Senin, 31 Mei 2010

Delapan Gerbang Menuju Sukses



Oleh: Nurul Fitry Azizah

Siapa saja yang kamu anggap sukses? Bill Gates, bos Microsoft yang pintar dan kini jadi orang super kaya di muka bumi ini, proklamator negara kita Bung Karno yang karismatik, atau orangtua kamu sendiri?

Ternyata keberhasilan hidup yang mereka capai saat dewasa tidak datang dengan sendirinya, lo. Perlu modal untuk meraihnya, seperti kerja keras, pantang menyerah, dan sikap positif lain yang tidak akan datang sekonyong-konyong tanpa dibarengi upaya memupuknya saat kita masih belia.

Beruntung, saya ikut SuperCamp Juni tahun lalu. Bersama lebih dari 50 anak lainnya, di sana saya belajar delapan kunci keberhasilan. Kami tidak sekedar mendapat ceramah atau kuliah yang membosankan, tetapi mempraktekkannya langsung. Karena itu kami tidak cuma tahu, tapi juga paham bagaimana mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

Delapan kunci itu terdiri dari integrity, failure leads to success, speak with good purpose, this is it, commitment, ownership, flexibility, dan balance.

Kegagalan membimbing menuju kesuksesan dan tidak boleh menyerah, sepertinya konsep yang sederhana. Tapi, apakah kita dapat melaksanakannya saat kita terpojok di tengah masalah pelik yang membuat kepala pecah? Tentu saja kita bisa melakukannya, siapapun bisa melakukannya, asal mau!

Berkat kunci-kunci itu, pada hari kedua, setiap kelompok, tentunya juga kelompokku, terus berusaha mencoba membuat menara kertas yang lebih tegak dan lebih tinggi lagi. Walau terlihat mustahil atau nyaris tidak akan berhasil.

Kita berbicara dengan tujuan baik untuk mencegah setiap anak saling ejek. Malah, hal itu menjadi bahan lelucon. Misalnya, jika ada anak yang kepleset lidah, pasti ada yang bilang, “Eits, spik-wit-gud-purpos!”

Inilah saatnya atau This is It! Untuk menyakinkan diri melakukan sesuatu saat waktunya telah tiba. Seperti waktu outbound, semua anak nyaris berhasil mencoba seluruh tantangan high-rope berkat mengaplikasikan kunci itu.

“Yes, I can.” Kalau Ken, pengajar kami, yang ngomong itu, lucu jadinya.

Komitmen sendiri berarti kita teguh dan yakin pada apa yang kita tuju. Jangan melakukan hal di luar prioritas. Berkat kunci itu, semua anak termasuk yang tadinya dipulangkan, berhasil lulus bersama-sama di hari kesepuluh!

Yang dimaksud kepemilikan disini bukan cuma barang milik kita, melainkan bertanggungjawab pada perbuatan dan sikap kita dalam menanggapi atau melakukan sesuatu.

Fleksibilitas berarti ada lebih dari satu cara dalam mencapai tujuan. Jangan terpaku hanya pada satu di antaranya. Misalnya tadi, membuat menara kertas, lalu diperkuat dengan HVS, dibuat kakinya, ada penyangganya, dan seterusnya. Lagi pula, dengan 100 kepala, berarti 100 pemikiran.

Kita pasti memiliki cara yang lebih cocok dengan diri sendiri dan tak ada cara yang salah, kecuali menyontek tentunya, he… he..

Yang terakhir, keseimbangan. Harus ada keseimbangan mengatur waktu. Apa kita terlalu banyak belajar, hangout, atau main. Yang penting waktu tidak terbuang percuma, tapi kita juga tidak menantang batas kemampuan otak dan tubuh kita.

Selain delapan kunci itu, khusus buat berkomunikasi, kita juga diajarkan OTFD. Observe, berarti kita mengamati keadaan dan mengungkapkannya pada orang yang kita tuju menggunakan indera kita. Think, berarti pemikiran atau pendapat atas apa yang kita amati. Feeling, perasaan kita pada apa yang kita amati. Desire, berarti apa yang kita inginkan. Keempat kunci itu ampuh membuka hubungan atau mengobservasi kesalahan orang lain. Dengan kemampuan itu, kita jadi lebih sensitive sehingga orang lain akan nyaman berinteraksi dengan kita. Punya banyak teman, pasti menyenangkan bukan?

Sumber: Koran Media Indonesia



Antara Orangtua, Anak dan Buku


Saya masih ingat betapa saya sangat ingin berubah setelah membaca sebuah buku pelajaran (mata pelajaran PKK). Di situ ada seorang tokoh yang seusia dengan saya dan diceritakan sebagai anak yang rajin dan pintar. Bangun pagi, beresin tempat tidur, nyapu halaman, makan, sekolah, belajar, dan seterusnya. Pokoknya perfect banget dech !

Waktu itu saya sangat terinspirasi dan ingin meniru sang tokoh tersebut. Saya lalu mulai dengan berusaha bangun pagi dan selalu membereskan kamar serta menjaga kerapihan barang-barang. Orangtua sampai heran dengan perubahan itu.
Juga masih terbayang jelas di ingatan saya buku komik wayang yang dibelikan oleh orangtua saya. Pengarangnya RA Kosasih. Ceritanya mulai dari silsilah Pandawa sampai Perang Baratayudha, dan diakhiri dengan Pandawa Seda. Bahkan ada lanjutannya yaitu Parikesit. Dengan membaca cerita-cerita di buku itu, saya dan Bapak bisa berdiskusi. Mulai menanyakan senjata-senjata sakti para tokoh, membahas kelakuan para tokoh, sifat, sampai pada aplikasi sederhana dalam kehidupan (tentu saja untuk usia saya). Kalau sudah berbicara wayang, wah bisa panjang dan lama. I really loves wayang !

Sekarang saya menyadari bahwa sebuah buku bisa menjadi jembatan atau sarana untuk berkomunikasi dengan anak. Dalam posisi saya sebagai orangtua dari 3 anak saat ini, saya sadar betul tanggung jawab yang saya pikul tidaklah ringan. Apa yang saya lakukan terhadap anak saat ini akan menentukan bagaimana anak saya nanti memperlakukan cucu saya. Dan salah satu hal yang sangat saya pentingkan adalah penanaman nilai pada anak. Saya yakin bahwa kalau anak punya nilai yang sudah terinternalisasi dalam dirinya maka dia akan lebih survive nantinya.

Proses internalisasi biasanya dilakukan melalui diskusi, bincang-bincang atau aktivitas komunikasi interpersonal lainnya. Hal ini mau tidak mau membutuhkan sebuah sarana komunikasi. Dan saya kira buku bisa menjadi salah satu sarana atau jembatan untuk anak berkomunikasi dengan orangtuanya. Selain itu masih banyak lagi manfaat yang bisa dipetik dari sebuah buku, khususnya dalam proses tumbuh kembang anak.

Bagaimana buku bisa membantu proses pendampingan anak?

Melalui buku orangtua dapat mengenalkan aspek-aspek pendidikan atau nilai-nilai tertentu pada anak, seperti: nilai-nilai baik dan jahat, nilai persahabatan, pantang menyerah, dsb. Misalnya dalam cerita Cinderela, kita diajarkan untuk tidak mudah putus asa, tetap punya harapan, dsb. Dalam kisah 5 Sekawan, tergambar dengan jelas soal persahabatan, bagaimana berpikir kreatif dan logis. Buku Laskar Pelangi juga mengedepankan nilai perjuangan, sementara kisah Harry Potter memaparkan nilai kebaikan selalu menang atas kejahatan, dst.

Buku juga bisa menjadi sarana pembentukan karakter anak. Melalui cerita yang dituturkan anak bisa punya model yang akan diteladani. Misal : ingin menjadi seperti Lintang yang gigih dalam berjuang, ingin seperti Senopati Pamungkas yang gagah berani, atau menjadi seperti Yudistira yang bijaksana. Wah macam-macam dech.

Buku bisa menjadi sarana membangun kedekatan emosional atau keakraban antara orangtua dan anak. Saya pernah lihat seorang ayah dengan anaknya cekikikan bareng baca komik Tintin, Asterix atau Smurf. Atau seorang ibu yang bercerita sangat seru dengan anaknya tentang kantong ajaibnya Doraemon. Bahkan ada ibu yang mengaku bahwa anaknya sudah berumur cukup besar, tetapi tetap minta dibacakan buku oleh orangtuanya (didongengkan).

Buku yang dibacakan orangtua (didongengkan) bisa menjadi sarana yang sangat baik untuk melatih daya imajinasi anak. Mulai dari membayangkan wajah tokoh Hagrid, membayangkan indahnya pemandangan puncak gunung di cerita Heidi, bagaimana bentuk rumah dari coklat dan biskuit Hanzel and Gretel…wah seruu banget dech.

Jika kita ingin menjadikan buku sebagai sarana komunikasi dengan anak, apa sih tantangannya?

Nah ini dia. Ada anak-anak yang tidak tertarik dengan buku dan lebih suka liat televisi atau film. Alasan mereka sederhana. Tinggal duduk, lihat dan dengar sudah terhibur. Buku kadang-kadang harus mikir, konsentrasi, capek dech intinya. Jadi salah satu tantangannya adalah kita harus bersaing dengan media lain, seperti televisi, permainan PS, film DVD, dsb.

Untuk bisa memanfaatkan buku, orangtua mau tidak mau juga harus membaca bukunya. Berarti ini orangtua harus menyediakan waktu untuk membaca (setidak-tidaknya membaca referensinya), atau bisa juga mengandalkan memorinya (kalau dulu sudah pernah baca). Ini adalah tantangan lain yang dihadapi orangtua.

Untuk beberapa orangtua, harga buku tidak murah. Buku yang baik dan laku di pasaran biasanya harganya cukup mahal. Salah satu solusinya adalah mencari di pasar buku bekas atau menunggu waktu diskon tiba. Selain itu buku juga membutuhkan tempat penyimpanan (rak buku) yang juga perlu dipikirkan ketersediaan ruangan dan biayanya.

Kapan usia terbaik memperkenalkan buku?

Sedini mungkin, usia setahun sudah dapat diperkenalkan buku, bahkan sejak masa kehamilan, ibu dapat mengajak berkomunikasi dengan bercerita kepada bayi yang ada dalam kandungan. Karena kordinasi motorik belum baik, berikan buku dari plastik (yang bisa dibawa mandi), atau buku yang kertasnya tebal sekali. Buku ini akan sulit dirusak oleh anak-anak seusia mereka. Usahakan pilih yang berwarna-warni.

Selain itu yang perlu juga diperhatikan oleh orangtua adalah jenis cerita apa yang akan diperdengarkan kepada anak terkait dengan usianya. Cerita yang kompleks dan panjang, serta mengandung banyak muatan emosi sebaiknya jangan diberikan pada anak-anak yang masih SD.

Pada usia dini (umur setahun hingga tiga tahun) anak-anak sudah dapat menangkap isi sebuah cerita. Pilihlah cerita yang tidak terlalu panjang, tidak terlalu kompleks, tapi menarik. Sebaiknya banyak gambarnya daripada teks. Misal : si Kancil, Petualangan Dora, dsb. Tentu saja yang harus membacakan isi cerita adalah orangtuanya.

Pada usia antara 3 hingga 6 tahun, anak sudah dapat distimulasi untuk melatih daya khayalnya melalui cerita. Usia ini sangat penuh dengan brbagai imajinasi (mereka kita mereka bisa terbang), dan penuh dengan berbagai kemungkinan tidak terbatas (mereka pikir merek bisa bicara dengan binatang atau bernapas di bawah laut seperti Putri Duyung). Mereka juga sudah mampu mencerna cerita yang agak panjang dengan sedikit muatan emosi. Cerita-cerita karangan Hans Christian Andersen boleh untuk diperkenalkan.

Apabila anak menginjak usia 7 tahun ke atas, orang tua sebaiknya menggalakkan anak untuk membaca sendiri cerita-cerita dalam buku, komik atau majalah kesukaannya. Mereka juga suka mendengarkan cerita masa lalu orangtua atau eyangnya. Remaja boleh baca novel dan buku-buku yang agak kompleks ceritanya, atau buku buku pengembangan pribadi, kesehatan, dsb.

Bagaimana cara menggunakan buku untuk berkomunikasi?

Pertama-tama harus ditumbuhkan budaya menyukai buku di rumah. Ini penting untuk memulai sebuah kebiasaan bersama yaitu membaca. Kalau budaya ini sudah ada, maka baru buku bisa jadi sarana untuk berkomunikasi dengan anak. Caranya bisa dengan sediakan buku sebanyak mungkin, saring yang tepat untuk anak, pajang di tempat yang mudah diakses. Tunjukkan bahwa kita juga suka membaca apa saja, kapan saja. Jadikan buku sebagai hadiah ulang tahun. Kabulkan permintaan anak untuk beli buku daripada beli jajanan atau mainan.

Setelah itu coba amati buku apa yang sering dibaca oleh anak kita. Pelajari sedikit. Baca buku itu secara mandiri atau waktu anak sedang membaca tanya-tanya pada dia. Dengan demikian kita mencoba membuka jalur komunikasi dengan dia melalui hal yang dia sukai. Hati-hati jangan sampai merusak mood membacanya.

Komunikasi melalui buku juga bisa dilakukan dengan membacakan buku pada anak (yang belum remaja) menjelang tidur. Juga dengan mendiskusikan isi buku pada anak, atau menebak akhir cerita bersama anak. Diskusi bisa tentang kelakuan tokoh, kepandaian si tokoh (misal : dalam kisah misteri da vinci code), sifatnya (baik tapi judes, lemah lembut tapi culas) dsb.

Jadi bagaimana, bersediakah Anda memanfaatkan buku untuk berkomunikasi dengan anak ?

Minggu, 30 Mei 2010

Visi Misi Cabup Trenggalek 2010-2015

Bagi Saudara-saudaraku yang pada tanggal 2 Juni 2010, Rabu tiga hari lagi, akan memberikan suaranya dalam Pemilukada Trenggalek, kiranya dapat menganalisa visi misi dari ketiga pasangan calon Bupati kita tersebut melalui postingan ini. Selanjutnya, apabila kelak, sewaktu salah satu pasangan terpilih menjadi Bupati/Wakil Bupati, ternyata menyimpang dari visi misinya, Saudara-saudaraku warga Trenggalek dapat melakukan protes baik secara perorangan maupun organisasi dengan prosedur "Nggalek-an" atau melalui hirarki politik masing-masing.

Maksud saya dengan "Nggalek-an", artinya adalah secara kekeluargaan yang kompromistis, sopan dalam bicara, santun dalam menyampaikan. Bila melalui hirarki politik, iya lakukan aja sesuai dengan deal-deal yang sudah disepakati.

Mulyadi-Kholik ketika di Kandang PDI-P beberapa waktu lalu dengan tegas siap memenuhi tuntutan Partai yang mendukungnya, yang intinya akan berusaha semaksimal mungkin untuk mensejahterakan masyarakat Trenggalek. Kemudian daripada itu, bila ternyata keduanya menyelewengkan kepercayaan para pemilihnya (tidak memenuhi janji-janji yang tertuang dalam visi misi), Mulyadi WR dan Kholik bersedia mundur dari jabatan eksekutif, kapanpun diminta oleh warga!

Tidak percaya? Buktikan saja! (CahNdeso).

MISI Pasangan Nomor Urut Satu (1), Soeharto-Samsuri (HARSAM)

Secara umum, visi yang diusung pasangan nomor urut satu (1) ini adalah mewujudkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Trenggalek melalui ‘PELAYANAN PRIMA’ di semua bidang sendi kehidupan menuju masyarakat yang semakin mandiri, maju, dan mapan berdasarkan iman dan taqwa.

Untuk mewujudkan visi tersebut, misi yang kemudian dicanangkan pasangan yang mengusung slogan Trenggalek Maju Mapan (T-5758) ini dalam 100 hari pertama pemerintahan dibagi dalam dua agenda utama. Pertama menyelesaikan/melanjutkan program APBD 2010 yang telah dicanangkan bupati lama, kedua menyusun RAPBD 2011, RPJP dan RPJMD serta laporan LPJKJ dan LPJ. Secara lebih terperinci,

HarSam melalui visi-misi yang disampaikannya menawarkan empat fokus program pembangunan yang akan menjadi prioritas pemerintahannya selama lima tahun ke depan (2010-2015). Yakni program pembangunan bidang kesehatan, pendidikan, perekonomian, aparatur pemerintah, serta keimanan dan ketaqwaan. Pada bidang kesehatan, HarSam berjanji untuk meningkatkan sarpras pelayanan kesehatan, meningkatkan pola hidup sehat dan bermartabat melalui program STBM. Selain itu, HarSam juga berjanji untuk meningkatkan pelayanan kesehatan prima untuk keluarga miskin (gakin) melalui program Jamkesmas.

Untuk bidang pendidikan, HarSam menitikberatkan program kerjanya pada percepatan sertifikasi guru serta peningkatan profesionalisme guru, mensukseskan program wajib belajar 12 tahun, melek huruf/bebas buta aksara, memberikan beasiswa bagi siswa berprestasi dari keluarga miskin, memfasilitasi sekaligus memberi bantuan pembinaan pendidikan formal dan nonformal (pondok pesantren), serta meletarikan seni-budaya.

Selain dua bidang itu, pemilik nomor urut satu (1) ini juga memberikan perhatian ekstrakhusus pada program-program kebijakan ekonomi (perekonomian). Misalnya di sektor pertanian, pasangan yang diusung sembilan parpol ini berjanji meningkatkan surplus produksi beras, membina kelompok tani, menjadikan Trenggalek sebagai pusat produksi dan pelatihan ‘mocaf’, serta membentuk kawasan agrobisnis di Trenggalek. Di sektor perkebunan dan kehutanan, penekanan kebijakan pembangunan dicurahkan untuk meningkatkan sarana dan prasarana (sarpras) perkebunan dan kehutanan, peningkatan kapasitas bibit dan hasil produksi, mengembangkan kakao rakyat dan mempertahankan cengkeh rakyat, pengembangan hutan rakyat dan hutan masyarakat, serta memfasilitasi LMDH. Bidang peternakan,

Soeharto berjanji untuk membantu bibit ternak unggul serta bibit pakan ternak unggul untuk masyarakat, membangun sarpras pengoalahan susu dan kotoran ternak sapi menjadi biogas. Hal yang sama juga akan mereka lakukan di sektor perikanan dengan memberikan bantuan peralatan bagi nelayan tradisional serta membangun sarpar bagi pembangunan ekonomi masyarakat pesisir. Bidang perekonomian rakyat dan unit usaha kecil, Soeharto berjanji untuk meningkatkan ADD, optimalisasi BUMDES, subsidi bunga untuk UMKM, dan meningkatkan kualitas SDM. Bidang aparatur, Soeharto-Samsuri menekankan pentingnya pengembangan SDM aparatur guna meningkatkan layanan umum. Terakhir bidang keimanan dan ketaqwaan juga menjadi landasan misi Soeharto Samsuri. Wawasan multikultural serta pembentukan jaringan komunikasi antarumat beragama, meningkatkan bimbingan keagamaan bagi masyarakat dan aparatur serta mempererat solidaritas maupun ikatan sosial masyarakat

VISI MISI Pasangan Nomor Urut Dua (2), Mahsun Ismail-Joko Irianto (MAHIR)

Visi yang selalu disuarakan oleh pasangan nomor urut dua (2) ini adalah “MELAYANI LEBIH BAIK”. Maksudnya, melayani lebih baik merupakan substansi dari tugas pemerintah untuk bisa memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakatnya. Karena sesungguhnyalah yang dibutuhkan masyarakat bukan sekedar bantuan dari pemerintah, tetapi juga pelayanan yang lebih baik.

Dalam banyak kasus, kata Cabup Mahsun Ismail dalam beberapa kali kesempatan, masyarakat sebenarnya sudah memiliki potensi, hanya saja potensi itu belum tersalurkan secara optimal karena kurangnya pelayanan dari pemerintah untuk memberdayakannya. Bagi MAHIR, MELAYANI LEBIH BAIK merupakan wujud dari cita-cita sebuah generasi untuk lebih baik dibandingkan dengan angkatan sebelumnya. Hari ini harus lebih baik disbanding hari kemarin, apalagi dibidang pelayanan yang merupakan substansi dari tugas pemerintah pada masyarakatnya.MELAYANI LEBIH BAIK adalah roh, sekaligus semangat birokrasi di erak sekarang ini.

Misi MAHIR, meningkatkan pelayanan pemenuhan kebutuhan masyarakat, utamanya bidang pendidikan dan kesehatan dengan meningkatkan profesionalisme personil dan mempermudah akses menuju lokasi pusat-pusat pendidikan dan kesehatan. Selain itu, MAHIR juga menekankan pentingnya peningkatan pemenuhan kebutuhan masyarakat melalui optimalsiasi sektor pertanian dalam artis luas. Misalnya dengan memberdayakan peran dan fungsi petani agar bisa lebih mandiri dalam setiap upaya meningkatkan kesejahteraannya. Yang tak kalah penting menjadi program kerja yang ditawarkan MAHIR adalah masalah peningkatan peran serta generasi muda dan perempuan agar lebih banyak berperan dalam kegiatan pembangunan di segala bidang. Memperkuat pembangunan pedesaan sebagai tulang punggung daerah merupakan misi ketiga yang ingin mereka capai dengan cara mengoptimalkan pemberdayaan masyarakat serta infrastruktur pedesaan. Untuk mencapai semua itu, peningkatan kualitas dan kapasitas layanan oleh aparatur pemerintahan tentu menjadi kebutuhan mutlak.

Oleh karena itulah MAHIR dalam penyampaian visi-misinya tidak ketinggalan menekankan masalah tersebut. Mahsun dan Joko Irianto berjanji pemberdayaan peran serta seluruh jajaran aparaturnya selama lima tahun masa pemerintahannya ke depan dengan menegaskan fungsi perencanaan maupun fungsi . Terakhir yang menjadi penekanan MAHIR adalah pemanfaatan secara optimal tetapi tetap seimbang setiap potensi sumber daya alam dan pariwisata untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara luas di Kabupaten Trenggalek.

Visi-Misi Pasangan Nomor Urut Tiga (3) DR.Ir Mulyadi WR, MMT dan Kholiq, SH, MSi (MK)

Visi yang diusung mantan bupati Trenggalek periode 2000-2005 yang kini mencalonkan kembali dengan menggandeng ketua DPC PKB Trenggalek, Kholiq, ini adalah “Perubahan menuju terwujudnya masyarakat Trenggalek yang jauh lebih sejahtera dan tetap berahlak” Visi perubahan yang diusung pasangan nomor urut tiga (3) ini kemudian diterjemahkan melalui misi pemerintahannya ke depan yang mengadopsi kebijakan pembangunan yang lebih berpihak pada rakyat (PEMBANGUNAN PRORAKYAT). Baik visi maupun misi yang acapkali disosialisasikan Mulyadi maupun kholik ini memang terkesan singkat dan padat.

Namun keduanya berdalih, visi-misi tersebut sangat berisi karena memang dua poin itu yang sangat diinginkan amsyarakat Trenggalek. “Kami tidak akan banyak mengumbar janji, tapi bukti,” kata Mulyadi dalam banyak kesempatan kampanyenya. Untuk mencapai semua itu, ada sembilan (9) misi utama yang ingin dikerjakan pasangan Mulyadi WR, MMT dan Kholiq, SH, Msi selama lima tahun masa pemerintahannya ke depan. Sembilan misi utama itu adalah:

  1. percepatan reformasi birokrasi dan meningkatkan pelayanan publik agar bisa menuju sebuah sistem pelayanan prima.
  2. meningkatkan percepatan pertumbuhan ekonomi yang berkualitas dan berkelanjutan terutama melalui pengembangan indsutri kecil serta pembangunan dan penyediaan infrastruktur pertanian dan pedesaan.
  3. meningkatkan aksebilitas dan kualitas pelayanan kesehatan dan pendidikan terutama bagi masyarakat miskin.
  4. memperluas lapangan kerja, yaitu dengan meningkatkan efektivitas penanggulangan kemiskinan dan memberdayakan ekonomi rakyat, terutama kelas menengah ke bawah.
  5. penguatan pemerintah desa melalui perimbangan keuangan serta stimulasi percepatan pembangunan infrastruktur di desa-desa.
  6. meningkatkan kualitas kehidupan dan peran perempuanserta terjaminnya kesejahteraan gender.
  7. meningkatkan kualitas kesalehan social demi terjaganya harmoni sosial.
  8. mengoptimalkan sumber daya daerah.
  9. memelihara kualitas dan fungsi lingkungan hidup serta meningkatkan perbaikan pengelolaan sumberdaya alam dan penataan ruang.
Terakhir dalam visi-misinya Mulyadi menegaskan, implementasi 9 misi utama pembangunan Kabupaten Trenggalek 2010-2015 itu akan dijalankan melalui lima (5) strategi pokok pembangunan, yaitu: PELAYANAN PRIMA, PERLUASAN LAPANGAN KERJA, MENINGKATKAN KUALITAS KEHIDUPAN DAN PERAN SERTA TERJAMINNYA KESETARAAN GENDER, MENINGKATKAN KUALITAS KESALEHAN SOSIAL DEMI TERJAGANYA HARMONI SOSIAL, MENGOPTIMALKAN SUMBER DAYA DAERAH, SERTA MEMELIHARA FUNGSI DAN KUALITAS LINGKUNGAN HIDUP SEKALIGUS MENINGKATKAN PERBAIKAN PENGELOLAAN SUMBERDAYA ALAM DAN PENATAAN RUANG.

(sumber : kpud)




Rano Karno, Jalan Kaki Demi Pasangan MK


Trenggalek (prigibeach.com) - Rano Karno, pemeran film "Si Doel Anak Sekolahan", rela berjalan kaki sekitar lima kilometer untuk mendukung pasangan calon bupati dan wakil bupati, Mulyadi WR-Abdul Kholik, dalam kampanye terakhir Pilkada Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, Sabtu.

Wakil Wali Kota Tangerang, Banten, itu tidak sendiri, namun didampingi ratusan kelompok seni dan pendukung pasangan Mulyadi-Kholik. Akibatnya situasi lalu lintas di kota kecil itu macet total. "Saya datang ke Trenggalek khusus untuk mendukung Pak Mulyadi dalam Pilkada," kata Rano Karno.

Awalnya, aktor yang juga politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu tidak direncanakan berjalan kaki sejauh lima kilometer. Demikian juga dengan Mulyadi dan Kholik.

Panitia kampanye telah menyiapkan sejumlah delman hias untuk mengarak mereka keliling kota kecil itu, termasuk sejumlah pengurus DPP PDIP dan DPD PDIP Jatim serta Ketua DPW Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jatim Imam Nahrowi.

Namun karena sambutan masyarakat luar biasa, apalagi di antara mereka ingin bersalaman serta foto bersama, Rano Karno pun memilih berjalan kaki.

Meskipun harus berjalan hingga lima kilometer jauhnya, mereka tetap bersemangat hingga rombongan karnaval itu menyentuh garis finis di Alun-alun Trenggalek.

Usai mengikuti kegiatan karnaval, Rano Karno yang mengenakan pakaian santai sempat mengeluhkan kakinya terasa pegal-pegal.

"Wah, kirain cuma dekat saja. Tidak tahunya jauh juga," kata Rano Karno disambut tawa sejumlah koleganya yang sama-sama kelelahan setelah berjalan kaki.

Secara keseluruhan, kampanye hari terakhir yang jatuh pada giliran pasangan Mulyadi-Kholik berlangsung meriah. Pasangan nomor urut 3 yang diusung koalisi PDIP-PKB tersebut memulai kampanye terakhirnya itu secara terpisah.

Mulyadi mengawali kegiatan sosialisasi dan kampanye di Kecamatan Panggul, daerah paling selatan Kabupaten Trenggalek, sedangkan Kholik memulai kampanye di Kecamatan Durenan, wilayah paling timur.

Keduanya bergerilya dengan menyisir pasar-pasar tradisional untuk meraih simpati masyarakat. Mulyadi didampingi Rano Karno serta sejumlah pengurus DPP PDIP dan DPD PDIP Jatim, sementara Kholik yang menjabat Ketua DPC PKB Trenggalek didampingi Imam Nahrowi.

Startegi penggalangan massa dari daerah pinggir tersebut cukup ampuh. Terbukti, di setiap lokasi kampanye, kedua rombongan mendapat sambutan hangat dari warga.

Mereka kemudian bertemu di Trenggalek, tepatnya di markas DPC PDIP "Kandang Banteng" untuk selanjutnya bergabung dengan rombongan kelompok seni pendukung pasangan tersebut melakukan pawai keliling kota.



Sabtu, 29 Mei 2010

Romo Mangun, Pendekar Rakyat Jelata


JB MANGUNWIJAYA, lebih dikenal dengan panggilan Romo Mangun,lelaki bernama lengkap Jusuf Bilyarta Mangunwijaya ini adalah seorang Kolumnis yang produktif, novelis dan budayawan kondang yang juga arsitektur jempolan. Ia adalah rohaniwan Katholik yang terkenal dekat dengan rakyat kecil. Hidupnya berada di tengah-tengah perkampungan rakyat miskin di tepian Kali Code Yogyakarta.

Jusuf Bilyarta Mangunwijaya lahir pada tanggal 6 Mei 1926 di Ambarawa, Jawa Tengah. Anak sulung beradik 11 dari pasangan Yulinus Sumardi Mangunwijaya dengan Serafin Kamdinah. Jusuf Bilyarta adalah nama baptisnya yang disingkat JB. Ia terlahir di tengah-tengah keluarga Katholik yang taat.

Mangunwijaya menamatkan Sekolah Dasar (SD) di Magelang Jawa Tengah, tamat tahun 1943. SMP ia tempuh di Yogyakarta dan lulus tahun 1947 dan SMA juga di kota yang sama diselesaikan tahun 1951. Mangunwijaya masuk ke Perguruan Tinggi Filsafat Theologia Santo Paulus di Yogyakarta selesai tahun 1959 dan ditahbiskan menjadi seorang Pastor atau Romo. Karena statusnya ini ia kemudian akrab disapa Romo Mangun.

Tahun 1960 Mangunwijaya pergi ke Jerman untuk menuntut ilmu di Reinich Westfaeilsche Techniche Hochschule di Achen. Ia juga pernah memperdalam ilmu di Fellow Aspen Institute for Humanistic Studies, di Aspen Colorado Amerika Serikat (AS). Sepulang dari luar negeri ia menjadi dosen luar biasa di jurusan Arsitektur Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta, disamping pekerjaannya sebagai rohaniwan, kolumnis, novelis, dan arsitektur bebas di Keuskupan Agung Semarang. Sebagai arsitek Mangunwijaya telah membuat banyak rancangan diantaranya sejumlah lima rumah ibadah di Jawa Tengah dan DIY serta bangunan Markas Kowilhan II di Yogyakarta. Sebagai cendikiawan ulung Mangunwijaya menguasai dengan fasih beberapa bahasa seperti Inggris, Perancis, Jerman, Belanda, Latin, Spanyol dan tentu saja bahasa Jawa dan Indonesia.

Kemampuannya menguasai bahasa itu mengantarkannya berkeliling ke berbagai belahan dunia diantaranya Cina, beberapa negara bagian di Uni Soviet, serta banyak negara di Eropa dan Amerika, untuk mempelajari sejarah dan kebudayaan mereka. Disamping itu Mangunwijaya juga rajin membaca buku-buku tentang budaya dan sejarah bangsa-bangsa. Berbekal pengetahuan yang maha luas itulah ia lantas berkecimpung di dunia sastra, dunia tulis menulis.

Tahun 1970-an Mangunwijaya mulai menulis kolom di surat kabar. Tulisannya dinilai berbobot dan memiliki dampak sosiologis yang kuat. Para penerbitpun tanggap dan membukukan kolom-kolomnya ke dalam bentuk buku. Nama JB Mangunwijaya pun melambung sejajar dengan nama-nama penulis papan atas di kancah sastra Indonesia modern seperti Umar Kayam, Achdiat Kartamiharja, Idrus dan lain-lain. Satu hal yang menjadi keunggulan Mangunwijaya adalah tokoh-tokoh yang diangkatnya adalah figur manusia biasa atau rakyat jelata.

Novel-novel Mangunwijaya dinilai sebagai anti kepahlawanan, tetapi sebaliknya ia mengangkat orang kecil sebagai pahlawan. Karya-karya non-fiksi Mangunwijaya pun mengatasi konvensi primordialisme agamanya. Ia menjelajahi peradaban Barat dan Timur sampai ke akar-akarnya. Agar pengetahuannya kian dalam Mangunwijaya rajin melakukan kontemplasi. Cara demikian menghasilkan karya tulis yang berwawasan luas, dalam dan universal. Ungkapan-ungkapannya rendah hati namun sarat kebijaksanaan. Tulisannya tentang agama tak hanya mengangkat tema agama Katholik saja, melainkan nafas religius umat manusia dalam perkembangan peradaban.

Mangunwijaya melahirkan banyak karya yang diterbitkan dalam bentuk buku, baik fiksi maupun non fiksi. Sebagai pastor yang dekat dengan masyarakatnya Mangunwijaya memilih tinggal bersama warga bantaran Kali Code Yogyakarta. Ketika banjir melanda Kali Code, ia bersama warga setempat bahu membahu membuat tanggul. Kepada warganya yang memiliki banyak waktu luang ia mengajarkan ketrampilan mengolah bekicot menjadi kripik agar memiliki nilai jual untuk menambah penghasilan. Sikap menyatu Mangunwijaya ini demi membuka pikiran para intelektual, birokrat, atau siapa saja yang berkompeten agar bersama-sama mempedulikan nasib kaum yang terpinggirkan. Janganlah rakyat jelata disingkirkan dari kehidupan berbangsa dan bernegara.

Romo Mangun bersama barisan kaum miskin Code menentang rencana pemerintah untuk membersihkan bantaran Kali Code dengan menggusur warga yang tinggal di tempat itu. Cara yang ditempuh Mangunwijaya adalah membenahi dan memperindah hunian kumuh Code menjadi kawasan yang indah. Mangunwijaya mempraktekkan langsung keahliannya dalam bidang arsitektur untuk menciptakan bangunan murah dari limbah kayu, bambu atau apa saja menjadi sebuah bangunan murah, sederhana yang memiliki nilai estetika dan seni tinggi serta kuat. Untuk pembudayaan manusia di kawasan hunian yang rata-rata warganya pemulung, pengasong, tukang becak, penyemir sepatu dan bahkan pelaku kriminal Mangunwijaya menghadirkan buku-buku bacaan, koran dan majalah.

Dari Kali Code Mangunwijaya pindah ke pantai Grigak Desa Karang Kelurahan Girikerto, Kecamatan Punggung Gunung Kidul. Sama seperti di Kali Code, di tempat baru itu Mangunwijaya menjadi kawan kaum papa. Dengan ikhlas ia membantu warga setempat untuk mendapatkan air bersih. Air bersih itu didapat dari areal tebing-tebing yang ada di kawasan pegunungan. Sebelumnya, guna mendapatkan air bersih untuk memasak, mencuci maupun mandi warga harus berjalan sejauh satu sampai dua kilometer. Mangunwijaya dibantu masyarakat setempat membangun pipa-pipa saluran air menuju kawasan pemukiman. Di sinilah arsitek kemanusiaan Mangunwijaya yang kondang disapa Romo Mangun itu berperan. Keahlian arsitekturnya yang ditimba di Jerman lebih banyak digunakan untuk membantu rakyat miskin papa.

Mangunwijaya telah menghasilkan banyak sekali karya baik buku fiksi maupun non fiksi. Di awah ini adalah sebagian kecil cuplikannya.
  1. Bangunan. 2. Teknologi dan Aspek-aspek Ipoleksosbud. 3. Burung-burung Manyar. 4. Romo Rahadi. 5. Ragawidya. 6. Roromendut dan Pronocitro. 7. Sastra dan Religiusitas.

Dari berbagai sumber. Foto : karikatur.




Jack Steinberger Fisikawan Berdarah Yahudi


JACK STEINBERGER adalah Ahli fisika berdarah Yahudi asal Amerika. Penemu metode sinar neutrino serta struktur doblet lepton berdasarkan keberhasilannya mendeteksi neutrino muon. Atas prestasi ilmiah yang fantastik ini ia dianugerahi Hadiah Nobel Fisika di tahun 1988 bersama dua rekan risetnya, Leon Lederman dan Melvin Schwartz.

Jack Steinberger lahir pada tanggal 25 Mei 1921 di kota kecil Bad Kissingen, Jerman. Ayahnya saat itu hanya bekerja sebagai agen ternak skala desa seraya menjadi penyanyi gereja Yahudi dan pengajar agama bagi komunitas kecil Yahudi yang hidup di wilayah itu. Masa kecil Jack dan kedua saudara lelakinya sangat sederhana. Maklum, dalam periode itu, Jerman sedang tertatih-tatih melewati masa depresi pascaPerang Dunia I. Bagi Jack dan keluarganya, situasi berubah dramatis tatkala Partai Nazi mulai mendominasi gelanggang politik Jerman.

Propaganda anti-Yahudi bertebaran di seluruh negeri, demikian pula diskriminasi dan penganiayaan sistematis terhadap komunitas ini. Pada tahun 1934, saat ia berusia 13 tahun, Badan Amal Yahudi Amerika menawarkan perlindungan bagi 300 anak Yahudi Jerman, orang tua Jack mendaftarkan Jack dan saudara lelakinya. Tepat pada hari Natal 1934, mereka bergerak menuju New York dengan menumpang kapal S.S. Washington.

Di negeri baru, Barnett Faroll, pemilik rumah penyelia gandum yang menjadi anggota Dewan Perdagangan Chicago, bertindak sebagai orang tua asuh Jack. Faroll pula yang kemudian memindahkan orang tua dan adik lelaki Jack ke Amerika di tahun 1938. Jack bersekolah di SMA New Trier Township di daerah pantai utara Chicago. Lembaga pendidikan ini punya reputasi tinggi dan dilengkapi dengan fasilitas kolam renang, lapangan atletik, kafetaria serta guru-guru kelas satu.

Sebagai emigran muda dari daerah pedesaan Jerman, Jack tidak pernah membayangkan bakal menyerap pengetahuan di lingkungan senyaman dan sehebat itu. Saat keluarganya berkumpul kembali di Chicago dan membuka toko daging kecil-kecilan, ia ikut tinggal di sana. Hidup mereka sangat sederhana tetapi itu tak masalah lantaran mereka sudah terbiasa dengan situasi seperti itu di Jerman. Jack yang sudah lulus SMA melanjutkan kuliah ke Institut Teknologi Armour (sekarang Institut Teknologi Illinois) dan masuk Jurusan Teknik Kimia. Ia mahasiswa cerdas tetapi saat itu depresi sedang melanda Amerika dan beasiswa untuknya berakhir.

Jack pun dipaksa bekerja untuk menambah pendapatan keluarga. Kala itu ia berumur 20 dan pengalaman mencari pekerjaan di usia itu sangat pahit baginya. Tanpa koneksi ia ditolak berkali-kali sebelum akhirnya diterima sebagai pencuci perlengkapan kimia di sebuah laboratorium farmasi, G.D. Searl & Co, dengan upah 18 dolar per-minggu. Sore harinya ia belajar fisika di Universitas Chicago dan di akhir pekan ia membantu di toko milik keluarga. Satu tahun berikutnya, ia memperoleh beasiswa dari Universitas Chicago sehingga ia tak perlu lagi menjadi babu cuci.

Pada tahun 1942, Jack lulus dari Jurusan Kimia. Seiring pecahnya perang Amerika-Jepang, ia segera masuk tentara dan dikirim ke laboratorium radiasi MIT setelah menempuh kursus istimewa tentang pengantar elektromagnetik di Universitas Chicago. Di laboratorium itu digulir proyek pembangunan bom radar dan Jack ditugaskan di kelompok pembuat antena. Di sini ia berkenalan dengan dua fisikawan hebat Ed Purcell dan Julian Schwinger. Yang terpenting dari kehadiran dua tahunnya di tempat itu adalah peluang yang ia peroleh untuk mengikuti kuliahdasar fisika dari Purcell dan Schwinger.

Setelah Perang Dunia II tutup layar, Jack melanjutkan kuliahnya di Universitas Chicago. Atmosfir di tempat itu memukau hatinya. Ia sangat “tercerahkan” oleh para profesor pengajarnya: Enrico Fermi, W. Zachariasen, Edward Teller dan Gregor Wentzel. Rekan-rekan mahasiswanya saat itu adalah Yang, Lee, Goldberger, Rosenbluth, Garwin, Chamberlain, Wolfenstein dan Chew. Jack menjalin kerjasama yang mengagumkan dengan mereka. Ia belajar dari rekan-rekan hebatnya sebanyak ia belajar dari para guru besarnya. Jack sangat menyukai tesis teoritis tetapi ia sulit menemukan topik yang setara dengan kemampuannya. Fermi lalu memintanya memeriksa masalah yang ada pada penelitian Rossi dan Sands tentang teknik menghentikan muon sinar kosmik.

Kepada Sands dan Rossi, Jack punya saran yang cemerlang guna memperbaiki hasil riset mereka. Ketika rekomendasi ini tak memperoleh sambutan memadai, Fermi mendorong Jack melakukan sendiri koreksi tersebut. Jadilah kemudian ia bereksperimen sendiri di jalur itu. Kurang dari satu tahun Jack sudah sampai pada kesimpulan yang luar biasa. Konsepnya mengenai kerusakan badan-tiga, mungkin dalam elektron dan 2 neutrino, kemudian menjadi basis riset yang universal untuk mengkaji fenomena interaksi lemah. Ia selanjutnya memperdalam fisika teoritis di Institut Studi Lanjutan di Princeton, tempat di mana Oppenheimer bertindak sebagai direkturnya.

Namun satu tahun keberadaannya Institut tersebut merupakan masa yang penuh gejolak. Jack tidak cocok dengan Dyson dan ilmuwan muda lainnya. Dengan frustasi, ia dipaksa melakukan eksperimen sendiri mengenai kerusakan meson melalui nukleon tingkat menengah. Oppenheimer menyambut gembira keputusan yang ia ambil dan hasil riset yang ia capai.

Pada tahun 1949, Jack pindah ke Universitas California di Berkeley atas undangan Gian Carlo Wick. Di sini ia bereksperimen di Laboratorium Radiasi ciptaan E.O. Lawrence dan berkutat memanfaatkan sinkrotron elektron baru buatan Ed McMillan. Rangkaian riset pertamanya bertalian dengan produksi foto pion-pion (dengan A.S. Bishop) dan pengukuran rata-rata umur pion (dengan O. Chamberlain, R.F. Mozley dan C. Weigand). Namun ia hanya bertahan satu tahun di Berkeley, sebagian karena ia tak mau meneken sumpah-setia anti-komunisme yang dipaksakan oleh pihak universitas.

Pada tahun 1950 tempat kerja baru yang dipilihnya adalah Universitas Columbia. Di sini ada Laboratorium Nevis yang dilengkapi sebuah siklotron 380 MeV dan Jack segera memanfaatkan fasilitas itu untuk mengeksploitasi sinar-sinar T-meson guna menentukan putaran dan keseimbangan pion-pion bermuatan dan netral, mengukur perbedaan massa pi-pi 0 dan mempelajari hempasan pion-pion bermuatan. Riset ini dikerjakan Jack bersama sejumlahfisikawan lain seperti D. Bodansky dan A.M. Sachs. Keseluruhan eksperimen yang sangat kompleks itu menuntut adanya penghitung sentilator kecil yang dapat diandalkan. Jack dan beberapa rekannya berusaha membuat alat itu dengan teknik ruang gelembung. Setelah berikhtiar beberapa waktu, mereka berhasil merealisasinya dalam bentuk ruang propana 15 cm tanpa bidang magnet. Uji-coba atas penghitung sentilator ini sukses besar. Dengan mengoperasikannya, kesimpulan mengenai partikel-partikel asing tak stabil dapat ditarik hingga ke tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Alat ciptaan Jack dan kawan-kawan itu telah mengubah secara dramatis teknik penelitian partikel dasar selama lusinan tahun berikutnya. Beberapa bulan kemudian berbagai temuan baru diciduk tim Jack di Laboratorium Nevis. Pada dekade 1960-an, bersama sejumlah rekan lamanya, beberapa guru besar seperti Plano, Baltay, Franzini, Colley dan Prodell serta beberapa mahasiswa tingkat doktoral, Jack membangun lagi tiga ruang gelembung. Ia juga mengembangkan teknik analisa dan model eksperimen yang inovatif untuk mengklarifikasi partikel-partikel baru.

Dalam kurun ini, ia dan para mitranya terlibat dalam sebarisan eksperimen mengenai demonstrasi pelanggaran keseimbangan pada kerusakan A, demonstrasi kerusakan B pada pion, penentuan keseimbangan pi 0 berdasarkan korelasi menyudut pada konversi internal ganda sinar-sinar gamma, penentuan lebar omega dan kerusakan masa hidup, penentuan keseimbangan relatif Sigma 0- Delta 0 serta demonstrasi validitas prinsip Delta S = Delta Q pada KO dan pada kerusakan hiperon. Pada bagian akhir dari rangkaian eksperimen panjang dengan ruang gelembung ini, Jack terlibat dalam ujicoba pertama dengan menggunakan sinar neutrino energi tinggi. Mitra-mitra risetnya pada tahap ini adalah D. Danby, J.M. Gaillard, D. Goulianos, L. Lederman dan N. Mistri. Hasilnya terpapar dalam sebuah makalah ilmiah yang ditulis oleh M. Schwartz.

Berkat capaian yang didapat dalam fase eksperimen itulah Jack kemudian dianugerahi Nobel Fisika di tahun 1988. Pada tahun 1964, menyusul penemuan pelanggaran CP oleh Christiansen, Cronin, Fitch dan Turley, Jack yang sedang melewatkan cuti panjang di CERN, Swiss, menggandeng Rubbia dan beberapa fisikawan lainnya untuk menindaklanjuti temuan tersebut. Eksperimen ini berakhir sukses dan segera diikuti eksperimen-eksperimen pelanggaran CP lainnya di seluruh dunia selama lebih dari satu dekade.

Pada tahun 1966, Jack meraih sukses pula tatkala mengobservasi pelanggaran CP kecil pada kerusakan K OI leptonik. Kepeloporannya dalam perancangan model eksperimen pelanggaran CP semakin nyata dan kokoh pada tahun-tahun selanjutnya. pada tahun ini pulalah, Jack memutuskan pindah ke CERN karena di pusat nuklir Eropa ini terdapat piranti baru ciptaan Charpak (ruang kabel proporsional) yang menarik hatinya. Dengan alat ini ia merasa bisa lebih dalam dan lebih menyeluruh mempelajari kerusakan K 0. Dalam eksperimen yang ia jalankan bersama timnya hingga tahun 1976, Jack menghasilkan serangkaian pengukuran tepat mengenai interferensi Ks dan KL dalam model 2-pion dan dalam kerusakan leptonik. asil-hasil ini membawa mereka menuju tingkat hasil yang lebih tepat mengenai parameter-parameter keseimbangan CP dalam proses kerusakan K 0. Di tahun 1972, Jack ikut terjun dalam kerjasama skala besar yang melibatkan tim-tim periset K 0 di CERN, Dortmund, Heidelberg dan Saclay. Sasaran utama riset keroyokan ini adalah meneliti fenomena neutrino. Untuk maksud itu, piranti baru yang diberi nama detektor CDHS didesain dan dibangun. Dengan mengoperasikannya, Jack dan kawan-kawannya memperoleh banyak data untuk, antara lain, menyisihkan hasil-hasil pengamatan yang kurang tepat, menentukan sudut Weinberg secara akurat, mencari arus netral yang benar dan mengkuantifikasi model kuark dalam nukleon. Secara keseluruhan eksperimen dengan CDHS melibatkan 30 fisikawan, termasuk Jack Steinberger.

Mulai tahun 1983, Jack terlibat dalam eksperimen yang berukuran lebih jumbo, yakni perancangan dan pembangunan detektor Penumbuk 100 + 100 GeV e+e, LEP. Ada 400 fisikawan yang berpartisipasi dalam proyek ini dan Jack bertindak sebagai juru bicara mereka. Proyek ini rampung di awal tahun 1989. Dalam kurun yang sama, Jack juga membantu mendesain sebuah eksperimen untuk membandingkan kerusakan CP dan kerusakan 2-pion netral dari K 01.

Melalui percobaan ini, ia berhasil menunjukkan, untuk pertama kalinya, kerusakan CP “secara langsung”, sebuah kemajuan penting menuju pemahaman masalah CP secara mendalam.

Di tahun 1986, Jack pensiun dari CERN dan menjadi guru besar paruh waktu di Scuola Normale Superieur di kota Pisa, Italia. Namun kepemimpinannya dalam sejumlah proyek besar CERN pada tahun-tahun berikutnya terus bergulir seperti sebelumnya.

Jack Steinberger menikah dengan Cynthia Alff, mantan mahasiswinya yang kemudian berprofesi sebagai biolog. Mereka memiliki dua anak, Julia dan John. Dari pernikahan sebelumnya dengan Joan Beauregard, Jack mempunyai dua anak laki-laki, yakni Joseph Ludwig dan Richard Noel. Di waktu luangnya, Jack tak pernah lupa main tenis atau mendaki gunung atau berperahu layar.

Dari berbagai sumber. Foto noberprize.






Jumat, 28 Mei 2010

Jibril: Saya Jurnalis, Bukan Teroris!

Pemilik sekaligus pemimpin situs berita Muslim "Ar-Rahman Network", ditangkap Densus 88 dan diadili dengan tuduhan terlibat terorisme. Suatu hal yang cukup memprihatinkan bagi saya sebagai seorang Muslimin. Saya merasa ada tindakan diskriminatif dari pihak yang berwajib (pemerintah suatu negara) terhadap kaum muslimin di Indonesia khususnya dan di seluruh dunia pada umumnya.

Setahu saya, "Ar-Rahman Network" memang menyajikan berbagai tuntunan agama Islam yang sesuai dengan aqidah kaum Muslim berdasarkan al-Qur'an dan Al-Hadits. Sajian yang berani dan lantang menyuarakan tentang kebenaran, tentang keadilan, tentang bagaimana kita harus hidup sebagai hamba Allah dalam sebuah keyakinan yang Rahmatan lil'alamin yakni agama Islam.

Di masa Buya Hamka masih sehat dan aktif dalam dunia dakwah, beliau juga pernah dipenjarakan oleh pemerintah karena keteguhannya membela panji-panji Islam. Buya Hamka bukan teroris, melainkan seorang tokoh Islam yang berani bicara lantang menentang sebuah tirani kekuasaan. Baik di masa Orde Lama maupun jaman keemasan Orde Baru, Buya Hamka dianggap pemerintah sebagai momok yang menakutkan!

Ketika penguasa rezim Orde Baru menghalalkan keikutan-sertaan seorang Muslim merayakan Natal baik secara seremonial maupun dalam pergaulan, Buya Hamka justru menentangnya dengan keras. Tegas dikatakan oleh beliau: Muslim yang ikut merayakan natal berarti masuk dalam golongan nasrani. Berbagai "gebarakan" yang menantang kebijakan sang penguasa di jamannya, akhirnya memaksa Buya -antara lain- harus mundur dari jabatan Ketua MUI.

Adakah Muhammad Jibril Abdul Rahman alias Muhammad Ricky Ardhan juga korban dari sebuah konspirasi anti Islam yang ditawarkan oleh para penguasa asing semisal Amerika Serikat dan sekutunya? Menutup situs berita Muslim "Ar-Rahman Network" tanpa dasar hukum yang kuat tentu akan menimbulkan protes dan gejolak massa jurnalis di seluruh persada dan terutama kaum muslimin yang beriman. Maka pemerintah mencari-cari pemicu yang mungkin dapat dilegitimasi.

Sungguh, saya sangat benci dengan tindakan terorisme, jangankan teror yang nyata menimbulkan korban jiwa di kalangan masyarakat awam tak berdosa, fitnah saja saya benci. Fitnah lebih kejam dari pembunuhan! Padahal fitnah belum tentu menimbulkan korban jiwa. Islam sangat menentang tindakan keji berupa pembunuhan dan fitnah. Barang siapa membunuh seseorang tak berdosa, apalagi tanpa alasan yang dibenarkan menurut Islam, maka haram bagi sang pembunuh untuk menikmati indahnya sorga di akhirat kelak.

Islam tidak menganjurkan pemeluknya untuk membunuh manusia yang tidak seiman. Islam yang dikembangkan sejak jaman Rasulullah SAW bukan dengan ketajaman pedang, melainkan dengan akhlakul karimah. Suri tauladan yang disajikan dalam perilaku junjungan saya Nabi Muhammad SAW adalah fakta yang didukung dengan bukti yang dikodifikasikan dalam bentuk al-Hadits.

Sebaliknya, Islam memberikan perintah pada semua pemeluknya untuk dengan tegas dan penuh keimanan, membela panji-panji Islam. Menegakkan kebenaran, mempertahankan aqidah, mempertahankan kelangsungan hidup generasi muslim. Mempertahankan nilai-nilai Islam bukan berarti harus diam tatkala diserang lawan, diam tersungkur dalam ketakutan. Melainkan juga diwajibkan untuk membela diri. Membela diri dan mempertahankan eksistensi berarti kita juga harus masuk dalam ranah "balik menyerang lawan". Sebab, jurus bertahan yang paling efektif adalah dengan balik menyerang lawan.

Kendati demikian, dalam Islam, "jurus-jurus" berperang diatur dengan sangat manusiawi. Strategi dan taktik, siasat dan politik yang diterapkan harus senantiasa bersumber pada kaidah-kaidah yang islami. Tiada pernah dianjurkan dalam Islam untuk membunuh anak-anak, orang tua dan wanita. Tidak pernah ada pembunuhan dan penyiksaan terhadap tentara lawan yang sudah menyerah bertekuk lutut. Islam tidak pernah menghalalkan politik adu domba dan fitnah seperti layaknya dilakukan oleh kaum yang memusuhinya.

Dan, dewasa ini musuh Islam yang nyata adalah bangsa-bangsa yang tidak senang dengan kemajuan kaum muslimin. Siapa mereka? Mereka tidak lain adalah kaum yang menganggap fitnah dan penjualan senjata pembunuh manusia sebagai hal yang menguntungkan.

Saya berharap semoga tuduhan terhadap Muhammad Jibril Abdul Rahman alias Muhammad Ricky Ardhan bisa dibuktikan majelis hakim. Saya bermunajad pada Allah, mudah-mudahan sidang diselenggarakan dengan azas hukum yang berkeadilan dan sesuai dengan suara hati nurani. Vonis dijatuhkan bukan karena tuntutan kaum yang anti Islam, serta tidak disebabkan takut dipecat dari jabatan hakim. (Trenggalek, 28 Mei 2010, pukul 3.28 dinihari WIB).

Berikut ini adalah copy-paste berita dari Kompas.com.

PERSDA NETWORK/BIAN HARNANSA
Pemimpin situs berita muslim Ar-rahman Network, Muhammad Jibril Abdul Rahman alias Muhammad Ricky Ardhan, saat berada diruang tahanan seusai mendengarkan keterangan saksi-saksi di PN Jakarta Selatan, Senin (5/4/2010). Jibril diajukan ke persidangan karena diduga terlibat jaringan terorisme.


JAKARTA, KOMPAS.com Muhammad Jibril Abdul Rahman alias Muhammad Ricky Ardhan menegaskan bahwa dirinya seorang jurnalis, bukan teroris seperti yang dituduhkan jaksa.

Anak Abu Jibril itu mendapatkan kesempatan membela diri di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (27/5/2010), setelah beberapa waktu lalu dituntut tujuh tahun penjara.

"Penting bagi kami untuk menjelaskan tujuan dan latar belakang munculnya Ar Rahmah Media. Ketika tidak ada satu kelompok pun di negeri ini yang menyuarakan gerakan jihad secara obyektif, saat itulah munculnya media online arrahmah.com ini," terang Jibril waktu membacakan pleidoi 49 halaman bertajuk "Saya Jurnalis, Bukan Teroris".

Jibril bahkan menantang jaksa untuk menunjukkan bukti dakwaan bahwa perbuatannya merugikan negara. "Bandingkan dengan kerugian kasus Bank Century. Adakah pelakunya ditangkap, ditahan, dan diadili seperti saya," gugat Jibril.

Ia menolak pendapat bahwa ketika arrahmah.com memublikasikan dan memberi opini tentang jihad diartikan sama sebagai tindakan terorisme.

"Bahkan aktivitas gerakan Islam yang handak membangun kebaikan di bawah bendera syariat Islam, akses informasinya dimatikan, dijauhkan dari pandangan publik," katanya.

Menutup pleidoinya, Jibril meminta majelis hakim agar menegakkan keadilan tanpa pengaruh dari kuasa elite politik. "Hendaklah majelis hakim berhati-hati dalam memutuskan hukum, jika tidak, risikonya amat dahsyat," ancamnya. Sidang perkara ini akan dilanjutkan pada Selasa (1/6/2010) pekan depan. (Iwan Taunuzi)



Beasiswa Jepang Bagi Lulusan SLTA



Bagi sobat-sobit lulusan SLTA, segeralah daftarkan diri Anda untuk seleksi beasiswa dari Pemerintah Jepang. Mengapa harus ke Barat? Negeri Matahari Terbit juga sebuah negara yang memiliki kemampuan sains maupun teknologi yang tak kalah hebat dibanding dengan negara-negara Barat.

Salinan pengumumannya sebagai di bawah ini. Selamat mencoba, semoga sukses! Amin.....
1. Kedutaan Besar Jepang menawarkan Beasiswa Pemerintah Jepang (Monbukagakusho) kepada siswa-siswi Indonesia lulusan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) untuk melanjutkan pendidikan ke Universitas (S-1), College of Technology (D-3) atau Professional Training College (D-2) di Jepang mulai tahun akademik 2011 (April 2011). Pelamar hanya bisa mendaftar 1 (satu) program dari S-1, D-3, atau D-2.


Syarat-syarat pengambilan formulir bagi calon pelamar sebagai berikut:


(1)Lahir antara tanggal 2 April 1989 dan tanggal 1 April 1994.

(2)Membawa foto kopi Ijazah atau Rapor kelas 3 semester 2 (akhir) dengan nilai rata-rata minimal:

Program S-1 :8,4

Program D-3 :8,0

Program D-2 :8,0

*Jika pada saat penutupan (10 Juni 2010) nilai ijazah asli belum bisa dikeluarkan, maka nilai ijazah sementara dari Kepala Sekolah bisa diterima.

(3) Pelamar harus lulus dari SLTA.

2. Formulir pendaftaran dapat diperoleh secara gratis untuk mereka yang memenuhi ketiga persyaratan tersebut di atas di Kedutaan Besar Jepang (Bagian Pendidikan: 8:30-12:00, 14:00-15:30), Konsulat Jenderal Jepang di Surabaya dan Medan mulai 10 Mei 2010.
Mereka yang tinggal di luar JABODETABEK, Surabaya dan Medan dapat melamar melalui surat yang ditujukan kepada Kedutaan Besar Jepang (Jl. M. H. Thamrin 24 Jakarta Pusat 10350), Konsulat Jenderal Jepang Surabaya atau Medan. Surat itu harus berisi nama, tanggal lahir, alamat, nomor telepon, program pilihan (S-1, D-3, atau D-2), 3 (tiga) bidang studi yang ingin dipelajari dan dilampiri fotokopi rapor, ijazah, serta nilai ijazah.

3. Formulir harus dikembalikan ke Kedutaan Besar Jepang atau Konsulat Jenderal Jepang lengkap dengan fotokopi rapor, ijazah, dan nilai ijazah sampai tanggal 10 Juni 2010.

Untuk keterangan lebih lanjut silakan menghubungi Kedutaan Besar Jepang (Bagian Pendidikan: 021-3192-4308 Ext. 175, 176) atau klik d isini.





ITB Berikan Beasiswa D3 Bagi PNS


Kementerian Perdagangan RI bekerja sama dengan Institut Teknologi Bandung (ITB) membuka kesempatan bagi siswa-siswi Indonesia untuk mengikuti pendidikan program diploma tiga (D-3) dengan spesialisasi Metrologi dan Instrumentasi. Pendidikan D-3 ini merupakan program beasiswa pemerintah yang mencakup seluruh biaya pendidikan.

Mulai dari pendaftaran program, proses seleksi, hingga proses pendidikan setelah menjadi siswa program D-3 sampai dengan kelulusan, siswa tidak akan dikenai biaya apa pun. Lulusan-lulusan program ini dapat berkarier sebagai pejabat fungsional penera di lingkungan dinas perindustrian dan perdagangan atau yang membidangi unit-unit metrologi di seluruh Indonesia.


Tidak hanya itu, lulusan terbaik program ini dapat melanjutkan pendidikan sarjana, yang juga dibiayai dengan beasiswa di Ecole Supérieure de Métrologie (ESM) Perancis. Hanya, persyaratan utamanya, mahasiswa harus memiliki kemampuan bahasa Perancis yang dinyatakan dalam DELF/DALF B1 (tingkat intermediate).

Adapun beasiswa ini diperuntukkan bagi mereka yang berasal dari pegawai negeri sipil (PNS) atau umum berijazah SMU/SMA/SMK/Madrasah Aliyah dengan bidang keahlian ilmu-ilmu eksakta.


Informasi lengkap mengenai persyaratan dan tata cara pendaftaran dapat diakses di http://www.psb-d3metrologi.net.





Kamis, 27 Mei 2010

Hewan Asli Kalimantan Terancam Punah

Kalimantan, sebuah pulau besar yang mana wilayahnya dikuasai/dimiliki oleh tiga negara, yakni Indonesia, Malaysia dan Brunei Darussalam. Pulau ini memiliki banyak sekali binatang langka yang tidak akan kita temukan di daerah lain di dunia. Semua foto hewan berikut ini adalah binatang khas dan asli daerah Kalimantan. Dan dewasa ini binatang-binatang tersebut sudah terbilang sangat sukar ditemukan, bahkan hampir punah.

Burung Enggang, yang merupakan lambang kebanggaan suku pedalaman Kalimantan, sekarang sulit ditemukan di kawasan ini. Pada tahun 1970-an mereka masih berseliweran dan akrab dengan lingkungannya. Namun semenjak Orde Baru membuka pintu bagi penebangan hutan di daerah Kalimantan khususnya, burung ini dan berbagai jenis binatang rimba menghilang seiring dengan lenyapnya sekian juta hektar hutan alam. Terlebih lagi dengan maraknya illegal logging yang dilakukan oleh penduduk setempat yang dimotori oleh para cukong dari Jakarta bekerja sama dengan pengusaha luar negeri.

Spoiler Burung Enggang:




Spoiler for Dari dekat:






Spoiler for Mejeng gan:






Spoiler for Rame Nih:




Spoiler Bangkui :



Spoiler Orang Hutan:





Ukan Pesut sejenis lumba-lumba yang memiliki kepala bundar dan hidup di air tawar tepatnya Sungai Mahakam. Hampir Punah Karena air Sungai Mahakam yang tercemar limbah perusahaan.


Spoiler Ikan Pesut:



Spoiler for Atraksi:


Kenalkan gan namanya beruang madu. disini hampir punah karena sering diburu dan diperjual belikan oleh oknum tak bertanggung jawab.

Spoiler for Ciluk-Ba:



Spoiler for Malas nih:


Spoiler for Masih ada:



Yang satu ini jadi maskotnya Dufan dan sangat jarang bisa ditemukan. Pertambangan dan eksploitasi berbagai kekayaan alam yang tanpa mengenal konservasi dan reboisasi mengakibatkan kehancuran lingkungan di Kalimantan. Banyaknya lahan galian batubara, minyak bumi, emas dan intan yang menghabiskan jutaan hutan menyebabkan musnahnya berbagai jenis fauna maupun flora di Kalimantan.

Spoiler
for mejeng:

Spoiler for ngerumpi nih:

Binatang yang satu ini hampir punah karena diburu oleh warga untuk dimakan dagingnya, yang lezat, manis dan gurih melebihi nikmatnya daging sapi. Orang sini menyebutnya Payau (Kijang Kalimantan). Begitu juga dengan nasib Kancil alias sang Pelanduk.

Spoiler for Payau:


Spoiler for Menjangan:



Spoiler for kancil:


Macan Dahan yang akhir-akhir ini membuat heboh karna baru 3 tahun yang lalu diputuskan sebagai spesies baru yang langka.

Spoiler for Macan Kumabang:



Spoiler
for Lebih dekat:



Dipermak dari : Kaskus.us Semoga bermanfaat......

Ada Janin Dalam Gelas Koktail



Telegraph Poster berupa gelas koktail berisi janin ini bertujuan untuk memperingatkan kaum perempuan tentang bahaya konsumsi alkohol selama kehamilan.


Janin dalam segelas koktail? Jangan berpikir seram dulu. Ini "gaya" Italia untuk memperingatkan perempuan tentang bahaya konsumsi alkohol selama hamil. Negeri Pizza itu meluncurkan kampanye penyadaran berupa poster bergambar janin di dalam gelas koktail.

Kampanye baru itu memperlihatkan janin dalam posisi meringkuk di dasar gelas, di bawah es batu dan sepotong irisan jeruk. Iklan kampanye itu membawa pesan sederhana, "Ketika seorang ibu minum alkohol, bayinya pun akan minum alkohol juga."

Peringatan kesehatan itu telah diluncurkan di wilayah timur laut Veneto. Iklan itu akan tampak di bus-bus, di papan iklan, serta toilet perempuan di bar, restoran, dan klub malam.

"Punya bayi merupakan salah satu tahapan paling penting dalam hidup dan merupakan hal fundamental bagi calon ibu dan keluarga mereka untuk mengetahui bagaimana menghindari risiko yang dapat membahayakan kesehatan bayi yang belum lahir," kata Claudio Dario, direktur jenderal otoritas kesehatan setempat, sebagaimana dikutip Telegraph, Rabu (26/5/2010).

Iklan tersebut untuk menanggapi temuan Institut Kesehatan Italia bahwa 65 persen perempuan negara itu mengonsumsi alkohol selama kehamilan mereka.

Veneto, yang meliputi Venesia, merupakan daerah konsumsi alkohol kedua tertinggi di Italia, dengan sekitar 67 persen perempuan mengatakan, mereka minum secara teratur. Di Eropa secara keseluruhan, berdasarkan data dari European Alcohol Policy Alliance, satu dari setiap seratus bayi berisiko terhadap masalah kesehatan akibat ibunya suka minum alkohol selama masa kehamilan.

Lembaga itu juga memperkirakan, sampai 79 persen perempuan Inggris minum alkohol selama kehamilan. Minum alkohol selama kehamilan merupakan penyebab utama dari bayi yang lahir cacat dan mengalami gangguan perkembangan, termasuk berat badan yang rendah saat lahir dan kelainan jantung.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memberikan rekomendasi bahwa perempuan hamil harus menghindari alkohol selama kehamilan mereka.

Sumber : Kompas


Rabu, 26 Mei 2010

Software Kompresi Gratis


File kompresi semacam ZIP atau RAR saat ini sudah biasa bagi kita. Dahulu hampir sebagian menggunakan Winzip atau Winrar untuk membuka dan membuat file kompresi tersebut. Tetapi karena kedua software tersebut tidak gratis (shareware), saatnya kita menggunakan software gratis alternatif yang tidak kalah fiturnya. Berikut 5 software kompresi yang bisa menggantikan Winzip atau Winrar yang mungkin sudah biasa dipakai sejak dulu.

7-Zip

Salah satu software open source dan mulai banyak digunakan menggantikan zip adalah 7-zip. Selain membuat format kompresi 7-zip (7z), 7-zip.org juga turut mengembangkan 7-zip ini. 7-zip tersedia untuk berbagai sistem operasi, seperti Windows, Linux, Mac OS X, FreeBSD dan lainnya.


Beberapa Fiturnya antara lain :
  • Kompresi rasio yang lebih tinggi dibanding zip dan rata-rata format lainnya
  • Mampu membuat file kompresi : 7z, ZIP, GZIP, BZIP2 dan TAR 
  • Mampu membuka file kompresi : ARJ, CAB, CHM, CPIO, DEB, DMG, HFS, ISO, LZH, LZMA, MSI, NSIS, RAR, RPM, UDF, WIM, XAR dan Z
  • Enkripsi untuk 7z dan ZIP
  • Integrasi dengan Klik kanan windows
  • Bisa membuat self-extracting ( zip dalam exe) untuk format 7z

Kelebihan lain selain multi platform, adalah ukurannya yang kecil, penggunaanya mudah serta tidak memberatkan kerja sistem. Meskipun kompresi format 7z lebih bagus, untuk proses extraksi file cenderung sedikit lebih lambat dari zip.

- Download 7-zip klik di sini (Ukuran sekitar 1 MB )
- http://www.7-zip.org/download.html (website resmi)
- 7-zip dari filehippo

IZArc

Software kompresi yang populer salain 7-zip adalah IZArc. Jika memerlukan manajeman file kompressi lengkap dan gratis, mungkin IZArc adalah alternatif yang tetap. IZArc mengusung berbagai fitur, antara lain :
  • Mendukung puluhan format kompresi : 7-ZIP, A, ACE, ARC, ARJ, B64, BH, BIN, BZ2, BZA, C2D, CDI, CAB, CPIO, DEB, ENC, GCA, GZ, GZA, HA, IMG, ISO, JAR, LHA, LIB, LZH, MBF, MDF, MIM, NRG, PAK, PDI, PK3, RAR, RPM, TAR, TAZ, TBZ, TGZ, TZ, UUE, WAR, XXE, YZ1, Z, ZIP, ZOO 
  • Integrasi dengan klik kanan Explorer 
  • Delete atau menambahkan file didalam file kompresi 
  • Konversi format file kompresi 
  • Pencarian file didalam arsip (file kompresi) 
  • Tampilan yang mirip dengan Windows Explorer 
  • Dukungan Drag and Drop 
  • Mendukung format CD/DVD Images (ISO, BIN, MDF, NRG, IMG, C2D, PDI, CDI) 
  • Membuat self-extracting file 
  • Mendukung enkripsi arsip dan berbagai fitur lainnya

Bagi anda yang membutuhkan software kompresi dengan fitur lengkap, mungkin IZArc akan lebih cocok. Penggunaannya juga tidak terlalu sulit. Selain fitur-fitur di atas, masih terdapat berbagai fitur yang bisa dilihat di website IZarc.

- Download IZArc klik di sini (sekitar 4 MB)
- Website IZArc
- IZArc dari Filehippo

PeaZip

Salah satu software gratis plus open source lainnya adalah PeaZip. Mungkin program ini yang paling banyak mendukung format kompresi yang ada. PeaZip mempunyai berbagai fitur, antara lain :
  •  Membuat file kompresi : 7Z, ARC, BZ2, GZ, PAQ/ZPAQ, PEA, QUAD/BALZ, TAR, UPX, ZIP 
  • Mampu membuka lebih dari 120 format kompresi, seperti 7z, bz, bz2, bzip2, tbz2, tbz, gz, gzip, tgz, tpz, tar, zip, z01, smzip, arj, cab, chm, chi, chq, chw, hxs, hxi, hxr, hxq, hxw, lit, cpio, deb, lzh, lha, rar, r01, 00, rpm, z, taz, tz, iso, jar, ear, war, lha, pet, pup, pak, pk3, pk4, slp, [Content], xpi, wim, u3p, lzma86, lzma, udf, xar, dmg (selengkapnya) 
  • Tersedia untuk Windows maupun Linux 
  • Mendukung berbagai metode enkripsi 
  • tampilan yang sederhana sehingga memudahkan

Salah satu hal yang ditekankan dalam Peazip adalah masalah keamanan (Security), sehingga opsi untuk enkripsi memberikan berbagai pilihan untuk keamanan yang tinggi.

- Download PeaZip klik di sini ( Windows sekitar 6 MB)
- http://peazip.sourceforge.net/ (website resmi)
- PeaZip dari FileHippo

ZipGenius Standard Edition


Salah satu alternatif lainnya adalah ZipGenius Standard Edition (versi gratis zipGenius Suite). Mampu bekerja dengan sekitar 21 format kompresi, serta mendukung CD/DVD-ROM image. Fitur-fitur utamanya antara lain :
  • Mendukung berbagai format kompresi seperti RAR, CAB, SQX, ACE, ARJ,OpenOffice.org documents, 7-zip dan lainnya 
  • Tampilannya bisa diubah 
  • Membuat self-extracting (exe) 
  • Mendukung enkripsi, scanner, backup dan lainnya

Dibanding program sebelumnya, tampilan ZIpGenius sedikit berbeda, dan mungkin sedikit membingungkan bagi pengguna awam (meskipun bisa dengan mudah diubah). Untuk kinerja, belum bisa menyimpulkan, kerena setelah di install, ZipGenius mengalami error. selain itu ketika ingin membuka website resminya juga belum bisa karena sedang dalam perbaikan. Download 
ZipGenius klik di sini (www.zipgenius.it atau www.zipgenius.com )

(ebsoft



Please Read This For Peace
(Mohon Baca Ini, Demi Persahabatan)




Disclaimer

I don't and never claim ownership or rights over images published on my blog unless specified.
All images are copyright of their respected creators. If any images that appear on my blog are in violation of copyright law, please contact me on my Chat Box/Guest Book or via my e-mail (maksumhamid [at] trenggalekjelita [dot] web [dot] id) and I will remove the offending pics as soon as possible.

Thank You So Much All Guests and Blogger Friends

I greatly appreciate your kindness to visit my blog and,
in return, I promise I will pay my own visit to your blogs or your sites as soon as possible.; Insyaallah, through this sort of social amiability and solidarity, we could find out a great
deal of thing which will be useful for advancing our human values.
For the sake of friendship and togetherness, please leave a sign of your presence on myChat Box/Guest Book or on comment, so that I can know it precisely and instantly.


Yours sincerely and best regard.
[Lina CahNdeso]

Categories

Senandung Kawula Alit (280) PNS dan Birokrasi (256) Artikel (222) Info (213) Pendidikan (163) Lowongan Kerja (161) Sains-Teknologi Informasi (151) Sejarah Trenggalek (145) Pembangunan (90) Politik (85) Bagi Pahlawan Kemerdekaan (82) Islam (70) Pra-Anggapan (70) Agamaku (69) Kriminal (69) UU-Peraturan (62) Anti Korupsi (60) Catatan Budaya (58) Antik dan Klasik (57) Olahraga (56) Numpang Niwul (54) Cinta dan Kasih Sayang (42) BisnisOnline (37) Tanggung Jawab dan Profesionalisme (37) Software (36) Biografi Tokoh Seni/Sastra Indonesia (35) Sains-Teknologi (32) Biografi Tokoh Peraih Nobel (31) PTC (31) Legeslatif (30) Mesum (27) Palestina (27) Kesehatan (25) Info Beasiswa (24) Thiwul-Manco-Rengginang (22) Zionist (22) Flora/Fauna (21) Trik dan Tips Blogging (21) Bencana Alam (20) Langka (20) Artikel-Copas (19) Selebritis/Tokoh (19) Pariwisata (18) Piala Dunia 2010 (18) Kasus Korupsi (16) Sejarah Dunia (16) English Version (13) Antik dan Klasik. Dongeng (11) Fakta Unik (11) Berita CPNS (8) Fauna (8) Idul Fitri (8) Bencana (6) Bonsai (6) Film (6) Office (6) Poetry (6) Eksekutif (5) My Award (5) Antivirus (4) Biografi Tokoh Lokal (4) Kabinet (4) Puisiku (4) Guest Book (3) Lomba (3) Musibah (3) Polisi (3) Affiliasi Bisnis (2) Bank (2) Biografi Tokoh Seni/Sastra Indonesia (English) (2) Ekonomi/Keuangan (2) Iklan/Pariwara (2) KIB Jilid 2 (2) Mbah Surip (2) Merapi (2) Musik (2) Pelantikan Presiden (2) Taxi (2) lebaran (2) Adipura (1) Alexa (1) Banner Sahabat (1) Biografi Tokoh Seni/Sastra Lokal (1) Catur (1) Cerpen (1) Daftar Posts (1) Dewa Ruci (1) Forex-JSS-JBP (1) GTT (1) Game (1) Google Sandbox (1) Hari Jadi (1) Irshad Manji (1) Jamu Tradisional (1) Jelajah Sepeda-Kompas (1) Jimat Trenggalek (1) Judi/Togel (1) Kuliner (1) Malaysia (1) Maria Verchenova: Russian golferMaria Verchenova: Russian golfer (1) Moammar Khadafi (1) Parcel (1) Perempuan (1) Pers (1) Pramuka (1) Psikologi (1) Resensi Buku (1) Sepak Bola (1) Sumpah Pemuda (1) TNI (1) Tradisional (1)
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes

Back To Top