibolongi, hanya disisipkan dalam map snelhekter) 
  3. Daftar Riwayat Hidup meliputi pendidikan formal (Sekolah Dasar sd. pendidikan terakhir), informal dan pengalaman kerja. Khusus pendidikan formal harus dituliskan: nama lembaga pendidikan, lama pendidikan, dan tahun lulus; 
  4. Foto copy ijazah / STTB dan Transkrip Nilai Akademis yang telah dilegalisir (cap basah), mulai dari Sekolah Dasar sd. Pendidikan Terakhir 
  5. Foto copy Kartu Tanda Pencari Kerja (Kartu Kuning) yang dikeluarkan oleh instansi berwenang yang masih berlaku dan dilegalisir (cap basah); 
  6. Foto copy Surat Keterangan Catatan Kepolisian setempat yang masih berlaku dan dilegalisir (cap basah);  
  7. Foto copy Kartu Tanda Penduduk yang masih berlaku; 
  8. Foto copy Surat Keterangan Berbadan Sehat dari dokter / Rumah Sakit Pemerintah yang masih berlaku dan dilegalisir (cap basah); 
  9. Surat Izin yang telah dilengkapi dan ditandatangani oleh Suami/Istri/Orangtua di atas materai Rp. 6000,- 
  10. Surat Pernyataan Umum yang telah dilengkapi dan ditandangani di atas materai Rp. 6000,-  
  11. Surat Pernyataan Tidak Akan Mengajukan Pengunduran Diri yang telah diitandatangani di atas materai Rp. 6000,- 
  12. Surat Pernyataan Tidak Akan Mengajukan Pindah/Mutasi yang telah diitandatangani di atas materai Rp. 6000,-  
  13. Pas foto terakhir berwarna (laki-laki berwarna dasar merah, perempuan berwarna dasar biru), ukuran 3×4 sebanyak 3 lembar dan di bagian belakangnya dituliskan nama pelamar;  
  14. Menyertakan amplop surat sebanyak 2 (dua) lembar yang masing-masing ditulis nama pelamar, alamat pelamar disertai nomor telepon/HP dan ditempel perangko kilat;
V. TEMPAT DAN WAKTU PENDAFTARAN 
  1. Berkas-berkas sebagaimana disebutkan di atas, disusun dalam map snelhekter berwarna: 1. Kuning untuk Diploma (D3);  2. Merah untuk Sarjana (S1);  3. Biru untuk Pasca Sarjana (S2) Kemudian dimasukkan dalam amplop coklat ukuran folio dan dikirim melalui Kantor Pos: POBOX 4267 JKTM 12700 Dengan ditujukan kepada: Kepala Biro Organisasi dan Kepegawaian BNP2TKI selaku Ketua Tim Pengadaan CPNS
  2. Berkas lamaran paling lambat diterima Panitia tanggal 31 Oktober 2010 (Cap Pos). 
  3. Panitia tidak menerima berkas Lamaran yang diantar langsung. 
  4. Berkas lamaran yang dikirim selain alamat di atas tidak akan diproses.
VI. PELAKSANAAN SELEKSI 
  1. Pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi akan dipanggil mengikuti tahap selanjutnya. Hasil seleksi administrasi akan ditentukan kemudian.
  2. Pengumuman mengenai hasil seleksi administrasi dapat dilihat melalui website: www.bnp2tki.go.id . pada tanggal 16 November 2010 dan juga akan diinformasikan melalui pos. 
  3. Pengambilan nomor ujian dan pengisian surat pernyataan, serta lokasi tempat ujian akan ditentukan dan diinformasikan kemudian. 
  4. Peserta seleksi/Ujian tertulis yang tidak mengikuti salah satu materi ujian penyaringan dianggap gugur. 
  5. Hasil seleksi/ujian tertulis akan diumumkan melalui website: www.bnp2tki.go.id .
VII. LAIN-LAIN 
  1. Seleksi masuk Calon Pegawai Negeri Sipil BNP2TKI tidak dipungut biaya dan Panitia tidak bertanggung jawab apabila terjadi pungutan dari pihak lain yang mengatasnamakan Panitia Pengadaan.
  2. Panitia tidak bertanggung jawab atas keterlambatan surat yang dikirim ke alamat pelamar dalam kaitannya dengan pemberitahuan terhadap peserta. 
  3. Surat lamaran yang sudah masuk ke panitia, dengan alasan apapun tidak dapat diminta kembali, oleh karenanya panitia tidak melayani permintaan kembali atas berkas lamaran baik langsung maupun tidak langsung. 
  4. Biaya transportasi dan akomodasi selama mengikuti tahapan tes/ujian ditanggung oleh pelamar  
  5. Kelulusan pelamar pada setiap tahapan tes ditentukan oleh kemampuan dan kompetensi pelamar. Apabila ada pihak/oknum yang menawarkan jasa dengan menjanjikan untuk dapat diterima menjadi CPNS di lingkungan BNP2TKI dengan meminta imbalan tertentu, maka perbuatan tersebut adalah penipuan. Panitia tidak bertanggung jawab atas perbuatan pihak/oknum tersebut. 
  6. Apabila pelamar memberikan data/keterangan yang tidak benar, dan di kemudian hari diketahui, baik pada setiap tahapan tes/ujian, maupun setelah diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil/Pegawai Negeri Sipil, BNP2TKI berhak membatalkan kelulusan tersebut dan/atau memberhentikan sebagai CPNS/PNS di lingkungan BNP2TKI, menuntut ganti rugi atas kerugian negara yang terjadi akibat keterangan yang tidak benar tersebut, dan melaporkan sebagai tindak pidana ke Pengadilan Negeri karena telah memberikan keterangan palsu.
Jakarta, Oktober 2010
Kepala Biro Organisasi dan Kepegawaian
Selaku
Ketua Tim Panitia Pengadaan CPNS BNP2TKI
Drs Bandarsyah Jaya MSi
NIP: 19531123 197803 1 001 

Bagi yang berminat, silakan :
Persiapan Tes CPNS

Kementerian KOMINFO Terima CPNS 2010

SIPC KOMINFO – Sistem Informasi Penerimaan CPNS KOMINFO merupakan satu-satunya pusat informasi dan layanan resmi terkait dengan seluruh proses penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Kementerian Komunikasi dan Informatika RI – KOMINFO. 

Berdasarkan Keputusan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi no. 252/2010 tentang Formasi Pegawai Negeri Sipil Kementerian Komunikasi dan Informatika dan Peraturan Kepala Badan Kepegawaian Negara no. 30/2007 tentang Pedoman Pelaksanaan Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil, bersama ini Kementerian Komunikasi dan Informatika, memberi kesempatan kepada warga negara Indonesia untuk mengikuti seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).
 
Pengumuman pembukaan lamaran dilakukan tanggal 26 Oktober 2010, dan registrasi lamaran online dibuka antara 28 Oktober – 12 November 2010. 

Persyaratan CPNS KOMINFO 

Persyaratan :
  • Warga Negara Republik Indonesia.
  • Berusia serendah-rendahnya 21 (dua puluh satu) tahun dan setinggi- tingginya 35 (tiga puluh lima) tahun pada tanggal 1 Desember 2010.
  • Berusia setinggi-tingginya 40 (empat puluh) tahun bagi yang bekerja pada instansi atau lembaga swasta yang berbadan hukum yang menunjang kepentingan nasional paling kurang 5 (lima) tahun pada 17 April 2002 (Peraturan Pemerintah Nomor 11 tahun 2002). 
  • Berijazah S1, S2, D4 dan D3 atau yang disetarakan, baik dari lulusan perguruan tinggi negeri maupun perguruan tinggi swasta yang telah terakreditasi dengan indeks prestasi minimal 2.75. 
  • Ijazah yang diperoleh dari sekolah atau perguruan tinggi di luar negeri hanya dapat dihargai apabila telah diakui dan ditetapkan sederajat dengan ijazah dari sekolah atau perguruan tinggi negeri yang ditetapkan oleh Menteri yang bertanggungjawab dibidang pendidikan nasional atau pejabat lain yang berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku berwenang menyelenggarakan pendidikan. 
  • Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum yang tetap. 
  • Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta. 
  • Tidak berkedudukan sebagai calon/pegawai negeri. 
  • Sehat jasmani dan rohani. 
  • Tidak mengkonsumsi / menggunakan narkotika, psikotropika, prekursor dan zat adiktif lainya. 
  • Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Berkas pendaftaran :
  • Surat lamaran ditulis tangan dengan tinta hitam dan dibubuhkan materai Rp. 6.000, ditujukan kepada Menteri Komunikasi dan Informatika Up. Ketua Tim Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil Kementerian Komunikasi dan Informatika dengan mencantumkan nama jabatan yang dilamar.
  • Fotocopy ijazah terakhir dan transkip nilai yang dilegalisir oleh pejabat yang berwenang. 
  • Pasfoto berwarna terbaru, ukuran 3 X 4 cm sebanyak 2 lembar dengan mencantumkan nama dibalik foto. 
  •  Surat Keterangan Catatan Kepolisian yang dikeluarkan oleh pihak yang berwajib / POLRI. 
  • Surat keterangan sehat jasmani dan rohani dari Dokter Pemerintah. 
  • Berkas Lamaran yang dicetak langsung dari situs SIPC LIPI setelah proses registrasi.
Pengiriman berkas lamaran :
  • Berkas lamaran dikirim melalui PO.BOX yang sudah ditentukan, dan harus diterima Panitia sebelum 15 November 2010.
  • Berkas lamaran dimasukkan dalam map warna merah untuk S2, biru untuk S1/D4 dan warna hijau untuk D3. 
  • Tidak menerima berkas lamaran yang dikirim selain melalui PO.BOX yang telah ditentukan. 
  • Di luar map dan amplop tertulis nomor lamaran, nama, alamat, nomor telepon serta jabatan yang dilamar. Berkas lamaran ditujukan :
1. PO. BOX , untuk wilayah tes I Jakarta
2. PO. BOX 4117 PEMSAR SOLO, untuk wilayah tes II Solo
3. PO. BOX 1283 PEKANBARU, untuk wilayah tes III Pekanbaru
4. PO. BOX 3835 DENPASAR, untuk wilayah tes IV Denpasar
5. PO. BOX 1241 SAMARINDA, untuk wilayah tes V Samarinda
6. PO. BOX 7100 MAKASSAR 90000, untuk wilayah tes VI Makassar
7. PO. BOX 2222 JAYAPURA, untuk wilayah tes VII Jayapura

Catatan :
Dalam proses seleksi administrasi panitia akan memberlakukan sistem rangking berdasarkan nilai IPK tertinggi sesuai dengan kebutuhan jabatan yang dibutuhkan untuk menentukan jumlah peserta ujian apabila jumlah pelamar melebihi jumlah peserta ujian yang ditentukan.
Berkas pasfoto untuk registrasi online dalam format JPEG dengan ukuran kurang dari 30 KB.

Jumlah lowongan
Jumlah lowongan yang dibuka untuk tahun 2010 sebanyak 348 orang yang terbagi dalam 7 wilayah.
Tahapan dan jadwal penerimaan CPNS KOMINFO 

Tahapan dan batas waktu penerimaan CPNS KOMINFO adalah :

I. Verifikasi administrasi :
Pengumuman resmi : 26 Oktober 2010
Penerimaan registrasi lamaran melalui situs SIPC KOMINFO : 28 Oktober – 12 November 2010
Penerimaan berkas lamaran : 29 Oktober – 15 November 2010 (diterima Panitia)
Pengumuman pelamar dipanggil ujian tulis : 19 November 2010

II. Ujian :
Ujian tulis : 27 November 2010
Pengumuman pelamar dipanggil ujian psikotes dan wawancara : 8 Desember 2010
Psikotes : 11 / 13 Desember 2010 (tergantung lokasi)
Wawancara : 13 / 14 Desember 2010 tergantung lokasi)

III. Hasil final :
Pengumuman pelamar diterima : 21 Desember 2010
Registrasi ulang dan penyerahan berkas pelamar diterima : xx – xx Desember 2010
TMT/Pengangkatan CPNS : 1 Desember 2010
Mulai bekerja : Awal 2011

Persiapan sebelum mengajukan lamaran 

Proses awal registrasi lamaran melalui situs SIPC KOMINFO merupakan tahapan paling krusial. Proses ini dilakukan sepenuhnya oleh pelamar. Untuk mengurangi kesalahan, pelamar dihimbau untuk mempersiapkan seluruh data dan dokumen pendukung yang diperlukan. Dalam proses verifikasi, panitia tidak memiliki (dan tidak diberi) wewenang untuk melakukan perubahan pada isian Anda. Sehingga ketidaksesuaian antara isian dan berkas lamaran yang dikirimkan kemudian akan berakibat pada ketidaklulusan pada tahap I.
Untuk menghemat waktu akses, sebelum mengisi formulir lamaran ini pastikan bahwa Anda telah menyiapkan data-data dan dokumen pendukung minimal, yaitu :
+ Nomor Kartu Tanda Penduduk (KTP).
+ Tahun dan nomor ijasah pendidikan terakhir.
+ Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) transkrip nilai pendidikan terakhir.
+ Berkas dijital pasfoto warna berukuran 200 x 150 piksel dalam format JPEG (dengan nama ekstensi JPG) dan maksimal berukuran sebesar 30 KB.
+ Surat elektronik (Email) yang biasa dan selalu Anda akses secara berkala. Informasi khusus akan disampaikan melalui surat elektronik secara langsung.

Proses dan prosedur lamaran 
  1. Persiapan data yang dipersyaratkan. Siapkan seluruh data dan dokumen tersebut diatas.
  2. Lakukan registrasi lamaran melalui situs SIPC KOMINFO (http://cpns.depkominfo.go.id) dengan meng-klik halaman LAMARAN. Saat pengisian pastikan untuk mengisi formulir dengan benar dan lengkap sesuai petunjuk tertulis. Kesalahan pengisian sehingga terjadi ketidaksesuaian dengan berkas yang dikirimkan akan mengakibatkan ketidaklulusan pada tahap I (verifikasi administrasi). Dalam proses pengisian hindari menekan tombol ENTER, sebaliknya pakai tetikus untuk memindahkan kursor ke kolom yang diinginkan. Setelah selesai, tekan tombol KIRIM. Akan segera ditampilkan NOMOR LAMARAN dan KATA-SANDI Anda.
  3. Lakukan LOGIN memakai jendela login di sebelah kiri. Kemudian unggah pasfoto serta revisi isian lamaran bila ada kesalahan.
Bila sudah selesai, tekan tombol KIRIM. 

Pengecekan status lamaran 

Segera setelah registrasi lamaran, setiap pelamar akan mendapatkan NOMOR LAMARAN yang unik. Simpan dengan baik nomor lamaran ini ! Dengan nomor lamaran dan kata-sandi yang dimiliki, para pelamar bisa melakukan revisi atas formulir registrasi sebelum verifikasi administrasi atas lamaran tersebut dilakukan.
Seluruh proses Penerimaan CPNS KOMINFO bisa dipantau oleh pelamar secara waktu riil. Data detail proses lamaran bisa diakses hanya oleh pelamar yang bersangkutan melalui jendela login di sebelah kiri dengan memasukkan nomor lamaran dan kata-sandi yang dimiliki. Para pelamar diwajibkan memantau lamarannya melalui situs SIPC KOMINFO. KOMINFO tidak bertanggung-jawab atas aneka kesalahan yang diakibatkan oleh kelalaian para pelamar.

Tahap I : verifikasi administrasi 

Proses verifikasi dilakukan langsung segera setelah berkas lamaran diterima oleh Panitia. Verifikasi dilakukan untuk melihat kesesuaian data registrasi yang telah diisi oleh pelamar melalui situs SIPC KOMINFO dengan berkas yang dikirim ke Panitia.
Pelamar bisa mengakses informasi detail hasil verifikasi melalui halaman pelamar yang bisa diakses melalui jendela login di sebelah kiri dengan memasukkan nomor lamaran dan kata-sandi yang dimiliki. Melalui halaman ini informasi verfikasi per-item bisa diketahui.
Ingat bahwa KOMINFO TIDAK melayani tanya jawab dalam bentuk apapun terkait dengan lamaran ! 

Tahap II : ujian tulis 

Tahap ujian tulis akan dilakukan sesuai dengan jadwal. Hanya pelamar dengan ranking teratas sebanyak faktor pengali jumlah setiap formasi yang akan dipanggil untuk mengikuti ujian tulis.
Pelamar diwajibkan membawa KARTU PESERTA UJIAN yang dicetak langsung dari situs SIPC KOMINFO. Kartu Peserta Ujian harus dicetak langsung dari halaman registrasi masing-masing pelamar setelah login memakai nomor lamaran dan kata-sandi yang dimiliki. Pada halaman registrasi pelamar yang lolos tahap I akan ditampilkan tautan CETAK KARTU PESERTA UJIAN.
Masa ujian tulis adalah 1 (satu) hari kerja bersama-sama untuk seluruh pelamar yang dipanggil.
Waktu pelaksanaan ujian tulis 08:00 – 15:00 WIB. Setiap peserta diwajibkan membawa :
+ Kartu Tanda Peserta Ujian yang sudah disahkan saat verifikasi fisik sebelum ujian tulis.
+ Pensil 2B.
+ Penghapus pensil.
+ Alas untuk menulis.

Selain itu sangat disarankan untuk membawa bekal makanan dan minuman mengingat keterbatasan penjual makanan dan minuman di sekitar lokasi ujian. Peserta dianjurkan mempergunakan kendaraan umum untuk mencapai lokasi ujian tulis mengingat ketiadaan lahan parkir di sekitar lokasi.
Jenis dan materi ujian tulis meliputi Tes Kompetensi Dasar (TKD) yang meliputi :
+ Tes Pengetahuan Umum (TPU)
+ Tes Bakat Skolastik (TBS)
+ Tes Skala Kematangan (TSK)
+ Bahasa Inggris

Sedangkan Tes Kompetensi Bidang (TKB) dilaksanakan dalam bentuk psikotes dan wawancara.
Lokasi ujian tulis direncanakan di masing-masing wilayah :

Tahap III : ujian psikotes dan wawancara 

Bagi yang berminat, silakan :
Persiapan Tes CPNS

Catatan Jelang Sumpah Pemuda 28 Oktober 2010 : Pembinaan Pemuda , Investasi Masa Depan


Bangsa kita yang multietnis dan multikultural sangat membutuhkan sikap setiap individu dan kelompok untuk mampu meredam perbedaan menjadi suatu kebersamaan tanpa melunturkan akidah yang tumbuh dalam iman setiap insan. Sikap ini merupakan keutamaan yang wajib diimplementasikan dalam kehidupan sebagai bangsa. Cita-cita dan idea inilah yang mendasari tercetusnya Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928. Dalam janji setia yang dideklarasikan oleh perwakilan seluruh pemuda Indonesia saat itu, disepakati untuk berbangsa satu, bertumpah darah satu, dan berbahasa satu: Indonesia.
 
Semangat nasionalisme dalam kurun waktu sepuluh windu (80 tahun) mengalami pasang surut. Interaksi global yang mengeksploitasi berbagai ideologi dan kultur manca negara, hampir tidak pernah rehat, merongrong kedigdayaan Sumpah Pemuda dan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia. Akan tetapi bangsa kita masih teguh untuk senantiasa melakukan reaktualisasi semangat Sumpah Pemuda dengan berbagai makna, namun tegas tujuannya yakni bertekad menjaga integritas, martabat dan jati diri bangsa di tengah interaksi global.
 
Sumpah Pemuda telah memberikan semangat dan motivasi baru bagi berbagai generasi kita untuk menjadikan Indonesia sebagai sebuah bangsa yang merdeka dan berdaulat. Maka perlu setiap saat kita mengingatkan betapa dalam makna yang yang terkandung, khususnya terkait peranan generasi muda dalam menyongsong globalisasi segala dimensi dengan era keterbukaan yang tanpa batas. Rekontruksi dan reaktualisasi nilai-nilai yang terkandung di dalam Sumpah Pemuda, memang sudah selayaknya bahkan menjadi keharusan. Dengan demikian, berarti kalangan generasi masa kini perlu menggali kembali karakter semangat nasionalisme yang dimiliki kalangan pemuda yang menggagas Sumpah Pemuda untuk meraih kemerdekaan.
 
Potensi Pemuda  di Daerah-daerah

Hampir di seluruh daerah, tokoh-tokoh muda bermunculan. Mereka menggembol  jutaan semangat dan tekad untuk mengabdikan diri bagi masyarakat, rakyat dan bangsa Indonesia. Di setiap daerah, lebih dari 80% anggota legeslatif menyandang predikat pemuda baik secara fakta fisik maupun semangat dan usianya. Sementara di jajaran birokrat serta kalangan pendidikan pun tidak kurang dari 80% ternyata adalah para muda usia. Mereka adalah tokoh-tokoh muda yang mampu eksis dan mengaktualisasikan kinerja di tengah persaingan yang makin tidak terbatas.
Elemen pemuda di luar sistem pemerintahan, yakni yang hidup dan berkirprah dalam keseharian masyarakat awam, dalam lembaga-lembaga  swasta,  juga menunjukkan regenerasi yang makin berkualitas. Berbagai aktivitas, kreativitas dan produktivitas mereka ejawantahkan dalam karya-karya positif, untuk disajikan bagi kemaslahatan lingkungan dan kesejahteraan sesama. Bahkan dengan tanpa mengenal rasa takut, bila mereka menyaksikan kebijakan yang tidak pro-rakyat atau tindakan yang mengancam kelestarian lingkungan, pemuda-pemuda ini dengan segera menentangnya!
Potensi pemuda di daerah harus diakui, tiada pernah terhenti. Setiap generasi akan selalu silih berganti. Dan mereka terlahir dari semua etnis, kultur dan keyakinan. Namun harus digaris bawahi, bahwa mereka sebagian besar terlahir dari keluarga yang memiliki taraf sosial ekonomi yang  memerlukan dukungan pihak ketiga. Secara finansial, seharusnya untuk menunjang aktivitas dan prouktivitas mereka, serta mengarahkan agar dinamika mereka tidak diwarnai kedaerahan, etnis dan kultural, pemerintah pusat maupun pemerintah daerah senantiasa menggelontorkan budget APBN/APBD yang lebih besar dibanding tahun-tahun sebelumnya. 


Lunturnya Nilai-nilai Persatuan dan Kesatuan
 
Bangsa yang besar merupakan bangsa yang mengenal dan tidak melupakan sejarah. Kalangan generasi masa kini perlu menggali kembali karakter semangat nasionalisme yang dimiliki kalangan pemuda yang menggagas Sumpah Pemuda untuk meraih kemerdekaan dalam sebuah semangat persatuan dan kesatuan. Pemuda tidak boleh melupakan sejarah agar dapat menjadi pelajaran di masa mendatang. Dan sekali lagi, peran aktif dari pemerintah menjadi faktor prima untuk memacu dan memicu mereka.
Arwah para pahlawan Kemerdekaan tentunya merasa gelisah dengan kondisi yang berkembang dewasa ini, apabila menyaksikan mulai lunturnya nilai-nilai semangat persatuan dan kesatuan yang menjjurus hilangnya nasionalisme di kalangan generasi muda. Dikhawatirkan melunturnya rasa nasionalisme itu akan menyebabkan kalangan generasi muda tidak lagi menghargai jasa pahlawan, bahkan nilai kebangsaan dan kemerdekaan bangsa.
 
Indikasi ke arah itu mulai terlihat dari berkurangnya masyarakat yang bersedia mengibarkan Sang Saka Dwi Warna dalam peringatan hari-hari besar nasional utamanya menjelang dan saat HUT Kemerdekaan RI yang diperingati setiap 17 Agustus. Sementara perseteruan antar etnis dan kultur masyarakat menggejala, meluncur tajam mengarah pada perselisihan yang mungkin bisa berujung penolakan terhadap NKRI.
 

Oleh sebab itu, perlu adanya langkah-langkah yang positif, kebijakan yang produktif dan efektif untuk menanggulangi berbagai kemungkinan tersebut. Solusi untuk tetap mempertahankan nilai-nilai kebudayaan dan tradisi daerah, adalah salah satu keputusan yang sangat tepat. Sebab, tidak bisa dipungkiri sama sekali bahwa Pancasila dan rumusan Proklamasi 17 Agustus 1945, merupakan kesepakatan bangsa kita yang lahir dari sana.
 
Pembinaan pemuda sejak usia belasan harus dioptimalkan dengan mengabaikan kalkulasi budget. Upaya mengimplementasikan nilai-nilai budaya dan tradisi dalam gegap gempitanya kiprah pemuda, wajib senantiasa dibarengi dengan genderang mempertahankan berbagai dimensi dan variasi kesenian, kebudayaan, dan nilai-nilai normatif serta obyek-obyek wisata tradisi yang selama ini telah membesarkan nenek moyang kita. Dukungan dana hibah yang bersumber dari APBN maupun APBD sungguh-sungguh digelontorkan pada setiap SKPD tanpa filter yang "neko-neko". Penggelontoran dana untuk menggalakkan obyek wisata budaya dan sejarah di daerah-daerah bisa langsung menjadi income. Berbeda dengan pembinaan generasi muda baik langsung maupun melalui upaya  melestarikan kesenian, kebudayaan dan nilai-nilai tradisional, bukanlah kegiatan yang seketika bisa dinikmati buahnya. Melainkan sebuah investasi masa depan yang berujung kemegahan, kemuliaan dan kedigdayaan bangsa dan negara.

Postingan yang mungkin Anda suka :

Lowongan CPNS 2010 Kementerian Pemuda dan Olahraga

Kementerian Pemuda dan Olahraga membuka kesempatan kepada Warga Negara Republik Indonesia Pria dan Wanita menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Formasi 2010, dengan kualifikasi pendidikan dan kebutuhan formasi sebagai berikut : 


I.FORMASI YANG TERSEDIA. 

NO. NAMA DAN KODE JABATAN – KUALIFIKASI PENDIDIKAN – JUMLAH FORMASI
1 – 2 – 3 – 4 
  1.  Analis Kebijakan Kepemudaan (4006043) S-2 Ketahanan Nasional 1
  2. Analis Kewirausahaan Pemuda (4006295) S-2 Marketing 1 
  3. Dokter (3004001) Dokter Umum 1 
  4. Dokter spesialis Radiologi Dokter spesialis Radiologi 1 
  5. Dokter spesialis Kesehatan Olahraga Dokter spesialis Kesehatan Olahraga 1 
  6. Apoteker (3002001) Apoteker 1 
  7. Pranata Laporan Keuangan (4147010) S-1 Akuntansi 1 
  8. Statistik (4164001) S-1 Statistik 1 
  9. Pranata Komputer ( 4147002 ) S-1 Komputer 1 
  10. Perancang Peraturan Perundang-Undangan (4135004) S-1 Hukum 2 
  11. Pranata Humas (4147013) S-1 Komunikasi/Public Relation 1 
  12. Auditor ( 4011001 ) S-1 Akuntansi 2 
  13. Analis Program Keolahragaan (4006296)S-1 Keolahragaan 1 
  14. Analis Kewirausahaan Pemuda (4006295) S-1 Ekonomi Manajemen 4  A
  15. nalis Kerjasama Luar Negeri (4006173) S-1 Bahasa Inggris 1 
  16. Analis Kerjasama Luar Negeri (4006173) S-1 Hubungan Internasional 2 
  17. Analis Kebijakan Kepemudaan (4006043) S-1 Pendidikan Luar Sekolah2 
  18. Analis Kebutuhan Sarana Prasarana (4006221) S-1 Teknik Arsitektur 1 
  19. Analis Tata Ruang (4006185) S-1 Teknik Geodesi 1 
  20. Pengelola Barang Milik Negara S-1 Akuntansi 1 
  21. Pemberi Konsultasi Psikologi Pegawai S-1 Psikologi 1 
  22. Nutrisionis (3009001)S-1 Nutrisi/Gizi 1  
  23. Verifikator Keuangan (4173007) D-3 Akuntansi3 
  24. Pranata Komputer (4147002) D-3 Teknik Komputer/Teknik Informatika 2 
  25. Pengelola Data Kerjasama Luar Negeri (4103013) D-3 Bahasa Jepang1 
  26. Perawat (3012004) D-3 Keperawatan 2  
  27. Penata Laboratorium Kesehatan (3015003)D-3 Penata Laboratorium Kesehatan 1 
  28. Perekam Medis (3013001)D-3 Rekam Medis/Perekam Medis 1 
  29. Radiografer (3016001) D-3 Radiologi/Radiografer1  
  30. Pelatih Olahraga :
  • Cabang Tenis Lapangan ( 4026021 ) SLTA / Sederajat 2
  • Cabang Tenis Meja ( 4026022 ) SLTA / Sederajat 2 
  • Cabang Futsal ( 4026023 ) SLTA / Sederajat 2 
  • Cabang Sepakbola ( 4026024 ) SLTA / Sederajat 1 
  • Cabang Catur ( 4026025 )SLTA / Sederajat 1 
  • Cabang Bola Voli ( 4026026 ) SLTA / Sederajat 1 
  • Cabang Bola Basket ( 4026027 )SLTA / Sederajat 1
JUMLAH SELURUHNYA : 50 

II. PERSYARATAN PELAMAR UMUM
  1. Warga Negara Indonesia;
  2. Usia serendah-rendahnya 18 tahun dan setinggi–tingginya 35 tahun pada tanggal 1 Desember 2010; 
  3. Mempunyai kualifikasi pendidikan sebagaimana tercantum pada angka I kolom 3;  
  4. Surat Pernyataan tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan keputusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum yang tetap, karena melakukan suatu tindak pidana kejahatan; 
  5. Surat Pernyataan tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai Pegawai Negeri, atau diberhentikan dengan tidak hormat sebagai Pegawai Swasta; 
  6. Surat Pernyataan tidak berkedudukan sebagai Pegawai Negeri Sipil atau Calon Pegawai Negeri Sipil; 
  7. Surat Pernyataan tidak menjadi pengurus dan/atau anggota partai politik; 
  8. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Republik Indonesia, atau di Negara lain yang ditentukan oleh pemerintah;  
  9. Berkelakuan baik yang dibuktikan dengan surat keterangan dari POLRI setempat 
  10. Sehat jasmani dan rohani; 
  11. Memiliki Kartu Tanda Pencari Kerja (AK/I) dari epartemen Tenaga Kerja; 
  12. Bagi pendaftar yang telah memiliki pengalaman kerja dengan melampirkan bukti surat yang dimiliki;
Keterangan : Persyaratan nomor 4 sampai dengan 10 agar dilengkapi setelah pengumuman tahap akhir. 

III. PERSYARATAN BAGI PELAMAR OLAHRAGAWAN/PELATIH OLAHRAGA BERPRESTASI MENJADI PELATIH OLAHRAGA (FORMASI NOMOR 30) 

A. PERSYARATAN OLAHRAGAWAN BERPRESTASI
  1. warga negara Indonesia;
  2. berusia sekurang-kurangnya 18 (delapan belas) tahun dan setinggi-tingginya 35 (tiga puluh lima) tahun; 
  3. menandatangani Surat Pernyataan bermaterai cukup, yang menyatakan:  (a). tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum yang tetap, karena melakukan sesuatu tindak pidana kejahatan;  (b). tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai pegawai negeri sipil/anggota TNI/anggota Kepolisian Negara, atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta;  (c). tidak berkedudukan sebagai calon pegawai negeri sipil/pegawai negeri sipil/anggota TNI/anggota Kepolisian Negara;  (d). tidak menjadi pengurus dan/atau anggota partai politik.  (e). bersedia ditempatkan di seluruh wilayah negara Republik Indonesia atau negara lain yang ditentukan oleh pemerintah; 
  4. berkelakuan baik, yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK); 
  5. sehat jasmani dan rohani, yang dibuktikan dengan surat keterangan dokter; 
  6. bebas dari narkoba, yang dibuktikan dengan surat keterangan yang dikeluarkan oleh instansi yang berwenang; 
  7. memiliki prestasi nyata dengan medali, baik di tingkat Nasional maupun Internasional, pada :  (a). Asian Games, Olimpiade/Para Olimpic, atau Kejuaraan Asia/Dunia Senior cabang olahraga yang merupakan kalender tetap/resmi dan diselenggarakan oleh Federasi Internasional cabang olahraga, minimal Juara III/Medali Perunggu;  (b). Pekan Olahraga SEA Games/Para Games, atau Kejuaraan Regional/ASEAN Senior cabang olahraga yang merupakan kalender tetap/resmi dan diselenggarakan oleh Federasi Regional cabang olahraga, minimal Juara II/Medali Perak;atau  (c). Pekan Olahraga Nasional (PON)/Pekan Olahraga Cacat Nasional (PORCANAS), atau Kejuaraan Nasional Senior cabang olahraga yang merupakan kalender tetap/resmi dan diselenggarakan oleh induk organisasi cabang olahraga, sebagai Juara I/Medali Emas; dibuktikan dengan piagam/sertifikat atas prestasinya yang dikeluarkan oleh lembaga/induk organisasi cabang olahraga yang berwenang; 
  8. event/kejuaraan/kegiatan keolahragaan di luar tersebut pada huruf g tidak termasuk ke dalam ketentuan Peraturan Menteri ini; 
  9. memenuhi persyaratan jabatan pelatih olahraga sesuai dengan kebutuhan standar pelatih olahraga;  
  10. memiliki pendidikan formal minimal SLTA atau yang sederajat, yang dibuktikan dengan fotocopi sah ijazah/surat tanda tamat belajar;  
  11. bersedia menjadi pelatih olahraga sesuai dengan kompetensi keolahragaan yang dipersyaratkan, dibuktikan dengan surat pernyataan dari yang bersangkutan.
B. PERSYARATAN PELATIH OLAHRAGA BERPESTASI 
  1. warga negara Indonesia;
  2. berusia sekurang-kurangnya 18 (delapan belas) tahun dan setinggi-tingginya 35 (tiga puluh lima) tahun;  
  3. pengangkatan sebagai calon pegawai negeri sipil bagi pelatih olahraga berprestasi yang melebihi usia 35 (tiga puluh lima) tahun dapat dilakukan, apabila telah mempunyai pengabdian di instansi yang menunjang kepentingan nasional secara terus menerus, sekurang-kurangnya 5 (lima) tahun sebelum berlakunya Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2002 ditetapkan (17 April 2002), serta tidak boleh melebihi usia 40 (empat puluh) tahun pada saat pengangkatan sebagai calon pegawai negeri sipil;
  4. menandatangani Surat Pernyataan bermaterai cukup, yang menyatakan:  (a). tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum yang tetap, karena melakukan sesuatu tindak pidana kejahatan;  (b). tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai pegawai negeri sipil/anggota TNI/anggota Kepolisian Negara, atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta;  (c). tidak berkedudukan sebagai calon pegawai negeri sipil/pegawai negeri sipil/anggota TNI/anggota Kepolisian Negara;  (d). tidak menjadi pengurus dan/atau anggota partai politik.  (e). bersedia ditempatkan di seluruh wilayah negara Republik Indonesia atau negara lain yang ditentukan oleh pemerintah;  
  5. mempunyai kecakapan, keahlian, dan keterampilan sebagai pelatih olahraga, yang dibuktikan dengan fotocopi sah sertifikat/piagam kepelatihan yang dikeluarkan oleh induk organisasi cabang olahraga atau lembaga yang membidangi keolahragaan; 
  6. memiliki pengalaman sebagai pelatih yang menghasilkan olahragawan berprestasi baik nasional, regional maupun internasional, sebagaimana dimaksud pada Pasal 4 Ayat (2) Huruf g, yang dibuktikan dengan fotocopi sah sertifikat/piagam/surat keterangan dari induk organisasi cabang olahraga atau lembaga yang membidangi keolahragaan; 
  7. berkelakuan baik, yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK); 
  8. sehat jasmani dan rohani, yang dibuktikan dengan surat keterangan dokter; 
  9. bebas dari narkoba, yang dibuktikan dengan surat keterangan yang dikeluarkan oleh instansi yang berwenang;  
  10. memiliki integritas dan komitmen pada bidang olahraga yang dinyatakan dalam surat keterangan dari lembaga/organisasi olahraga yang berwenang; 
  11. memiliki pendidikan formal minimal SLTA atau yang sederajat, yang dibuktikan dengan fotocopi sah ijazah/surat tanda tamat belajar.
IV. PERSYARATAN KHUSUS 
  1. Pelamar berijazah Perguruan Tinggi Negeri atau PTS yang telah terakreditasi BAN PT.
  2. Memiliki Indeks Prestasi serendah-rendahnya 2,80 untuk Ijazah D-III dan 3,0 untuk Ijazah S-1 dan S2.
V. PENDAFTARAN 

A. Berkas pendaftaran harus sudah diterima panitia selambat-lambatnya tanggal 31 Oktober 2010 dengan mencantumkan KODE JABATAN dipojok kanan atas amplop dan ditujukan kepada : 

PANITIA PENGADAAN CPNS
KEMENTERIAN PEMUDA DAN OLAHRAGA FORMASI TAHUN 2010
PO.BOX 2402 JKP 10024 

Panitia hanya menerima berkas lamaran yang disampaikan melalui PO BOX tersebut di atas dan tidak menerima format penyampaian lamaran lainnya termasuk diantar langsung ke Kementerian Pemuda dan Olahraga. 

B. Kelengkapan berkas yang harus dipenuhi oleh pelamar pada waktu pendaftaran adalah:
  1. Surat lamaran ditulis tangan sendiri dengan menggunakan tinta berwarna hitam ditujukan kepada Menteri Negara Pemuda dan Olahraga;
  2. Kelengkapan lamaran :
  • a. Foto Copy ijazah dan transkrip nilai yang telah dilegalisir;
  • b. Kartu Tanda Pencari Kerja (Kartu kuning) dari Depnaker;
  • c. Bagi pelamar dengan kualifikasi pendidikan S-2 harus menyertakan Foto Copy ijazah S-1 dan transkrip nilai; 
  • d. Bagi pelamar olahragawan dan pelatih olahraga berprestasi melampirkan foto copy sertifikat/piagam/surat keterangan tentang prestasi yang dicapai yang disyahkan oleh Pengda atau Induk Organisasi cabang Olahraga dan Sertifikat Kepelatihan cabang Olahraga yang ditekuni; 
  • e. Pas Foto hitam putih ukuran (3×4) cm sebanyak 4 (empat) lembar; 
  • f. Foto Copy syah surat keputusan pengalaman kerja (apabila ada); 
  • g. Foto Copy KTP; 
  • h. Kontak person (nama dan alamat rumah serta nomor telepon yang mudah dihubungi).
VI. PELAKSANAAN SELEKSI 

A. SELEKSI TAHAP-I

Surat Lamaran yang masuk akan langsung diseleksi oleh panitia. Pelamar yang telah memenuhi persyaratan administratif akan diumumkan pada tanggal 01 November 2010 melalui website www.kemenpora.go.id dan mengambil nomor peserta ujian pada :
  • Hari : Jum’at dan Sabtu
  • Tanggal : 05 dan 06 November 2010 
  • Waktu : 09.00 – 16.00 WIB 
  • Tempat : Gedung POPKI Cibubur  Jalan Jambore No. 1 Cibubur, Jakarta Timur, Telp. (021) 87756284, 87756283. Bagi yang tidak mengambil nomor peserta ujian, dianggap mengundurkan diri.
B. SELEKSI TAHAP-II
  1. Ujian Tertulis
  • Hari, tanggal : Senin, 08 November 2010
  • Waktu : 09.00 s.d. selesai 
  • Tempat : Gedung POPKI Cibubur, Jalan Jambore No.1 Cibubur Jakarta Timur, Telp. (021) 87756284, 87756283
2. Kelengkapan yang dibawa pada waktu mengikuti seleksi :

a. Membawa KTP Asli yang masih berlaku
b. Tanda Peserta Seleksi / nomor peserta ujian
c. Karet penghapus
d. Alat tulis menulis (Pulpen, Pensil 2B)
e. Peruncing/rautan
f. Papan untuk alas menulis. 

C. SELEKSI TAHAP III / WAWANCARA

Bagi peserta yang memenuhi batas nilai minimal hasil seleksi/ujian tertulis, akan diikutsertakan dalam seleksi wawancara (maksimal satu formasi berbanding tiga peserta), sedangkan peserta tes yang tidak dipanggil wawancara adalah yang tidak lulus ujian tertulis
.
Seleksi tahap III/wawancara, akan dilaksanakan pada :
  • Hari : Senin dan Selasa
  • Tanggal : 15 dan 16 November 2010 
  • Waktu : 10.00 Wib s.d. selesai 
  • Tempat : Wisma Menpora, Jalan Gerbang Pemuda No. 3 Senayan Jakarta
Pengumuman hasil seleksi, menunggu sampai ada informasi lebih lanjut melalui website www.kemenpora.go.id

D. Lain-lain : 
  1. Panitia Tidak Memungut Biaya Apapun dari peserta;
  2. Keputusan panitia berlaku mutlak dan tidak bisa diganggu gugat; 
  3. Kementerian Pemuda dan Olahraga/Panitia Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil tidak mengadakan surat-menyurat dan tidak melayani permintaan penjelasan hasil ujian/seleksi; 
  4. Dalam seleksi Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil Kementerian Pemuda dan Olahraga ini, penilaian semata-mata didasarkan kepada kecakapan/hasil ujian masing-masing pelamar; 
  5. Surat lamaran yang sudah masuk ke panitia, dengan alasan apapun tidak dapat diminta kembali, oleh karenanya Panitia tidak melayani permintaan kembali atas berkas lamaran baik langsung maupun melalui surat; 
  6. Bagi yang dinyatakan lulus harus menyertakan hasil test bebas narkoba dari Rumah Sakit Pemerintah; 
  7. Peserta yang dinyatakan lulus seleksi wajib menunjukkan ijasah asli pendidikan terakhir untuk diperiksa; 
  8. Pengumuman ini dapat diakses melalui website www.kemenpora.go.id
Apabila ada kekeliruan dalam pengumuman ini akan diadakan perbaikan sebagaimana mestinya. 

Catatan :  Penerimaan berkas lamaran akan dihentikan sewaktu-waktu apabila jumlah pelamar telah melampaui batas tempat yang disediakan. 

Dikeluarkan di : Jakarta
Pada tanggal : 25 Oktober 2010
Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga,
TTD
Drs. Wafid Muharam, M.M.
NIP. 19600709 198803 1 001

Please Read This For Peace
(Mohon Baca Ini, Demi Persahabatan)




Disclaimer

I don't and never claim ownership or rights over images published on my blog unless specified.
All images are copyright of their respected creators. If any images that appear on my blog are in violation of copyright law, please contact me on my Chat Box/Guest Book or via my e-mail (maksumhamid [at] trenggalekjelita [dot] web [dot] id) and I will remove the offending pics as soon as possible.

Thank You So Much All Guests and Blogger Friends

I greatly appreciate your kindness to visit my blog and,
in return, I promise I will pay my own visit to your blogs or your sites as soon as possible.; Insyaallah, through this sort of social amiability and solidarity, we could find out a great
deal of thing which will be useful for advancing our human values.
For the sake of friendship and togetherness, please leave a sign of your presence on myChat Box/Guest Book or on comment, so that I can know it precisely and instantly.


Yours sincerely and best regard.
[Lina CahNdeso]

Categories

Senandung Kawula Alit (280) PNS dan Birokrasi (256) Artikel (223) Info (213) Pendidikan (163) Lowongan Kerja (162) Sains-Teknologi Informasi (151) Sejarah Trenggalek (145) Pembangunan (90) Politik (86) Bagi Pahlawan Kemerdekaan (83) Islam (70) Pra-Anggapan (70) Agamaku (69) Kriminal (69) UU-Peraturan (63) Anti Korupsi (60) Catatan Budaya (58) Antik dan Klasik (57) Olahraga (56) Numpang Niwul (54) Cinta dan Kasih Sayang (42) BisnisOnline (37) Tanggung Jawab dan Profesionalisme (37) Software (36) Biografi Tokoh Seni/Sastra Indonesia (35) Sains-Teknologi (32) Biografi Tokoh Peraih Nobel (31) PTC (31) Legeslatif (30) Mesum (27) Palestina (27) Kesehatan (25) Info Beasiswa (24) Thiwul-Manco-Rengginang (22) Zionist (22) Artikel-Copas (21) Flora/Fauna (21) Trik dan Tips Blogging (21) Bencana Alam (20) Langka (20) Selebritis/Tokoh (19) Pariwisata (18) Piala Dunia 2010 (18) Kasus Korupsi (16) Sejarah Dunia (16) English Version (13) Antik dan Klasik. Dongeng (11) Fakta Unik (11) Berita CPNS (9) Fauna (8) Idul Fitri (8) Bencana (6) Bonsai (6) Film (6) Office (6) Poetry (6) Eksekutif (5) My Award (5) Antivirus (4) Biografi Tokoh Lokal (4) Kabinet (4) Puisiku (4) Guest Book (3) Lomba (3) Musibah (3) Polisi (3) Affiliasi Bisnis (2) Bank (2) Biografi Tokoh Seni/Sastra Indonesia (English) (2) Ekonomi/Keuangan (2) Iklan/Pariwara (2) KIB Jilid 2 (2) Mbah Surip (2) Merapi (2) Musik (2) Pelantikan Presiden (2) Taxi (2) lebaran (2) Adipura (1) Alexa (1) Banner Sahabat (1) Biografi Tokoh Seni/Sastra Lokal (1) Catur (1) Cerpen (1) Daftar Posts (1) Dewa Ruci (1) Forex-JSS-JBP (1) GTT (1) Game (1) Google Sandbox (1) Hari Jadi (1) Irshad Manji (1) Jamu Tradisional (1) Jelajah Sepeda-Kompas (1) Jimat Trenggalek (1) Judi/Togel (1) Kuliner (1) Malaysia (1) Maria Verchenova: Russian golferMaria Verchenova: Russian golfer (1) Moammar Khadafi (1) Parcel (1) Perempuan (1) Pers (1) Pramuka (1) Psikologi (1) Resensi Buku (1) Sepak Bola (1) Sumpah Pemuda (1) TNI (1) Tradisional (1)
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes

Back To Top