Sabtu, 25 September 2010

Ada 10 Hewan Langka di Dunia (Yang Diketahui Manusia!)

Alam semesta diciptakan oleh Allah SWT dengan sangat sempurna. Dalam Kitab Suci agama Samawi diyakini bahwa Tuhan yang lazim dikenal oleh muslim dengan sebutan Allah, menciptakan Jagat Raya tidak lain untuk menina-bobokkan makhluk-Nya yang bernama manusia, iya kita ini. Karena itulah, manusia diberikan hak istimewa untuk mengeksploitasi Jagat Raya, alam semesta ini dengan tidak ada batasnya, sepanjang mengikuti prosedur yang ditetapkan dalam Kitab-kitab Suci tersebut.

Sejak jutaan tahun atau mungkin milyaran tahun lebih yang lalu, Tuhan telah menciptakan berbagai makhluk, dan kita baru diproduksi ketika al-Khaliq menciptakan Nabi Adam, as. Lalu menyusul Siti Hawa yang diciptakan dari tulang rusuk kiri Adam, as. Hawa dicipta adalah untuk membahagiakan Adam yang merasa kesepian sendirian ketika dia tinggal di Sorga. Ini salah satu bukti, bahwa al-Khaliq menciptakan alam semesta ini memang hanya untuk manusia keturunan Adam, as.

Kesempurnaan ciptaan Tuhan, memberikan fenomena pada kita, bahwa aneka ragam bentuk dan fitrah hasil karya Sang Maha Agung, ternyata tidak terukur; hingga suatu saat kita akan menemui sesuatu yang kita anggap aneh atau menyimpang dari kelumrahan. Sesungguhnyalah, apa yang kita pandang aneh atau baru, itu adalah fakta tak terbantah, ilmu pengetahuan kita masih belum sampai ke situ, atau kemampuan sains dan teknologi manusia belum mencapai titik di mana keanehan temuan baru bisa dikaji awal mula dan asal muasalnya. Mari, kita nikmati kelangkaan berikut ini, yang saya copy paste dari blog sahabat saya eliyas-gritzz, semoga bermanfaat.

1. Hewan Gabungan Burung, Reptil, dan Mamalia

Mungkin Anda sudah mengenali hewan unik yang satu ini. Hewan bernama platypus ini memiliki beberapa keunikan seperti memiliki moncong bebek, kaki berselaput, dan bertelur seperti reptil. Satu keanehan yang mungkin belum banyak orang tahu adalah platypus jantan dapat menyalurkan racun dari sejumlah bagian di tungkai kakinya.




2. Mata Cumi-Cumi Sebesar Piring Makan


Sejumlah ilmuwan memancing seekor cumi-cumi raksasa (colossal squid) di perairan Selandia Baru pada tahun 2008. Mereka menemukan fakta bahwa mata hewan laut tersebut berukuran sebesar piring makan. Ini menjadikan mata cumi-cumi raksasa sebagai mata hewan terbesar di dunia. Colossal squids dapat tumbuh hingga sebesar 46 kaki dan mempunyai tentakel yang dilengkapi dengan pengisap dan pengait. Para ilmuwan meyakini hewan agresif ini mampu menyelam hingga kedalaman 6.500 kaki.

3. Primata Berjari Tengah Ekstra Panjang

Hewan bernama aye-aye ini memiliki ciri mata besar, telinga mirip kelelawar, dan berjari tengah ekstra panjang. Jari tengah ini digunakan primata tersebut untuk mencungkil makanan dari celah-celah pohon. Sejumlah ilmuwan asal Duke University di Amerika Serikat mengatakan aye-aye dapat dijadikan petunjuk untuk menguak misteri evolusi visi warna pada makhluk hidup.


4. Tikus Tanah Bermoncong Bintang

Tikus tanah bermoncong bintang? Dari namanya saja sudah menunjukkan keunikan dari hewan tersebut. Dengan 22 tentakel mini di moncong bintangnya, tikus tanah ini mampu mendeteksi dan mencerna makanan lebih cepat dari kedipan mata manusia. Ya, sangat cepat. Hanya sepersekian detik. Hewan menakjubkan ini tinggal di rawa-rawa dan daerah basah lain di sekitar wilayah pantai timur Amerika Utara.

5. Hewan Evolusioner Dunia

Selain dapat tidur dalam tanah bertahun-tahun tanpa air dan makanan, katak bawah tanah asal Meksiko ini memiliki keunikan lain. Program konservasi global bernama EDGE of Existence mengklasifikasikan hewan ini sebagai hewan evolusioner dunia. Pasalnya, hewan ini hampir tidak memiliki hubungan kemiripan genetik dengan makhluk hidup apa pun di dunia.

6. Kepiting “Yeti”

Anda tahu hewan bernama yeti? Hewan raksasa legenda masyarakat Nepal dan Tibet ini disebut-sebut menghuni salah satu wilayah pegunungan tertinggi di dunia, Himalaya. Diambil dari nama yang sama, hewan yang diberi nama resmi Kiwa hirsute pada 2005 ini memiliki bulu halus berwarna kuning di kedua capitnya. Ilmuwan menduga capit tersebut digunakan untuk mendeteksi makanan dan mencari pasangan.

7. Paus “Unicorn”
Dari puluhan spesies paus di dunia, terdapat satu jenis paus berkarakteristik unik bernama paus unicorn. Paus ini memiliki gigi mencuat layaknya tanduk unicorn, hewan mistis dunia khayalan. Hewan berbobot sekitar 2.200 hingga 3.500 pon ini memiliki tanduk sepanjang delapan kaki yang mencuat dari sisi kiri rahang bagian atas. Belum lama ini, sejumlah ilmuwan mengetahui tanduk tersebut dilengkapi sejumlah sel saraf super sensitif yang diduga kuat berfungsi mengetahui kadar garam dalam air dan untuk mencari makan.

8. Kelelawar Berkaki Pengisap

Ilmuwan telah menemukan spesies kelelawar baru bernama Myzopoda schliemanni di Kepulauan Madagaskar, pada tahun 2007. Hewan berkaki pengisap yang mampu menempel pada pohon berdaun lebar seperti pohon palem ini berkerabat dekat dengan Myzopoda aurita yang hidup di daerah lembab. Ilmuwan terkejut dengan kemampuan hewan ini karena ia mampu hidup di daerah kering seperti benua Afrika. Padahal, wilayah hutan perawan di benua tersebut hanya tersisa delapan persen.

9. Mickey Mouse padang pasir

Sejumlah ahli biologi mengeluarkan rekaman video seekor hewan pengerat unik bernama long-eared jerboa pada 2007. Hewan yang kerap disebut Mickey Mouse padang pasir ini memiliki telinga yang lebih besar dari kepalanya dan kaki yang mampu melompat seperti kanguru. The International Union for Conservation of Nature kini menetapkan status terancam punah pada hewan ini. Salah ancaman nyata atas long-eared jerboa adalah kucing lokal.

10. Sincan?

Crayon Sincan? Nohara Shinnosuke? Anda mungkin mengira nama tersebut adalah nama salah satu tokoh kartun Jepang yang cukup terkenal. Namun sincan di sini adalah singkatan dari singa-macan atau disebut juga lion-tiger (ligers). Selama beberapa dekade silam, para ilmuwan biologi kerap melakukan sejumlah perkawinan silang antarbinatang seperti sincan. Pada 2004, hewan tersebut ikut tampil menemani aktor Jon Heder dalam film berjudul Napoleon Dynamite. Selain sincan, terdapat beberapa hewan persilangan lain seperti persilangan paus pembunuh-lumba-lumba dan beruang grizzly-beruang kutub.(ANS)

Artikel/postingan lain yang mungkin bermanfaat, silahkan klik link berikut:





Niadesain.com

24 Komentar:

Cinta Puguh mengatakan...

dunia ini memang tempat hidup beraneka ragam makhluk, salah satu bukti kekuasaan Allah SWT yg menciptakan makhlu yg luar biasa ..

keep blogging sobat .. :-)

XP-ZONE mengatakan...

wkwkwkwk
gua ngakak pas bagian shincan..
ada doraemon gak?? :D

CahNdeso mengatakan...

@Cinta Puguh: That's right, Guys..keep your health and stay with blogging

CahNdeso mengatakan...

@XP-ZONE: I agree... doraemon sedang cuti besar.. hamil kaleeee....wkwkwkwk...

Bonus Pulsa dan Bisnis Pulsa Online mengatakan...

wah baru tahu saya kalau ada hewan seperti itu di bumi ini

CahNdeso mengatakan...

@Bonus Pulsa dan Bisnis Pulsa Online : Sama, Gan... dan Insyaallah pasti masih banyak lagi yang lebih aneh dan langka di Jagat raya ini. Good luck!

Indahnya Kebersamaan mengatakan...

Wah keren sob, takjub ane lihat hewan-hewan itu

Best Seo mengatakan...

Best trick seo for you for increase traffick and get smile $$$

CahNdeso mengatakan...

@Indahnya Kebersamaan smile $$: Ane juga takjub, itulah sebuah intuisi dari indahnya kebersamaan... iya kan?

CahNdeso mengatakan...

@Best Seo: Thanks for your support, Kangmas... but you have to know, me is blind about SEO, I am a newcomer about triks on blogging. Goodbless you...

Er'end mengatakan...

Sungguh jadi satu tambahan ilmu untukku MAs,ternyata masih ada hewan langka yang baru kuketahui disini.Makasih dah di share,happy blogging.

CahNdeso mengatakan...

@ Er'end: Sesungguhnya, masih banyak lagi hewan aneh, langka dan mungkin belum pernah dilihat manusia selama ini, yang hidup di jagad raya, khususnya di planet Bumi. Okay, Guys... thanks for coming.. Good bless you..

Universitas terbaik mengatakan...

link sudah terpasang gan, terima kasih

silahkan di cek disidebar
http://blog.umy.ac.id/satu/

CahNdeso mengatakan...

@ Universitas terbaik: Okay, Bro... thanks balik, salam sahabat...

sigit hermawan mengatakan...

nice picture:) numpang2..
aneh
unik

unik

artikel yang menarik

Ary_Putra mengatakan...

Wowwww nice share gan. artikelnya menarik sekali buat di simak. beraneka ragamnya hewan2 unik yg ada di seluruh dunia.

Labib Msf mengatakan...

Waah Mantep Tenan Pak dhe !!!!!!

Sangat bermanfaat.
Blog ini cukup ramai sekali,penataannya juga cukup bagus ditambah dengan artikel yang bagus

pula,sungguh sangat sempurna !!! Salam Kenal !!!
Jangan lupa berkunjung ke blog saya
Terima kasih.

Salam :
Paling Super

Ampuh

CahNdeso mengatakan...

@ sigit hermawan: Terima kasih atas tumpang-tumpangnya.. salam sukses Guys.

@ Ary_Putra: Saya hanya mengarsipkan artikel dari blog sahabat... Thanks Bro..

CahNdeso mengatakan...

@ Labib Msf: Matursuwun, Mas... saya merasa tersanjung dan nafas saya hampir meloncat lewat ubun-ubun...
Langsung GO ke TKP http://www.superampuh.com/

mariaezabelle mengatakan...

postingan ini sangat menarik , terima kasih sobat.

CahNdeso mengatakan...

@ mariaezabelle: thanks, salam sahabat.

Jefry mengatakan...

Ada ya yang anmanya Sincan, lucu tapi binatangnya tidak lucu sama sekali. Adakah yang berani mendekatinya ??

Lina CahNdeso mengatakan...

@ Jefry: Sincan memang lucu deh.. tapi siapa yang berani mendekat?! Maybe only you, Brada... (LOL). Salam sahabat dan sukses yaaa...

Triplus mengatakan...

kemarin habis nonton n the spot kalau LIGERS..lion tiger itu singa terbesar yah..gede bgt

renovasi rumah

Poskan Komentar

"Bila Anda berkenan, dengan segala kerendahan hati, saya mohon, sudilah menuliskan komentar di sini; Bagi Anda yang berniat Copas konten blog, saya persilahkan, dan tolong link balik diikutkan. Terima kasih, Love and Peace".

Please Read This For Peace
(Mohon Baca Ini, Demi Persahabatan)




Disclaimer

I don't and never claim ownership or rights over images published on my blog unless specified.
All images are copyright of their respected creators. If any images that appear on my blog are in violation of copyright law, please contact me on my Chat Box/Guest Book or via my e-mail (maksumhamid [at] trenggalekjelita [dot] web [dot] id) and I will remove the offending pics as soon as possible.

Thank You So Much All Guests and Blogger Friends

I greatly appreciate your kindness to visit my blog and,
in return, I promise I will pay my own visit to your blogs or your sites as soon as possible.; Insyaallah, through this sort of social amiability and solidarity, we could find out a great
deal of thing which will be useful for advancing our human values.
For the sake of friendship and togetherness, please leave a sign of your presence on myChat Box/Guest Book or on comment, so that I can know it precisely and instantly.


Yours sincerely and best regard.
[Lina CahNdeso]

Categories

Senandung Kawula Alit (280) PNS dan Birokrasi (256) Artikel (222) Info (213) Pendidikan (163) Lowongan Kerja (161) Sains-Teknologi Informasi (151) Sejarah Trenggalek (145) Pembangunan (90) Politik (85) Bagi Pahlawan Kemerdekaan (82) Islam (70) Pra-Anggapan (70) Agamaku (69) Kriminal (69) UU-Peraturan (62) Anti Korupsi (60) Catatan Budaya (58) Antik dan Klasik (57) Olahraga (56) Numpang Niwul (54) Cinta dan Kasih Sayang (42) BisnisOnline (37) Tanggung Jawab dan Profesionalisme (37) Software (36) Biografi Tokoh Seni/Sastra Indonesia (35) Sains-Teknologi (32) Biografi Tokoh Peraih Nobel (31) PTC (31) Legeslatif (30) Mesum (27) Palestina (27) Kesehatan (25) Info Beasiswa (24) Thiwul-Manco-Rengginang (22) Zionist (22) Flora/Fauna (21) Trik dan Tips Blogging (21) Bencana Alam (20) Langka (20) Artikel-Copas (19) Selebritis/Tokoh (19) Pariwisata (18) Piala Dunia 2010 (18) Kasus Korupsi (16) Sejarah Dunia (16) English Version (13) Antik dan Klasik. Dongeng (11) Fakta Unik (11) Berita CPNS (8) Fauna (8) Idul Fitri (8) Bencana (6) Bonsai (6) Film (6) Office (6) Poetry (6) Eksekutif (5) My Award (5) Antivirus (4) Biografi Tokoh Lokal (4) Kabinet (4) Puisiku (4) Guest Book (3) Lomba (3) Musibah (3) Polisi (3) Affiliasi Bisnis (2) Bank (2) Biografi Tokoh Seni/Sastra Indonesia (English) (2) Ekonomi/Keuangan (2) Iklan/Pariwara (2) KIB Jilid 2 (2) Mbah Surip (2) Merapi (2) Musik (2) Pelantikan Presiden (2) Taxi (2) lebaran (2) Adipura (1) Alexa (1) Banner Sahabat (1) Biografi Tokoh Seni/Sastra Lokal (1) Catur (1) Cerpen (1) Daftar Posts (1) Dewa Ruci (1) Forex-JSS-JBP (1) GTT (1) Game (1) Google Sandbox (1) Hari Jadi (1) Irshad Manji (1) Jamu Tradisional (1) Jelajah Sepeda-Kompas (1) Jimat Trenggalek (1) Judi/Togel (1) Kuliner (1) Malaysia (1) Maria Verchenova: Russian golferMaria Verchenova: Russian golfer (1) Moammar Khadafi (1) Parcel (1) Perempuan (1) Pers (1) Pramuka (1) Psikologi (1) Resensi Buku (1) Sepak Bola (1) Sumpah Pemuda (1) TNI (1) Tradisional (1)
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes

Back To Top